anak kos

Image: acehonline.info

8 Makanan Favorit Anak Kos Di Jogja Yang Perlu Kamu Tau!

Kamu mau kuliah di Jogja? Atau mau ngekos di Jogja? Biasanya yang baru mau mulai ngekos khawatir soal makanan di tempat tujuan. Tenang guys, Jogja sangat ramah buat anak kos. Untuk urusan makanan, selain enak harganya juga ramah dikantong.

Berikut 8 makanan favorit anak kos di Jogja yang murah dan enak.

1. Nasi Kucing

Nasi Kucing? Ya nasi kucing bukan nasinya kucing loh. Nasi kucing ini cuma namanya aja guys. Kenapa namanya nasi kucing? Ya karena ukurannya yang sedikit menyerupai makanan kucing. Emang kucing suka makan nasi? Kayaknya nggak deh ya.

Nasi kucing di bungkus kertas kecil da juga yang pakai daun. Besar bungkusannya sebesar genggaman tangan orang dewasa. Dibalis bungkusan kecil itu ada nasi putih dan lauk. Lauknya macam-macam, ada yang isinya sambel teri, oseng tempe, sayur kacang panjang, daging ayam, daging bebeb dan masih banyak lagi tergantung yang jual sih.

Sesuai dengan ukurannya yang mungil, harganya juga mungil. Harganya mulai dari seribu rupiah sampai lima ribu rupiah tergantung lauknya. Yang harga seribu biasanya lauknya sambel teri atau oseng tempe. Semakin enak lauknya semakin mahal harganya.

Nasi kucing ini makanan favorit banget anak kos Jogja. Selain enak juga yang penting harganya sangat terjangkau. Pas dikantong untuk tanggal tua dari pada gak makan. Belinya dimana? Belinya diangkringan guys. Angkringan itu tempat makan sederhana khas Jogja yang beratapkan tenda dan biasnya banyak dipinggir jalan kalau malam hari.

2. Mie Instan

Mie instan ini sebenarnya nggak hanya di Jogja, di Indonesia juga jadi makanan favorit. Mie instan merupakan makanan yang Indonesia banget. Kalau di Jogja mie instan ini makanan yang identik dengan anak kos banget.

Baca Juga :  Fakta Menarik Antara Anak Dan Orang Dewasa Zaman Sekarang

Kamu tau dong kalau mie instan ini enak banget? Mie instan menggambarkan kuliner nusantara. Kamu mau rasa apa? hampir semua rasa ada. Ada rasa soto, rendang sate, bakso dan masih banyak lagi. Buatnya juga cepet, cuma dikasih air panas aja udah matang dan enak dimakan.

Harga mie instan ramah dikantong anak kos-kosan. Mulai 2 ribu rupiah udah bisa menikmati kelezatan kuliner nusantara. Belum pas jadi anak kos Jogja kalau belum makan mie instan. Tapi gak harus jadi anak kos dulu ya untuk makan makanan favorit ini.

3. Nasi Telur

Warung nasi rames di Jogja yang terkenal dikalangan anak kos ialah warung burjo. Warung burjo merupakan singkatan dari warung bubur kacang ijo. Dulunya memang menjual bubur kacang ijo, namun sekarang hanya tinggal beberapa saja yang menjual. Menu favorit yang ada di warung burjo ialah salah satunya nasi telur.

Nasi telur adalah nasi ditambah telur dadar, oseng sayur sederhana dan sambel. Rasanya sederhana sama dengan harganya yang hanya 6 ribuan saja. Salah satu makanan favorit anak kos Jogja. Hampir semua anak kos jogja tau namanya nasi telur. Harganya pas dikantong para anak kos apalagi akhir bulan.

4. Nasi Sarden

Nasi sarden sebernanya sama dengan nasi telur. Nasi sarden berupa nasi ditambah sepotong ikan sarden, oseng sayur sederhana dan sambel. Kamu bisa mendapatkannya di warung burjo. Harganya sama dengan harga nasi telur sekitar 6 ribuan. Pas dikantong para anak kos kalau bosen makan nasi telur.

Baca Juga :  5 Tips Merawat Kebersihan Rumah Yang Bisa Kamu Coba!

5. Nasi Padang

Makanan yang satu ini udah terkenal di Indonesia. Makanan khas minang ini memang hampir dimana-mana bisa kita jumpai. Yang jual juga bukan hanya orang minang saja. Kadang ada orang jawa yang punya rumah makan padang. Mungkin salah satunya untuk menarik para pelanggan.

Nasi padang bisa dikatakan masakan yang hampir netral yang ada di Indonesia. Rasanya cocok dihampir semua kalangan masyarakat. Di Jogja sendiri, nasi padang menjadi salah satu makanan favorit anak kos. Alasannya banyak anak kos yang ada di Jogja berasal dari luar pulau Jawa.

Biasanya anak kos baru yang berasal dari luar pulau Jawa membutuhkan adaptasi khusus soal makanan. Masakan Jogja terkenal dengan rasa yang agak manis. Salah satu solusinya ya makan nasi padang. Ya walaupun terkadang rasa nasi padang juga ada manis-manisnya.

Nasi padang harganya pas dikantong anak-anak kos. Mulai dari 7 ribu rupiah saja Kamu udah bisa mengisi perut dengan lauk ikan. Untuk mendapatkannya juga nggak sulit. Rumah padang di Jogja setiap jalan ada.

6. Soto Ayam

Sato ayam merupakan makanan berkuah khas Nusantara. Hampir semua daerah memiliki makanan soto ayam khas masing-masing. Soto ayam jadi salah satu makanan favorit anak kos di Jogja. Soto Ayam yang terkenal di Jogja dikalangan mahasiswa, yaitu: soto lamongan, soto ayam wonosari dan masih banyak lagi.

Makanan berkuah ini memang pas untuk sarapan pagi hari. Nggak terlalu berat dan nggak cepat buat perut lapar. Harganya juga terjangkau dikalangan anak kos. Mulai dari 5 ribu rupiah Kamu udah bisa dapat semangkuk soto ayam. Mau?

7. Lotek

Sayur itu penting? Ya makan sayur banyak mengandung serat dan baik untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh tersebut, biasanya anak kos Jogja suka yang namanya Lotek. Makanan dengan aneka sayur dicampur sambal kacang ini memang menjadi primadona khususnya untuk sarapan selain soto ayam.

Baca Juga :  7 Tips Hidup Bahagia Buat Kamu, Karena Bahagia Milik Semua Orang

DI Jogja banyak penjual lotek. Apalagi yang daerahnya merupakan kawasan anak kos-kosan. Mau sarapan lotek? Mudah saja tinggal keluar dekat kos langsung ada. Harganya juga Nggak mahal, mulai dari 6 ribu rupiah saja sepiring loteknya.

8. Pecel Lele

Makanan yang menjadi favorit anak kos Jogja ini unik. Namanya pecel lele tapi bumbu pecelnya nggak ada. Bumbu pecelkan identik dengan bumbu kacang. Dan yang ada cuma nasi ditambah lele goreng, sambal dan lalapan. Nggak tau kok bisa nama itu muncul yang penting rasanya yang enak banget.

Pecel lele harganya mulai 7 ribu rupiah saja. Sebenarnya yang menjual pecel lele biasanya juga jualan menu lainnya. Ada Ayam, bebek, telur, tempe tahu, terong dan tergantung yang jual sih. Tapi biasanya yang dikenal ya pecel lelenya.

Itu tadi 8 makanan favorit anak kos di Jogja yang murah dan enak. Jogja memang terkenal dengan harga makanannya yang murah. Cocok banget dengan anak-anak kos yang uang jajannya masih dikirimin orang tua. Bahkan dari 8 makanan favorit tersebut harganya nggak sampai 10 ribu rupiah.

Kamu mau ngekos di Jogja? Nggak perlu takut biaya hidup mahal, guys. Nggak hanya soal makanan aja yang murah. Hampir semua yang dijual di Jogja murah semua. Terjangkaulah buat anak-anak kos. Ini yang membuat selalu kangen Jogja besok kalau kamu udah kembali ke kampung halaman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *