software gratis

Image: theusbport.com

4 Software Gratis Pengolah Gambar

Selain software berbayar seperti adobe photoshop, corel draw, adobe illustrator, photomatix dan lainnya, Terdapat banyak software gratis pengolah gambar atau foto yang bisa digunakan dan fiturnya tidak kalah dengan software berbayar yang populer.

Berikut ini software gratis yang bisa Kamu gunakan untuk mengolah gambar:

1. GIMP

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah software gratis untuk mengedit gambar selayaknya software berbayar seperti adobe photoshop dan lain-lain. Fiturnya tidak kalah dengan software berbayar walaupun harus diakui yang berbayar lebih bagus. Secara fungsi hampir sama, namum butuh sedikit penyesuaian untuk belajar software ini. Jika tertarik, Kamu bisa belajar GIMP dari tutorial yang ada di websitenya. Versi stabil GIMP adalah 2.8.16 dan tersedia untuk Linux, Mac OS dan Windows.

Baca Juga :  10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress

2. Inkscape

Inkscape adalah software gratis untuk membuat gambar selayaknya software berbayar seperti corel draw, Adobe Illustrator dan kawan-kawan. Fitur yang terdapat pada software ini seperti: Object creation, Object manipulation, Fill and stroke, Operations on paths, Text support, Rendering dan File formats SVG. Jika Kamu tertarik mulai menggunakan software ini, beberapa tutorial dari Inkscape terdapat diwebsitenya. Versi terbaru Inkscape adalah versi 0.91 yang tersedia untuk Linux, Mac OS X dan Windows.

3. PICTURENAUT

Picturenaut merupakan sofrtware gratis untuk membuat gambar HDR selayaknya software berbayar seperti Photomatix. Walaupun fiturnya tidak sebagus photmatix, Picturenaut sudah dapat membantu untuk mengolah foto ke HDR. Tau apa itu HDR? HDR atau High Dynamic Range merupakan teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan pencahayaan pada foto. Karena kamera kemampuannya terbatas, maka digunakanlah teknik HDR ini yang biasanya terdiri dari gabungan 3, 5, 7 atau 9 foto dijadikan satu dengan masing-masing foto memiliki pencahayaan berbeda. Teknik ini akan lebih mudah jika menggunakan software khusus seperti Picturenaut. Versi terbaru Picturenaut adalah versi 3.2 dan tersedia untuk Windows dan Mac OS X.

Baca Juga :  10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress

4. UFRaw

UFRaw merupakan software gratis untuk mengolah foto file RAW seperti pada adobe photoshop, software bawaan kamera dan lain-lain. Apa itu file RAW? Secara umum, kamera DSLR yang ada dipasaran mendukung dua format foto, JPEG dan RAW. JPEG adalah foto yang sudah melalui tahapan kompresi sedangkan RAW adalah foto yang bisa diibaratkan sebagai foto mentahan. File RAW bisa diedit kembali pada komputer tanpa mengurangi kualitasnya. Karena keistimewaannya ini maka akan berakibat pada ukuran file yang besar, ada yang berukuran sampai 1:5 file JPEG. Format file RAW bermacam-macam, seperti: *.CRW (Canon), *.NEF (Nikon) dan *.ORF (Olympus). UFRaw merupakan plug-in dari GIMPyang telah kita bahas diatas. UFRaw tersedia untuk Linux, Mac OS dan Windows.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *