plugin

Image: wordpress.org

10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress

Plugin merupakan fungsi tambahan yang dapat disematkan pada CMS WordPress. Penggunaan plugin tidaklah rumit dan tidak memerlukan koding khusus. Kamu tinggal mengunjungi Plugin Directory WordPress. Disana terdapat puluhan ribu jenis plugin yang bisa Kamu gunakan.

Sangking banyaknya jenis plugin, kita kadang sampai bingung mau milih yang mana. Nggak mungkin dong semua plugin diinstall di WordPress kita. Kamu bisa pilih mana yang menurutmu memang diperlukan. Jangan terlalu banyak menginstall plugin yang tidak terlalu penting. Terlalu banyak plugin akan berpengaruh pada kecepatan akses WordPressmu.

Berikut 10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress:

1. Plugin Akismet

Plugin Akismet mungkin tidak asing bagi kamu. Akismet merupakan plugin bawaan ketika pertama kali kamu menggunakan WordPess. Akismet berperan memfilter komentar-komentar spam yang masuk di WordPressmu. Sehingga Komentar yang masuk memang benar-benar yang baik.

Akismet ini ada ada yang gratis dan berbayar. Kalau untuk penggunaan blog pribadi saya rasa yang gratis sudah cukup baik. Kinerjanya terbilang baik lho, lebih dari 300 spam yang masuk ke blog ini semuanya diblock. Jadi bagi kamu yang pertama kali CMS WordPress, jangan terburu-buru menghapus plugin ini. Walaupun kelihatan sepele, namun akismet sangat berguna.

2. Autoptimize

WordPress Kamu terasa lambat? Coba cek di PageSpeed Insights milik Google Developers. Banyak yang perlu diopmimalkan JS, CSS and HTML? Kamu bisa install Autoptimize di WordPressmu. Fungsinya sederhana, mengoptimalkan ukuran file JS, CSS dan HTML. Setelah Kamu Install Autoptimize coba deh cek lagi di PageSpeed Insights. WordPressmu akan lebih ringan dari sebelumnya.

3. Delete Post Revision

WordPress menerapkan penyimpanan revisi pada page dan post. Jumlah revisi akan semakin banyak jika kamu banyak mengedit page atau postingan. Dengan Delete Post Revision kamu bisa menghapus revisi yang banyak sekalipun.

4. Jetpack by WordPress.com

Jetpack merupakan plugin keren yang dapat mengelola WordPress Kamu. Jetpack menambahkan fungsi yang ada di blog wordpress.com ke CMS WordPress. Fungsi yang biasanya sering dipakai, yaitu: statistik pengunjung, share button, notifikasi server WordPress Kamu dan yang paling bermanfaat saya rasakan adalah fitur portfolio.

Fitur portfolio berfungsi layaknya post, lebih spesifik untuk menampilkan karya-karya kita di WordPress. Coba deh Kamu install Jetpack, bermanfaat banget tanpa menambah plugin lainnya.

5. PanoPress

PanoPress berfungsi menampilkan Virtual Reality Photography di WordPress. Contoh pada Virtual Reality pada portfolio saya. Tampilan PanoPress sudah responsive jadi bisa tampil di web dekstop dan mobile dengan lancar. Jika ingin menggunakanny, Kamu bisa mengikuti langkah menampilkan Virtual Reality Photography yang sudah saya posting.

6. Wordfence Security

Mempunyai website hal yang paling penting adalah soal keamanannya. Di WordPress banyak plugin yang bisa digunakan untuk menjada dari hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yang terbaik dan saya pakai adalah Wordfence Security.

Wordfence Security memiliki fitur yang lengkap banget. Bahkan bisa menampilkan live traffic dari WordPress kita. Coba deh install Wordfence Security di WordPress Kamu.

7. WordPress Popular Posts

Popular post antara penting sama nggak penting sih. Dengana adanya popular post, pengunjung tau postingan mana yang paling banyak dibaca pengunjung. Dan pasti lebih menarik minat para pembacanya.

Buat Kamu popular post bisa jadi pedoman buat nulis artikel yang banyak menarik minat. Jadi akan tau pola-pola artikel yang disukai seperti apa dan macamnya. Nggak ada salahnya popular post kamu install di WordPressmu.

8. WordPress Related Posts

Related post juga gak kalah pentingnya dengan popular post. Jika artikel yang Kamu buat menarik, maka pembaca akan lebih penasaran seperti apa artikel selanjutnya. Nah related post ini berperan menahan pengunjung untuk berlama-lama di website kita.

Contohnya Kamu bisa lihat di website ini, dibagian artikel ini ada related postnya. Kalau judul artikel yang ditampilkan menarik pasti Kamu bakal klik dong? tanpa sadar, Kamu sudah semakin lama mengunjungi website ini. Bagus bukan?

Tapi related post juga nggak bisa jadi jaminan pengunjung berlama-lama ya. Tetep konten yang bermanfaat dan menarik pembaca jadi yang paling utama. So, selain pasang related post, artikelmu juga harus diperhatikan.

9. WP Super Cache

WP Super Cache ini fungsinya untuk menyimpan cache WordPressmu sehingga jika suatu saat websitemu dibuka kembali, proses loadnya akan cepat. WP Super Cache ini penting untuk mengoptimalkan kinerja website. Makin cepat dibuka makin baik dan yang pasti nggak membuat pengunjung kesal.

10. Yoast SEO

Kalau yang ini Kamu sudah tau dong? Yoast SEO fungsinya untuk mengoptimalkan website kamu dimata search engine. Yoast SEO ini membantu banget agar websitemu nangkring dihalamanan pertama. Tinggal ngikutin saran dari si Yoast, websitemu sudah bisa berada diurutan teratas mesin pencari. Jangan lupa diinstall ya.

Itu tadi 10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress. Nggak harus semua dipakai, tapi Kamu bisa pilih-pilih sesuai kebutuhanmu. Perlu diingat jangan terlalu banyak install plugin karena bisa membebani server hosting mu. Dan akibatnya websitemu bisa sering down. Tapi kalau hostingnya yang mahal sih nggak masalah. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *