Minuman Tradisional

Image: pixabay.com

5 Minuman Tradisional Yang Ada Di Jogja, Kamu Pernah Nyobain?

Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang beragam. Setiap daerah biasanya memiliki sesuatu yang khas. Baik itu makanan atau minuman atau yang lainnya. Khusus minuman, pasti setiap daerah memiliki minuman tradisional yang menjadi khasnya masing-masing seperti halnya di Jogja.

Setiap daerah juga terkadang minuman tradisional yang ada bisa sama dengan ditempat lain. Di Jogja sendiri ada beberapa minuman tradisional yang masih bisa ditemui. Nggak terlalu sulit untuk menemukan minuman tersebut.

Berikut 5 minuman tradisional yang ada di Jogja:

1. Jamu Jawa Asli Tradisional

Minuman jamu jawa asli tradisional ini masih bisa ditemukan di Jogja. Aku sendiri udah pernah menuliskan jamu jawa asli tradisional ini sebelumnya. Mungkin hampir semua dipulau jawa ada jamu jawa asli tradisional ini. Namum biasanya ada beberapa perbedaan dari tiap-tiap daerah.

Jamu jawa asli tradisional ini banyak macamnya. Ada jamu beras kencur, kunir asem, galian singset, galian masuk angin, galian sawan kikir, pitan, uyub-uyub, watukan, sawan tahun (lansia), galian pegel linu,dan masih banyak lagi. Kalau aku biasanya minum yang beras kencur sih. Jamu ini banyak manfaatnya dan yang pasti bebas bahan pengawet. Kamu pernah nyobain yang mana?

2. Wedang Jahe

Tau dong wedang jahe? Yup minuman dari jahe ini memang banyak ditemukan diberbagai tempat di Indonesia. Minuman ini minuman sederhana yang bisa menghangatkan tubuh. Kandungan jahe banyak manfaatnya sehingga baik untuk dikonsumsi.

Di Jogja, wedang jahe masih bisa ditemui salah satunya di angkringan. Aku terkadang sering beli kalau lagi pingin. Bisanya enak kalau dicampur sama susu putih. Rasannya menyegarkan dan menghangatkan. Kamu pernah nyoba?

3. Wedang Ronde

Minuman yang satu ini bisa dibilang khasnya Kota Jogja. Nggak tau apakah ditempat lain ada, atau mungkin berbeda namanya. Kalau di Kota Jogja, wedang ronde ini masih banyak ditemukan terutama di dekat Alun-alun utara atau alun-alun selatan.

Minuman wedang ronde ini sebenarnya kalau aku minum rasanya seperti wedang jahe yang ada tambahannya. Tambahannya biasanya ada roti tawar, kacang, semacam cendol dan ada seperti bulatan putih. Wedang ronde ini enak terutama kalau diminum pas lagi dingin. Bisa buat menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan. Kamu pernah coba?

4. Air Tape Ketan

Minuman ini salah satu yang menarik menurutku. Kenapa? Sebelumnya aku belum pernah tau dan kepikiran kalau air tape bisa untuk minuman. Dan di Jogja aku bisa melihat air tape ini bisa di jadikan minuman yang banyak penikmatnya.

Air tape ketan ini merupakan benar-benar air tape ketan. Rasanya ya seperti tape pada umumnya. Aku sendiri pernah minum tapi udah jarang banget. Dan di Jogja sendiri, minuman tradisional ini masih bisa ditemukan diwarung-warung. Kamu pernah nyobai?

5. Wedang Uwuh

Dari 5 minuman yang aku tulis disini, minuman yang satu ini aku belum pernah coba. Nggak tau seperti apa rasanya, tapai kalau lihat bahannya yang masih bungkusan plastik pernah. Karena lumayan banyak dijual ditempat jual oleh-oleh. Dan sampai sekarang juga masih penasaran seperti apa rasanya.

Kalau menurut wikipedia, wedang uwuh ini adalah minuman yang bahan dari dedaunan mirip dengan sampah. Yang pasti kalau aku lihat yang masih bungkusan itu wujudnya banyak daunnya. Nggak tau rasanya seperti apa, tapi yang pasti ini sehat dan bermanfaat. Minuman ini salah satu khas dari Yogyakarta. Kamu udah pernah yobain?

Itu tadi 5 minuman tradisional yang ada di Jogja. Beberapa minuman diatas mungkin ada juga di tempat lain. Dan mungkin minuman tradisional yang umumnya banyak disukai adalah teh. Mungkin minuman ini udah nggak setradisional minuman yang ada diatas. Dan salah satu teh yang enak adalah produk dari Sariwangi.

Sariwangi merupakan teh yang sudah banyak dikenal masyarakat. Dengan kampanye maribicara sariwangi ini, ingin mengajak semua keluarga melakukan obrolan tatap muka dan tentu ditemani oleh teh sariwangi. Kamu sendiri udah pernah minum teh sariwangi? Kalau aku sih udah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *