mobil mpv

Image: motoroids.com

5 Mobil MPV Yang Cocok Banget Untuk Keluarga Kamu!

Kalau beberapa waktu lalu aku dah sharing tentang mobil SUV yang cocok buat keluarga, sekarang ini kita akan bahas tentang mobil MPV yang cocok kebuat keluarga juga. Apa itu mobil MPV? MPV singkatan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) yang berarti kendaraan serba guna. Serba guna disini ya buat jalan ok, buat angkut orang bisa, angkut barang bisa, ya serba bisalah.

Mobil MPV ini terdiri dari 3 baris kursi yang bagian belakang dan tengah biasaya bida dilipat buat angkut barang. Tapi beberapa waktu lalu ada mobil jenis ini yang ditilang gara-gara angkut barang, masalahnya karena mobil ini bukan mobil barang. Kok bisa ya? Jadi kalau mau bara barang, seperti semen, batu bata, genteng lebih aman pakai mobil pickup ya jangan pakai mobil mpv. Yang dikategorikan sebagai barang itu apa ya? soalnya mobil MPV bisa dimasukin kulkas lho ya, termasu barang itu ya? ya tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.

Kembali ke topik kita, Pabrikan-pabrikan besar banyak mengeluarkan mobil MPV sebagai andalannya. Alasannya karena harganya yang masing terjangkau walapun ratusan juta juga. Dibanding mobil SUV, mobil MPV harganya bisa setengahnya dengan rasa yang nggak jauh beda sama-sama nggak kehujanan dan kepanasan. Beberapa pabrikan otomotif mengeluarkan mobil MPV termurah untuk memenuhi mobilititas masyarakat yang tinggi. Dan kali ini kita akan bahas mobil MPV yang murah-murah aja kali ya.

Berikut 5 mobil MPV yang cocok banget untuk keluarga:

1. Toyota Avanza

Mobil yang satu ini memiliki julukan mobil sejuta umat. Dimana-mana ada dari mulai didesa apa lagi dikota, mobil taksi, mobil rentalan, mobil untuk jualan ah pokoknya ada semua. Mobil ini nggak satu-satunya mobil dengan julukan sejuta umat, ada lagi kembaran beda ibu yaitu Daihatsu Xenia yang akan kita bahas di no 2 nya.

Toyota Avanza ini bisa dibilang mobil mahalnya mobil sejuta umat. Nggak tau kenapa kalau pabrikan ini selalu buat mobil kembar. Mungkin biar marketingnya enak kali ya apalagi berada dipayung yang sama. Kalau konsumen beli yang agak bagus dikit beli avanza, kalau mau yang murah yang xenia ya nggak sih?

Toyota Avanza ini ada 2 tipe mesin yakni 1.3 L atau 1300 cc dan 1.5 L atau 1500 cc. Bedanya? ya kalau orang awan seperti aku, beda 200 cc nggak terlalu terasa untuk performanya. Paling beda dikonsumsi bahan bakarnya. Untuk fiturnya ya standar mobil MPV lah. Ada fitur keselamatan, kenyamanan, hiburan dan lain-lainnya.

Mobil ini cocok banget buat yang baru pingin beli mobil keluarga. Harga pas dikantong, ukurannya nggak terlalu besar dan pas kalau dibawa kemana-mana. Soal harga kalau nggak salah mulai dari 180 an juta sampai 200 an juta. Dan untuk tipe termewahnya ada lagi namanya Avanza Veloz selain tipe E dan G. Kelebihannya kalau Kamu pilih mobil ini, after sales servicenya bagus. Bengkelnya ada dimana-mana dan hampir semua bengkel kecil pun bisa perbaiki kalau ada masalah. So, tertarik punya mobil sejuta umat?

2. Daihatsu Xenia

Ini dia kembaran dari si Toyota Avanza. Dari bodi, mesin, kabin dan lainnya-lainnya kembar identik. Yang paling beda itu pasti logonya, dealernya ya bisa dibilang 90% sama. Mobil ini pilihan buat Kamu yang kalau pingin beli Avanza kemahalan mending beli ini. Pinternya pabrikannya hehe.

Pilihan mesin Xenia ini ada 2 yakni 1.0 L berarti 1000 cc dan 1.3 l atau 1300 cc. Perbedaannya nggak tau ya soalnya belum pernah nyoba yang 1000 cc. cc-nya kecil tenaganya pasti ya kecil mirip-mirip mobil murah ya nggak? Untuk harganya lebih murah dari sang kakak kembar. Mulai dari 160 an sampai 200 an aja, itu belu termasuk diskon dan kawan-kawan. Untuk tau lebih harganya mending langsung ke dealernya aja.

Dulu pas lagi pertama keluar, mobil ini dihargai 60 juta lho em 12 tahun yang lalu kalau nggak salah. Berarti kenaikannya sampai 200% lebih dan hampir 300% atau malah lebih lagi. Mobil ini sudah lama menjadi primadona dikalangan masyarakat. Sama seperti kakaknya, namanya pun udah banyak berubah, dari Xenia, New Xenia, All New Xenia dan apalagi besok ya?

Kelebihannya ya apa lagi kalau bukan after sales servicenya. Fiturnya juga ya standar MVP lah. Jangan harap seperti yang mobil SUV ya. Kalau Kamu lagi cari mobil jenis MPV, ini salah satu pilihan yang patut diperhitungkan.

3. Suzuki Ertiga

Kalau mobil yang ini belum terlalu lama keluarnya. Keluaran pabrikan suzuki ini namanya kalau nggak salah diambil dari kata Indonesia yang berarti Ertiga sama dengan RRR atau R3 ya? ya pokoknya itulah. Mobil ini pilihan lain selain mobil sejuta umat ya walaupun keluarnya agak telat.

Mesin dari Ertiga ini unik, biasanya mobil kalau nggak 1300 cc ya 1500 cc. Tapi Ertiga sendiri dibekali 1400 cc atau 1.4 L. Ya walaupun nggak satu-satunya mobil yang cc-nya segitu. Tapi untuk kelas MPV di Indonesia sepertinya cuma Ertiga yang begitu. Nanggung nggak sih kenapa nggak 1400 cc?

Fiturnya yang ada pun ya samalah atau beda tipis sama kompetitor. Dari desainnya lebih cocok untuk keluarga atau orang yang agak dewasa kali ya. Kalau yang kembar tadi dipakai anak muda masih panteslah, tapi kalau yang ini agak gimana gitu pendapat pribadi lho ya.

Sama dengan yang kembaran mobil sejuga umat, mobil Ertiga juga punya kembaran loh. Namanya Mazda VX-1 keluaran pabrikan mazda. Tapi nggak tau kenapa yang kembarannya jarang tampak dijalan atau hanya sesekali saja liatnya. Mungkin kalah pamor atau marketing aja kali ya.

Soal harga, Sebenarnya harga MPV ini hampir-hampir sama. Mulai dari 180 an juta keataslah dengan beberapa pilihan tipe. Kalau Kamu pingin mobil yang nggak terlalu banyak kembarannya ya ini Ertiga. After salesnya juga bagus ada dimana-mada. Tertarik?

4. Honda Mobilio

Kalau yang ini bisa dibilang anak baru dikelas MPV murah kalu ya. Mobil keluaran honda ini berusaha menyaingi rekan-rekannya dipasar MPV. Ya dengan keunggulan yang ditawarkannya, konsumen juga sudah mulai melirik mobil yang satu ini. Mungkin biar beda dan gaya.

Keunggulan dari mobil ini, desainnya yang cocok banget buat anak muda. Kalau kata orang mobil ini mobil honda Biro dipanjangin. Jadi dari depan dan belakang anak muda, sampingnya baru agak beda. Dan kembarannya ada walaupun kembarya nggak terlalu identik. Kalau nggak salah baru keluar awal tahun ini yaitu honda BRV. Mobilio sama BRV sekilas mirip namun beda kelas yakni berada dikelas Crossover.

Kembali ke Mobilio, dari ke 5 MPV disini katanya mobil inilah yang paling enak untuk dikendarai atau disopirin. Mobil ini termasuk pendek jadi kalau buat ngebut plus nikung katanya enak soalnya aku belum pernah nyoba. Soal harga ya masih setara dengan yang lain. Mesinnya yang ditawakan itu 1.5 L atau 1500 cc. Kalau after salesnya bagus tapi nggak sebagus yang diatas. Mobilio pilihan bagi yang tampil gaya dan beda.

5. Nissan Livina

Mobil yang satu ini sebenarnya bingung juga masuk MPV kelas yang ini atau yang atasnya ya? Soalnya saingannya yang terdahulu harganya sudah mendekati mobil SUV. Ya sudah kita masukkan saja soanya mobil MPV murah punya nissan ya ini Livina.

Nissan Livina ini bukan anak baru pastinya, sudah lama juga tapi masih kalah tenar atau dia punya pangsa pasar sendiri mungkin. Desainnya terlihat mewah khas mobil-mobil nissan ya. Masih ingat dong sama masanya nissan terano yang gagah itu? Desainnya emang keren-kerenah.

Soal fitur pastinya ya mirip-miriplah tapi soal harganya, sepertinya ini yang paling mahal diantara saingannya. Wajar mengingat apa yang ditawarkan sebanding yang didapat. Mesinnya ada dua pilihan kalau nggak salah, 1.5 L atau 1500 cc sama 1.8 L atau 1800 cc. Untuk after salesnya sama bagusnya tapi masih kurang banyak bengkel-bengkelnya. Ya pilihan lain selain yang diatas.

Itu tadi 5 mobil MPV yang cocok banget untuk keluarga. Dari 5 mobil menawarkan berbagai fitur yang relatif sama. Yang paling mencolok bedanya ya yang pasti merek dan desainnya. Untuk kursinya ya 7 seat semua dengan 3 baris. Untuk rentang harga bermain di harga yang setara. Tinggal pilihan hatimu mengatakan yang mana.

Kalau Kamu mau cari yang seken dan bagus, Kamu bisa cari di Mobiloka. Harga yang ditawarkan murah dan bagus barangnya. Milihnya juga nggak ribet soalnya bisa online. Ini pilihan kalau yang baru dirasa mahal sedangkan uang dikoper masih belum cukup. Udah kepikiran pilih yang mana?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *