Wisata Jogja

Image: edisusilo.com

7 Candi yang You Must Visit Ketika Kamu Sedang Wisata Jogja

Wisata Jogja memang tidak ada habisnya. Dari mulai wisata air, wisata pegunungan, wisata belanja dan wisata peninggalan-peninggalan bersejarah. Banyak bangunan bersejarah peninggalan berada di Jogja yang beberapa diantaranya akan kita ulas buat Kamu semua.

Berikut 7 candi di wisata jogja yang harus kamu kunjungi:

1. Candi Prambanan

Siapa sih yang tidak kenal dengan Candi Prambanan? Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Candi Prambanan sering dikaitkan dengan kisah legenda di tanah Jawa tentang kisah cinta Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang. Cerita singkatnya, Candi Prambanan merupakan hasil dari kegagalan Bandung Bondowoso membuat Candi dengan 1000 Arca dan yang terselesaikan hanya 999 Arca.

Candi Prambanan sendiri beralamatkan di Jalan Raya Jogja – Solo Km 10, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Propinsi DI Yogyakarta. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Bahkan lokasi kompleknya berada di dua wilayah yang berbeda, Candi Prambanan masuk dalam wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan pintu masuk kompleknya berada di wilayah Propinsi Jawa Tengah.

Candi Prambanan memiliki tiga Candi utama yang tingginya mencapai 47 meter, yaitu: Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa. Di kawasan komplek Candi Prambanan juga terdapat candi lain, seperti Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu. Selain itu, terdapat museum yang isinya temuan benda-benda bersejarah. Jika kamu sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya berkunjung ke Candi Prambanan yang cantik dan megah ini, guys!

2. Candi Ratu Boko

Pernah nonton Film horor yang berjudul “Keramat” yang dirilis tahun 2009? Terdapat adegan yang memperlihatkan pintu gerbang sebuah Istana, adegannya orang berlarian masuk ke dalam pintu gerbang tersebut. Pintu gerbang yang dimaksud disini adalah bagian dari komplek bangunan Candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko merupakan komplek bangunan yang diduga kuat bekas komplek Istana atau Kerajaan. Candi Ratu Boko masih ada kaitannya dengan kisah legenda Candi Prambanan. Penamaannnya diambil dari nama Raja “Ratu Boko” yang tidak lain adalah ayah dari Roro Jonggrang.

Candi Ratu Boko terletak di atas bukit Ratu Boko yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu. Wilayahnya berada di Desa Sambireja, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 3 km dari Candi Prambanan. Kamu juga bisa ke Candi Ratu Boko melalui Candi Prambanan dengan membeli tiket masuk satu paket dan akan diantar menggunakan shuttle bis.

Layaknya sebuah istana, Candi Ratu Boko memiliki bangunan-bangunan mencirikan bekas sebuah istana. Terdapat Pintu gerbang, tempat pembakaran, tempat pemandian, dan komplek gua yang diduga merupakan bagian dapur istana. Waktu kunjungan yang istimewa ke Candi Ratu Boko ialah pada sore hari. Kenapa sore hari? Untuk menikmati Sunset-nya yang menakjubkan. Bagi Kamu yang hobi atau seorang fotografer, Sunset Candi Ratu Boko adalah salah satu momen yang terbaik di Jogja.

3. Candi Barong

Kalau Kamu pernah ke Candi Ratu Boko, maka Kamu akan melihat ada kemiripan pada candi ini. Nama bangunan bersejarah tersebut adalah Candi Barong. Arsitek bangunaan Candi Barong sedikit menyerupai Candi Ratu Boko namun dengan ukuran yang lebih kecil. Kemiripan ini kemungkinan terjadi akibat letaknya yang tidak berjauhan, yakni kurang lebih 2 km. Keduanya sama-sama berada diatas bukit. Candi Barong sendiri masuk dalam wilayah Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau masih satu wilayah dengan Candi Ratu Boko.

Candi Barong memiliki pagar batu dengan tinggi sekitar 3 meter yang mengelilingi bangunan candi. Di bagian dalam pagar terdapat pelataran yang luas. Dari Candi Barong Kamu dapat melihat candi kecil yang bernama Candi Banyunibo di bagian bawah bukit. Jarak Candi Barong dengan Candi Banyunibo sekitar 300 meter saja. Akses menuju candi ini mudah, cocok untuk mengisi liburan Kamu.

4. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan Candi tertinggi yang ada di Jogja. Jangan salah dulu, yang tinggi disini bukan bangunannya tetapi lokasinya yang ada di atas bukit salah satu bagian dari Pegunungan Sewu. Karena terletak di atas ketinggian, pemandangannya juga luar biasa. Kamu dapat melihat sebagian wilayah Jogja. Dari kejauhan juga tampak Bandara Adi Sucipto. Bahkan Pesawat yang datang dan pergi tampak begitu jelas.

Candi Ijo berada di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman , Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya masih satu wilayah dengan Candi Ratu Boko dan Candi Barong. Jaraknya juga tidak begitu jauh, sekitar 5 km dari Candi Ratu Boko dan 3 km dari Candi Boko.

Candi Ijo memiliki 1 bangunan yang utama dengan 3 bangunan candi kecil. Sebenarnya masih ada beberapa bangunan lagi, namun beberapa lainnya masih mengalami pemugaran. Candi Ijo banyak dikunjungi wisatawan pada sore hari. Sama dengan Candi Ratu Boko, menikmati keindahan sunsetnya dari atas ketinggian.

5. Candi Sambisari

Keindahan penginggalan-penginggalan sejarah tentang wisata jogja tidak ada habisnya. Salah satunya adalah bangunan Candi Sambisari. Sesuai namanya, Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Sambisari memiliki bangunan yang unik. Jika biasanya Kamu menaiki anak tangga, maka sebaliknya Kamu akan menuruni anak tangga untuk bisa masuk ke bangunan Candi. Posisi bangunan Candi Sambisari berada 6 meteran di bawah permukaan tanah. Kalau dilihat dari luar komplek, yang terlihat hanya bagian pucuk candi saja.

Candi Sambisari sebenarnya memiliki bangunan yang luas. Bisa dibuktikan pada bagian timur terdapat pagar batu namun hanya sedikit saja yang terlihat. Tidak semua bagian bangunan digali kemungkinan karena lokasi Candi ini dulunya merupakan area persawahan dan tidak memungkinan untuk dipugar seluruhnya. Candi Sambisari merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Kamu kunjungi.

6. Candi Sari

Candi yang satu ini bentuk bangunannya menyerupai rumah berlantai dua jika dilihat dari depan. Terdapat 3 jendela dibagian atas dan 2 dibagian bawah dengan 1 pintu di tengah. Didalamnya ada 3 ruangan yang sejajar dengan ruang utama ditengah dan diapit kanan kirinya. Nama bangunan ini adalah Candi Sari. Candi Sari merupakan candi bercorah Buddha yang dulunya sebuah Vihara.

Candi Sari terletak di Desa Tirtamartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada disekitaran rumah penduduk. Candi sari berada tidak jauh dari Candi Sambisari. Kurang lebih 2 km ke arah selatan dari Candi Sambisari. Dari Jalan Raya Jogja – Solo hanya berjarak 700 meteran. Jika Kamu sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya mampir Candi ini.

7. Candi Gebang

Dari ke tujuh candi, Candi Gebang merupakan candi yang bentuk bangunannya paling kecil. Candi Gebang hanya berukuran kurang lebih 5,25 meter persegi dengan tinggi bangunan 7 meteran. Biarpun kecil namun memiliki pesona yang tidak kalah dengan lainnya.

Candi Gebang berada di Dusun Gebang, Desa Widomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi terletak tidak jauh dari Stadion Maguwoharjo. Yang menarik dari Candi ini bukan bentuk bangunannya, tetapi bentuk tamannya yang mengelilingi bangunan Candi Gebang. Bagi Kamu yang suka Selfie, tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut.

Itu tadi beberapa ulasan terkait 7 Candi wisata Jogja yang menarik untuk kamu kunjungi jika sedang berada di Jogja. Lokasi dari Candi-candi terebut juga tidak berjauhan. Kamu bisa menyusurinya dalam waktu satu hari saja semua. Kamu tertarik? Jadi kapan mau ber wisata jogja? Wisata jogja banyak lagi lainnya lho.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *