Bisnis Online Terpercaya

Image: daphnesouch.com

5 Tips Cara Membedakan Bisnis Online Terpercaya Atau Tidak

Sangking banyaknya ecommerce atau usaha online semakin memudahkan para konsumen memilih. Namun nggak semua yang ada itu terpercaya. Kita sebagai konsumen harus pandai-pandai memilih mana bisnis online terpercaya dan mana yang tidak. Penipuan ada dimana-mana jadi kita harus tetap waspada.

Sebenarnya nggak sulit ya membedakan mana yang benar-benar terpercaya dengan mana yang tidak. Kalau model-model raksasa ecommerce yang udah pernah iklan di TV pasti ya terpercaya. Gimana kalau yang terkenal? Disini aku akan sedikit sharing gimanasih membedakannya.

Berikut 5 tips cara membedakan bisnis online terpercaya atau tidaknya :

1. Berbentuk Perusahaan Berbadan Hukum Seperti CV atau PT

Paling mudah melihat sebuah bisnis online yang terpercaya adalah dengan melihat usaha tersebut berbadan hukum atau tidak. Badan hukum disini bisa berbentuk CV atau pun berbentuk PT. Nggak mungkin dong ya mau nipu orang tapi sampai mendirikan perusahaan.

Gimana cara taunya? bisanya disebuah ecommerce misalnya akan dicantumkan nama perusahaannya sekaligus badan hukumnya berbentuk apa. Kamu bisa cek tuh CV atau PT nya di google dulu. Bisanya akan banyak informasi mengenai perusahaan yang kita cari tersebut.

Baca Juga :  4 Alasan Mengapa Toko Wajib Memiliki Printer Kasir

2. Alamatnya Lokasinya Jelas

Sebuah usaha yang besar atau benar biasanya akan menampilkan alamat lokasi keberadaan perusahaannya. Biasanya lengkap termasuk kontak-kontaknya. Biasanya informasi alamat ada dibagian bawah atau ada di halaman kontak tergantung peletakannya dimana.

Orang mau nipu kan nggak mungkin nampilin alamat yang jelas dong? bisa ketahuan deh nanti. Alamat usaha tersebut juga bisa Kamu cek di google apakah ada informasi yang aneh-aneh atau tidak. Gampang kan?

3. Menggunakan Nama Domain Terpercaya

Domain yang terpercaya itu seperti apa? Domain terpercaya itu seperti domain Indonesia seperti .co.id, .net.id, .id, web.id dan lainnya yang berakhiran .id. Kenapa begitu? Ya syarat kepemilikan domain .id itu minimal menggunakan KTP sebagai syarat pembuatan. Kalau perusahaan bisanya harus ada surat-surat yang menyertai pendirian perusahaan.

Baca Juga :  3 Mahasiswa Ini Sukses Jual Sepatu Safety dengan Corak Batik

Bisnsi online yang menggunakan domain Indonesia ini bisa lebih dipercaya. Misalnya ada ecommerce menggunakan .co.id bisa dipastikan bisnisnya lebih terpercaya. Ibarat kata domainnya ada surat-suratnya, tapi bukan berarti yang nggak menggunakan domain Indonesia gak dibisa dipercaya lo ya.

4. Tampilan Terlihat Elegan Dan Rapi

Bisanya bisnis-bisnis online mempekerjakan para profesional dibidangnya. Sudah pasti apa yang menjadi tempat mereka jualan pasti akan terlihat bagus. Misalnya websitenya, atau aplikasi mobilenya terlihat keren, elegan dan rapi.

Bisnis online itu nggak hanya sekerdar punya website ecommerce aja, tapi bagaimana conten yang mereka sajikan itu menarik minat para pengunjungnya. Dan biasnya bisnis yang memang terpercaya banyak mengeluarkan investasinya hanya untuk membangun sebuah web semata.

5. Traffik Pengunjungnya Banyak

Bisanya dimana ada toko atau tempat jualan makanan yang ramai berarti tempat itu terpercaya. Sama dengan sebuah bisnis online terpercaya yang berjualan dengan web, jika trafiknya ramai bisalah kita liang sebagai yang terpercaya. Website sama toko biasa itu hampis sama dalam prinsipnya.

Baca Juga :  Ragam Usaha Kecil Kreatif Bermodal Limbah Yang Sedikit Modal

Bagaimana cara melihat apakah web tersebut memiliki pengunjung yang banyak? Caranya salah satunya dengan melihat peringkat sebuah web tersebut. Misalnya peringkat alexanya, DA(domain autority) dan PA(page autority) atau dengan interaksi pengunjung di media social yang digunakan.

Salah satu bisnis online terpercaya di indonesia yang ada saat ini adalah Kudo.co.id. Apa itu Kudo? kudo merupakan tempat bagi Kamu yang ingin berjualan online dengan menjualkan barang orang lain atau bahasa kekiniannya reseller. Kudo bisa memberikan kemudahan buat Kamu yang ingin jadi pengusaha mandiri.

Itu tadi 5 tips cara membedakan bisnis online terpercaya atau tidaknya dari pengalaman aku. Mungkin Kamu punya cara sendiri membedakan mana yang terpercaya dengan mana yang tidak. Bisa sharing nih lewat komentar dibawah. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat Kamu semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *