belajar gitar

Image: hocdanguitar.edu.vn

Belajar Gitar Itu Mudah dan Menyenangkan, Kamu Pasti Bisa!

Belajar gitar sudah banyak diulas dibanyak blog. Disini saya akan membagikan kepada Kamu tentang pengalaman pribadi saya bagaimana belajar gitar itu lebih mudah. Saya bukan musisi, bukan maestro dan bukan ahlinya dalam bidang ini. Masih banyak master-master yang ada diluar sana yang kemampuannya luar biasa. Tanpa basa-basi langsung saja akan saya sampaikan.

Berikut cara mudah belajar gitar bagi pemula:

. Niat

Niat atau kemauan adalah hal yang paling mendasar dalam belajar gitar. Apapun itu biasanya niat atau kemauan adalah no 1. Saya mulai belajar gitar pada saat duduk dibangku kelas 2 smp atau sekarang kelas 8 smp. Saat itu beberapa teman sudah bisa main gitar. Liat temen main gitar dan kelihatannya keren, jadi pingin ikut-ikutan. Sebelum Kamu belajar gitar, pastikan niat atau kemampuan Kamu tinggi. Jangan sampai nanti saat ditengah-tengah berhenti begitu saja untuk belajar gitar.

2. Punya

Punya disini maksunya punya gitar sendiri. Dulu saat pertama kali saya belajar gitar, saya beli gitar itu padahal saya belum bisa apa-apa. Ya karena niat yang tinggi pingin bisa dan gak punya maka diputuskan beli. Cerita menarik disini, saat itu hari minggu dimana didesa sebelah sedang ada event balap motor cross. Sama bapak dikasih pilihan nontom balap motor atau beli gitar. Tanpa pikir panjang langsung saya bilang beli gitar. Padahal kepingin nonton juga, ya karena pilihannya salah satu ya pilih gitarnya. Punya gitar sendiri itu berpengaruh terhadap proses belajar. Kamu akan lebih mudah belajar karena tidak akan takut rusak, tali senar putus, diambil yang punya jika pinjam, kapanpun bisa belajar karena punya sendiri. Prinsip punya ini selalu saya terapkan dalam hal apapun. Karena kalau punya pasti bisa. Malu dong punya gitar tapi gak bisa main gitar.

3. Kord

Belajar kunci gitar itu dimulai Belajar dari cord yang mudah-mudah dahulu. Yang standarnya orang bisa mainkan, saya urutkan dari yang termudah seperti Em, E, A, Am, D, Dm, G, C, F dan B. Setelah kord tersebut bisa barluah mulai melengkapi kord-kord minornya seperti Gm, Cm, Fm dan Bm. Masing-masing kord tadi dihafalkan dan coba kan. Sebisa mungkin satu-persatu sampai mahir. Jangan sekaligus, karena ingatan Kamu pasti terbatas dulu saya juga seperti itu.

4. Belajar lagu

Belajar memainkan kord pada sebuah lagu sangat memudahkan kita untuk tahap awal belajar gitar. Mulailah dengan lagu-lagu yang ringan. Pilih lagu yang jumlah cordnya sedikit seperti lagu-lagi peterpan(noah) jaman dulu yaitu: Ada apa dengan mu, bintang disurga dan lagu apapun itu yang anggap mudah. Belajarlah satu-persatu lagu sampai benar-benar menguasai satu lagu utuh.

5. Rutin

Belajarlah secara rutin atau setiap hari. Dulu saya cuma butuh beberapa hari untuk bisa memainkan sebuah lagu belajar dari nol. Belajarnya setiap hari, pas ada waktu langsung ambil gitar, bahkan bangun pagipun pegangannya gitar. Apapun itu jika dikerjakan secara rutin maka hasilnya akan baik. Yang paling penting jangan lupa waktu.

6. Fokus

Fokus diperlukan jika ingin menguasai sesuatu hal secara mendalam. Jangan menjadi latah yang apa saja ingin dikerjakan. Satu-persatu dikuasi secara mendalam barulah mulai hal yang lain. Belajar gitar ini memerlukan fokus yang tinggi. Jangan sampai niatan Kamu belajar gitar hilang karena tergiur belajar alat musik lain misalnya.

7. Sabar

Dalam belajar apapun sabar merupakan hal yang paling dibutuhkan. Belajar gitar dibutuhkan kesabaran karena dibutuhkan ketelitian. Bagaimana jari-jemari tangan kiri dan kanan Kamu digerakkan. Pelan-pelan saja atau dalam bahasa jawanya alon-alon asal klakon.

Beberapa cara yang saya sampaikan merupakan pengalaman pribadi. Mungkin cara setiap masing-masing orang akan berbeda namun tetap satu tujuan yaitu bisa memainkan gitar. Dan memainkan alat musik gitar bisa melatih otak kanan dan otak kiri bekerja sekaligus. Disana Kamu bisa memainkannya, mengingat kordnya dan menyanyikan lirik lagu yang dikerjakan dalam satu waktu. Akhir kata dari saya selamat belajar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *