Beli Mobil Atau Beli Rumah

Image: edisusilo.com

Beli Mobil Atau Beli Rumah Dulu? Kamu Harus Pertimbangkan Hal Ini!

Mungkin Kamu atau bagi anak muda yang masih lajang dan sudah memiliki penghasilan tetap, pasti memiliki keinginan untuk beli mobile atau beli rumah pribadi. Biasanya bingung memili antara beli mobil atau beli rumah terlebih dahulu. Hal ini terjadi bagi yang memang belum memiliki mobil dan rumah sendiri.

Keduanya tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Alangkah lebih baiknya jika kita bisa punya keduanya. Bagaimana jika dananya terbatas dan hanya bisa memilih salah satu? Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Jangan sampai salah pilih yang mana bisa membuat Kamu menyesal nantinya.

Berikut beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum beli mobil atau beli rumah lebih dulu:

1. Lihat Kebutuhan Kamu Sebenarnya

Dulu saat kita masih anak-anak, memiliki sesuatu biasanya berdasarkan keinginan semata. Kita tidak tau apakah kita butuh atau tidak. Maka dari itu biasanya sesuatu yang kita inginkan misalnya mainan, kita tidak akan menggunakan dalam waktu lama atau istilahnya mudah bosan.

Saat dewasa tentu berbeda dengan saat anak-anak. Sesuatu hal didapatkan berdasarkan kebutuhan. Apakah hal ini penting atau tidak atau hanya keinginan semata. Kita butuh mana sesuatu yang menjadi prioritas.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjual Rumah

Dalam istilah kebutuhan itu ada 4 kalau nggak salah, yaitu kebutuhan penting dan mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, dan terakhir tidak penting dan tidak mendesak. Tentukan lebih dulu, apa sebenarnya yang kita butuhkan. Dalam hal ini tentu mana sebenarnya yang kita butuhkan memiliki mobil atau memiliki rumah terlebih dahulu.

Keduanya tentu manfaat dan kegunaannya berbeda namun saling melengkapi. Kalau misal sekarang masih ngekos atau ngontrak, tentu sebenarnya butuh tempat tinggal sendiri. Sedangka kalau sekarang masih tinggal dengan orang tua dan tempat kerja jauh dari rumah, mobil bisa jadi membantumu menjalani rutinitas yang melelahkan. Lihat dulu apa sebenarnya kebutuhan Kamu.

2. Lihat Kebermanfaatan Dari Keduanya

Kalau sudah tau kebutuhan kita yang mana, selanjutnya pertimbangan manfaatnya jika kita memiliki salah satunya. Rumah tentu memiliki manfaat sebagai tempat tinggak kita sehari-hari. Mobil memiliki manfaat sebagai moda transportasi untuk menunjang mobilitas kita. Keduanya memiliki peran yang berbeda.

Lihat jika kita memiliki salah satunya, apa manfaat darinya. Baik itu bagi kita sendiri atau manfaat untuk kegiatan kita sehari-hari. Semuanya harus Kamu pertimbangkan agar tidak menyesal diakhirnya nanti.

Baca Juga :  Tips Bisnis Sewa Rumah Tanpa Perantara Yang Bisa Kamu Lakukan

3. Tentukan Tujuan Untuk Memiliki Salah Satunya

Setelah tau manfaatnya lihat kembali tujuanmu memiliki salah satunay untuk apa. Apakah agar memiliki tempat tinggal yang nyaman tanpa gangguan atau mungkin hanya untuk gaya-gaya agar terlihat keren didepan orang lain. Kebanyakan dari kita memiliki sesuatu berdasarkan desakan atau melihat dari orang lain.

Kalau tujuannya memang bermanfaat dan memang Kamu butuhkan, tentu itu merupakan sesuatu hal yang baik. Nggak ada alasan untuk tidak melakukan hal tersebut. Namun jika hanya untuk memenuhi gaya hidup, maka itu bisa menjadi sebuah keputusan yang sia-sia. Ingat bahwa saat dewasa, semua hal yang akan dilakukan perlu dipertimbangan dengan seksama.

4. Pertimbangkan Rencana Kedepan

Terakhir adalah pertimbangan rencana kedepannya seperti apa. Apakah membeli salah satunya menjadi investasi atau memang akan dipakai jangka panjang. Keduanya tentu bukan barang murah yang bisa gonta-ganti layaknya jual-beli pakaian. Walaupun bisa dijual kembali tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Apalagi mungkin yang ingin berkeluarga, maka perlu dipertimbangan kedepannya akan seperti apa. Kalau yang ini mungkin memiliki rumah bisa jadi prioritas utama. Aku rasa untuk jangka panjang rumah menjadi barang yang menarik untuk dimiliki karena nilainya terus naik.

Baca Juga :  Tips Sewa Rumah Secara Harian Buat Kamu Yang Lagi Mau Liburan

Itu tadi beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum beli mobil atau beli rumah lebih dulu. Semuanya kembali ke diri Kamu sendiri. Karena pada akhirnya Kamulah yang akan mengambil keputusan itu. Kalau normanya manusia pasti pinginnya bisa punya dua-duanya sekaligus. Ya memang bagusnya begitu.

Kalau dananya pas untuk beli cash salah satunya, maka mungkin Kamu bisa mempertimbangkan untuk membagi dua agar bisa memiliki keduanya dengan cara kredit. Perumahan murah saat ini juga sudah banyak ditawarkan seperti yang dimiliki Permumnas. Kredit perumahan murah juga nggak sulit, ada KPR bank yang konvensional maupun syariah.

Dengan cara diatas tentu Kamu bisa memiliki keduanya, beli mobil atau beli rumah. Namun perlu diingat bahwa dengan memiliki keduanya Kamu juga punya beban tambahan, yaitu membayar cicilan tiap bulannya. Untuk mendapatkan yang terbaik pasti ada hal yang perlu dikorbankan. Cash tapi salah satu atau kredit dapat dua-duanya. Terakhir semoga Kamu bisa mempertimbangkan dengan baik dan artikel ini bermanfaat buat semuanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *