Booking Hotel di Musim Liburan

Image: pixabay.com

Booking Hotel di Musim Liburan atau di hari sibuk, mana yang lebih murah?

Banyak pendapat bahwa melakukan booking hotel di musim liburan harga yang ditawarkan cukup mahal terlebih ketika hari liburan sudah datang, hal semacam ini jelas tidak akan menutup kemungkinan bahwa pihak hotel akan memberikan harga di atas harga standar.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan harga kamar hotel bisa 2 kali lipat dari harga nomor. Alasan pertama tidak lain karena permintaan dari tamu yang cukup banyak dan menginap dalam waktu yang cukup lama, semakin lama tamu menginap jelas harga yang ditawarkan tidak sepenuhnya sama. Misalnya untuk satu malam pihak hotel akan memberikan harga normal atau harga yang sesuai, misal kita ambil contoh untuk satu malam di hotel Kamu harus membayar 2 juta per malam, sedangkan Kamu mengambil 1 minggu menginap di hotel, pihak hotel akan memberikan harga yang berbeda yaitu harga yang jauh lebih murah bisa jadi turun 200-500 ribuan.

Jelas hotel tidak akan untung banyak, karena bebarengan dengan hari liburan dan menekan keuntungan yang lebih banyak, pihak hotel menaikkan harga 2 kali lipat atau 20% dari harga normal. Sehingga keuntungan akan semakin banyak dan hotel laris di buru oleh orang-orang.

Nah sahabat traveling, dari informasi yang ada diatas jelas Kamu sudah bisa mengambil kesimpulan untuk memilih hari yang tepat ketika hendak menginap di hotel. Bila Kamu mempunyai dana lebih maka Kamu bisa booking hotel bertepatan dengan hari libur atau booking hotel di musim liburan, sedangkan untuk Kamu yang mencari artikel ini maka Kamu adalah orang yang hendak berhemat pengeluaran.

Untuk mengulas artikel lebih dalam, berikut ini aku mempunyai beberapa informasi yang berhubungan dengan alasan hotel menaikkan harga ketika booking hotel di musim liburan, semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan Kamu ketika sedang melakukan traveling atau kegiatan di luar kota:

Baca Juga :  3 Hal Yang Jadi Pertimbangan Memilih Penginapan Saat Liburan

1. Banyaknya Permintaan Dari Customer

Alasan pertama yang cukup untuk mempengaruhi harga kamar hotel yang tinggi di hari liburan adalah banyaknya permintaan dari para customer yang tidak lain adalah orang-orang yang berlibur. Banyaknya permintaan kamar hotel ini membuat pihak hotel menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, alasan pertama pihak hotel menaikkan harga karena biasanya untuk orang-orang yang melakukan traveling akan lebih lama menginap sehingga harga yang diberikan biasanya jauh lebih murah, harga yang diberikan berbeda dengan harga 1 malam menginap di hotel. Terlebih banyaknya minat dan permintaan customer juga berpengaruh terhadap keuntungan yang didapatkan oleh pihak hotel.

2. Mengikuti Kenaikan Harga Tiket Liburan

Alasan kedua kenapa pihak perhotelan menaikkan harga tidak lain adalah megikuti kenaikan harga dari tiket-tiket liburan, salah satunya untuk contoh adalah harga tiket pesawat yang biasanya mendekati hari libur akan meningkat drastis dari hari biasanya. Harga yang cukup tinggi ini juga akan mempengaruhi lainnya seperti harga kamar perhotelan, kemudian tempat wisata dan lain-lain. Untuk karena itu lebih baik Kamu pergi di hari-hari sibuk atau hari biasa jika ingin mendapatkan harga yang murah, alasan tak lain kenapa pihak maskapai ataupun transformasi lainnya menaikkan harga adalah permintaan yang juga tinggi. Terlebih jika di hari lebaran idul fitri, permintaan tiket juga sangat tinggi.

3. Biaya Perawatan Atau Pemeliharaan Yang Cukup Besar

Kemudian alasan ketika kenapa pihak hotel menaikkan harga kamar hotel tidak lain karena harga perawatan atau pemeliharaan kamar hotel yang cukup besar, biasanya pihak hotel sendiri akan menghabiskan puluhan juta dalam sekali memelihara hotel mereka baik renovasi barang-barang yang usang atau sudah mulai rusak hingga perawatan lainnya. Itulah mengapa pihak hotel akan menaikkan harga per malam mereka, dan biasaya waktu yang tepat untuk menaikkan harga adalah di hari liburan, karena mereka tahu untuk hari-hari biasa permintaan kamar hotel jauh lebih sedikit dibandingkan dengan hari libur, sehingga sulit untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat.

Baca Juga :  Ingin Mencoba Wisata Religi Di Aceh? Cobalah Kunjungi Ke 5 Tempat Ini

Nah bila kita melihat informasi yang ada diatas jelas kita sudah bisa memahami bahwa booking hotel di musim liburan bukanlah hari yang tepat untuk memesan hotel, harga yang ditawarkan bisa naik atau lebih dari harga normal, namun jika Kamu mempunyai kupon atau ticket promo yang sebelumnya pernah dibeli bisa dicoba, kalau aku sendiri lebih menyarankan untuk membeli kamar hotel di hari biasa saja karena harganya bisa jatuh lebih murah dibandingkan hari libur. Buat Kamu yang ingin mendapatkan harga lebih murah lagi, dibawah ini aku mempunyai beberapa tips yang bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan harga kamar hotel yang lebih murah dari harga standar. Berikut informasinya.

1. Membeli Tiket Kamar Hotel Sewaktu Promo

Yang pertama Kamu bisa lakukan adalah memesan kamar hotel sewaktu promo. Biasanya promo ini bisa Kamu dapatkan secara online baik melalui apliksasi penyedia harga tiket dan kamar hotel, dan juga beberapa website yang bersangkutan. Mereka menyediakan promo khusus bagi customer yang booking hotel secara online. Untuk harganya sendiri biasanya jatuh lebih murah dengan potongan harga beberapa persen dari harga normal, bagi Kamu yang ingin mendapatkan lebih murah mulai dari sekarang pantau terus promo yang ada baik di aplikasi maupun di internet.

Baca Juga :  Bulan Madu Seru Bisa Dimulai Dari 5 Hotel Di Kediri Ini!

2. Rajin-Rajin Menggunakan Kartu Kredit

Kemudian yang berikutnya kalau Kamu pengguna kartu kredit maka akan jauh lebihb murah untuk mendapatkan promo tiket kamar hotel, karena biasanya pihak perbankan ada kerjasama dengan pihak perhotelan sehingga cukup mudah untuk mendapatkan harga kamar hotel yang lebih murah dari harga standar. Untuk itu pantengin terus promo yang ditawarkan oleh kartu kredit, tetapi perlu di ingat bahwa promo ini juga ada batasannya.

3. Membeli Kamar Hotel Secara Bersamaan

Kemudian yang berikutnya jika Kamu ingin mendapatkan kamar hotel yang lebih murah maka Kamu bisa membelinya secara bersamaan, maksudnya seperti apa ? Aku jelaskan seperti ini. ketika Kamu membeli satu potong celana maka dari pihak toko akan memberikan harga standar satu potong celana tersebut. Tetapi jika Kamu membeli 2-3 potong celana jelas harga yang diberikan akan berbeda, biasanya jauh lebih murah dari harga normal, dengan begitu bisa diambil kesimpulan kalau Kamu memesan kamar hotel satu malam untuk satu orang harga yang ditawarkan adalah harga standar, sedangkan jika membeli lebih dari 2 kamar hotel biasanya harga akan diturunkan atau mendapatkan potongan harga, bagaimana menarik bukan untuk dicoba?

Nah itulah sedikit informasi yang bisa aku berikan kepada Kamu terkait dengan tips untuk memesan / booking hotel di musim liburan atau di hari biasa. Semoga informasi ini bisa memberikan penjelasan kepada Kamu yang hendak memesan kamar hotel nantinya, perlu di ingat bahwa hotel mempunyai ragam fasilitas, jika ingin fasilitas lengkap maka pilihlahb hotel yang lengkap, jika ingin berhemat maka pilih hotel dengan fasilitas standar. Terimakasih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *