Twenty Seventeen

Image: wordpress.org

Ada Twenty Seventeen, Twenty Eleven Di Blog Ini Akan Tergantikan?

Udah beberapa hari ini ada kesibukan yang sedikit menyita waktu untuk ngeblog. Akhirnya pagi ini bisa sempat ngeblog lagi seperti biasanya. Dan tepatnya kemarin pagi pas mau nulis tentang “Kamu Harus Melakukan Hal Ini, Karena Pria Suka Wanita Yang …” ternyata ada pemberitahuan tentang update wordpress. Update wordpress kali ini adalah WordPress 4.7 yang memberikan fitur baru yang menarik dan ada theme baru yaitu Twenty Seventeen.

Aku sealu menunggu-nunggu theme baru dari wordpress. Akankah menarik untuk mengganti theme wordpress pada blog ini yang sudah berumur 5 tahun. Aku sendiri udah pernah menuliskan tentang theme blog ini “Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis WordPress” beberapa bulan lalu. Aku merasa bahwa theme terbaik bawaan wordpress yang Twenty Eleven. Namun setelah Twenty Seventeen datang apakah Twenty Eleven masih menarik?

Kemarin sudah sempat mencoba memasang theme Twenty Seventeen diblog ini. Setelah dilihat-lihat sepertinya masih perlu modifikasi sana-sini. Menarik sih theme baru ini dibandingkan dengan yang sebelumnya. Desainnya terkesan lebih modern dan kekinian.

Secara desain, yang tampak baru adalah bagian header ada gambar besar. Keren nih kalau ada foto jepretan yang bagus bisa ditampilin disini. Secara keseluruhan sih menurut aku okelah. Desainnya keren, minimalis dan tentunya enak dipakai nih.

Kalau aku sih desain yang penting nggak neko-neko. Terpenting itu performa dan kecepatannya. Sebuah blog itu perlu theme yang ringan sehingga pembacanya merasa senang. Pagi ini tadi aku coba bandingkan antara theme blog ini yaitu anak dari Twenty Eleven dengan Twenty Seventeen.

Aku bandingin pakai PageSpeed Insights dari google dan Pingdom Website Speed Test. Hasil dari pengujian pakai PageSpeed Insights menunjukkan perbedaan yang nggak jauh dan kecepatan Twenty Seventeen oke juga. Selanjutnya pakai Pingdom Website Speed Test, Performance grade blog ini 94 dan theme baru ini 87.

Dari pengujian sederhana ini, ternyata theme baru bawaan google ini performanya mantap juga. Ya walaupun masih kalah sama theme blog ini, sedikit modifikasi sana-sini tentu bisa naik lagi nih. Karena theme blog ini sendiri juga udah ada modifikasi sana-sini, jadi wajar aja lebih bagus hasilnya.

Dari kemarin sih setelah nyobain theme baru ini, aku kepikiran mau upgrade yang baru ini. Dan pagi ini lihat performanya juga memuaskan. Akahkah Twenty Eleven akan tergantikan? Sepertinya dalam waktu dekat ini belum akan tergantikan. Theme baru ini sepertinya masih perlu dibuat child themenya. Dan pasti butuh waktu membuatnya dan penyesuaian dengan blog ini.

Mungkin teman-teman yang pingin ganti theme atau lagi buat blog baru, theme baru ini cocok kalau mau dipakai. Blog ini sementara pakai theme ini yang memang udah keren menurutku. Mungkin sampai ada waktu lagi buat utak-atik theme child baru lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *