Hunting Foto

Image: edisusilo.com

5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Hunting Foto

Bagi seorang fotografer atau yang menyukai didunia fotografi pasti sering yang namanya hunting foto. Aku sendiri kadang kalau lagi nggak ada kegiatan sering hunting foto sambil jalan-jalan. Dari pada fotonya sih kebanyakan jalan-jalannya.

Beberapa hal sebelum hunting foto harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai membuat gagal semua acara yang udah dirancang. Aku akan memberikan sedikit tips apa aja yang harus dipersiapkan. Beberapa tips disebabkan oleh pengalaman pribadi yang tak mengenakkan.

Berikut 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum hunting foto:

1. Pilih Lokasi Dan Waktunya

Pertama tentu pilih lokasi dimana akan mengeksekusi senjata kita, kamera maksudnya. Kalau dijogja lokasinya banyak banget ya. Mau di pantai, di taman, di candi, di mall atau dimana aja. Kamu tinggal pilih sesuai dengan tujuanmu.

Tentuin juga waktunya mau pagi, siang atau sore hari. Kalau dijogja ya pagi hari itu enaknya di candi-candi seperti candi abang, candi ijo, candi prambanan juga bagus karena masih sepi. Kalau siang ya semua samalah dan kalau sore itu bagusnya di candi ratu boko, soalnya sunsetnya bagus banget dan pasti rame banget kalau sore pada pegang kamera semua.

Tempat yang bagus-bagus dijogja banyak banget. Oh iya kalau yang di candi abang ini kalau enggak salah berangkat jam 5 an dari rumah, selain itu juga ke beberapa candi lainnya. Ya bisa dibilang susur candi sampail foto-foto hehe. Jadi kesimpulannya cari aja tempat yang bagus ya.

Baca Juga :  Pixlr: Software Editing Gambar Paling Pas Buat Blogger

2. Cek Peralatan Yang akan Dibawa

Pastikan peralatan yang akan dibawa jangan sampe ketinggalan. Hal-hal kecil dikamera juga bisa jadi masalah serius. Contohnya aku pas mau ambil foto di ketep pass kedua kali kalau nggak salah. Waktu itu pergi kesana sama adek pas dari jogja.

Biasanya sih kalau hunting foto bawa kamera, lensa, tripod, pano head, ya peralatan kecil-kecil lainnya. Semua peralatan sudah dibawa semua dimasukin dalam tas. Dan ada benda kecil yang tertinggal dan teringatnya pas udah di kebun stroberi pas mau ambil foto. Apa itu? memori kamera ketinggalan.

Bayangin aja apa yang akan Kamu lakuin semua peralatan dibawa lengkap, pergi jauh dari jogja ke magelang dan memori kamera ketinggaln dirumah. Nggak bisa ngapa-ngapain satu harian disana. Alhasil akhirnya cuma jalan-jalan bawa kamera nggak guna dan foto-fotonya cuma pakai kamera handphone.

Jadi buat Kamu yang yang akan pergi hunting khususnya kalau tempatnya agak jauh, pastikan semua peralatan lengkap. Kalau bisa dicek juga kameranya jangan sampai pengalaman yang pernah aku rasain terkena sialnya padamu. Inget ya selalu cek peralatan yang akan dibawa.

Baca Juga :  5 Tips Agar Kamera Mini Spy Cam Menghasilkan Foto Yang Maksimal

3. Jangan Lupa Pastikan Betery Kamera Penuh

Pastikan batery terisi penuh sebelum hunting foto. Dan kalau bisa punya dan bawa batery cadangan minimal 2 lah, satu yang dipakai dan satu lagi cadangannya. Kalau masalah batery sih biasanya aku wanti-wanti banget soalnya takut kehabisan kalau ditempatnya.

4. Setting Kamera

Sebelum berangkat atau masih dirumah sebaiknya persiapkan settingan kamera yang akan dipakai nantinya. Ya bisa dibilang pengaturan defaultnya. Seperti kualitas gambarnya berapa megapixel dan file formatnya apakah berbentuk file kompres JPG atau berbentuk file mentah RAW atau CR2 untuk canon.

Pengaturan default seperti ini penting karena biasanya dilokasi kita hanya memikirkan soal ISO, Shutter Speed, sama bukaan lensanya. Kejadian yang nggak mengenakkan beberapa bulan yang lalu saat ke candi prambanan. Biasanya kalau untuk ambil foto file format yang aku gunain yakni RAW atau CR2. Saat disana lupa kalau ternyata setinggannya masih file JPG ya semua foto dicandi prambanan formatnya JPG semua. Pas ke candi sewunya saat mau pulang baru teringat dan menyesal.

Kalau pakai file RAW kan enaknya masih bisa diedit sesuka hati soalnya file mentah. Kalau udah jadi JPG mau diapain lagi coba. Soalnya kalau untuk foto 360 atau virtual reality photography semua setinggan foto harus sama dan itu butuh penyesuaian diediting nantinya. Kalau udah gitu ya udah, mau balik ke candi prambanan juga udah males dan capek.

Baca Juga :  Pixlr: Software Editing Gambar Paling Pas Buat Blogger

Settingan hal-hal kecil penting karena bisa berimbas ke hasil. Seperti yang aku bilang di awal, sebaiknya settingan seperti enaknya diatur saat dirumah. Karena saat dilokasi biasanya gerak kita cepat dan waktunya juga nggak nyantai. So, jangan lupa settingannya ya guys.

5. Perkirakan Cuaca di lokasi

Kalau Kamu hunting foto di ourdoor cuaca bakal jadi penentu. Bagus kalau cuacanya terang, nggak mendung tapi kalau hujan ya bisa gagal ambil fotonya. Karena barang elektronik rentang sama air jadi dari pada kamera rusak mending nggak usah ambil foto.

Pengalaman pas mau ambil foto di Kalibiru Kulon Progo. Sampai lokai sana hujan deres dan akhirnya ggak bisa ngapa-ngapain lagi. Ya cuaca memang nggak bisa diprediksi habis panas bisa langsung hujan. Sebisa mungkin sebelum kelokasi atau tentuin waktunya cuaca juga mendukung. Bisa lewat informasi cuaca misalnya atau cara-cara lain lah.

Itu tadi 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum hunting foto. Kesemuanya sih pengalaman pribadi sebagai penyuka fotografi. Mungkin dari teman-teman sekalin ada yang pernah ngalamin kesialan mengenai hunting foto bisa dishare di komentar bawah ya. Semoga bermanfaat dan salam fotografi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *