login akun google

Image: google.com

Cara Login Akun Google Tanpa Mengetikkan Password, Mau Coba?

Setelah hampir sebulan nggak nulis, sekarang baru sempat nulis lagi sekaligus mempercantik tampilan awal blog biar mudah digunakan tentunya. Kebetulan hari ini merupakan awal bulan agustus, jadi waktu yang dirasa tepat untuk memulai rutinitas nulis lagi sepertinya. Kali ini aku mau berbagi sedikit pengetahuan tentang kemudahan login akun google. Akun google disini ya semuanya, dari email, drive, youtube dan lainnya karena google telah menerapkan single sign on bagi servicenya.

Beberapa waktu atau bulan yang lalu saya pernah menuliskan tentang cara Reset Password Gmail Tanpa No HP dan Email Pemulihan. La disitu masalahnya kebanyakan adalah soal lupa paswword dan semacamnya. Reset password gmail ini berlaku juga ya untuk semua akun google. Ada solusi untuk Kamu yang sering lupa password atau malas ngetik password takut diketahui orang lain yang kalau dulu itu jaman-jaman sma terkenal yang namnya keylogger. Apa itu solusinya? Dengan cara login menggunakan ponsel Kamu atau smartphone.

Google sudah menambahkan cara untuk kita masuk atau login akun google. Berbahagialah bagi Kamu yang memiliki ponsel atau smartphone android, Kamu bisa menggunakan fitur ini. Kalau iphone bisa? bisa tapi ada batasan minimal iphone 5s keatas, dibawahnya jangan banyak berharap. Cara mengaturnya mudah dan nggak ribet.

Berikut cara login akun google tanpa mengetikkan password:

1. Punya Akun Google

Sebelum memulai, pastikan Kamu sudah memiliki akun google yang terdiri dari username atau email dan passwordnya. Kalau belum, Kamu bisa buat akun gmail terlebih dahulu dan caranya ada disini.

2. Punya Ponsel atau Smartphone

Smartphone yang bisa harus bersistem operasi Android atau Iphone 5S atau lebih baru. Untuk Android sendiri di google aku tidak menemukan batasan minimal. Jadi sementara ini semua perangkat android bisa digunakan.

3. Punya Koneksi Internet

Punya koneksi saat mendaftar harusya, baik itu di Dekstop atau dismartphonenya. Nantinya, pemakaian fitur ini mengharuskan smartphonemu terhubung dengan internet saat menggunakannya. Jadi kalau paketan internet jarang-jarang ada, sepertinya nggak perlu daftar fitur ini.

4. Login Ke Akun Google

Kamu harus masuk atau login akun google mu terlebih dahulu, setelah itu masuk ke Akun Saya atau bisa langkung ke link berikut myaccount.google.com. Disana ada 3 bagian,yaitu : Masuk & Keamanan, Info & Privasi Pribadi, dan Preferensi Akun.

5. Pilih Masuk ke Google Pada Bagian Masuk & Keamanan

Setelah masuk ke Akun saya, lalu fokuskan ke pada bagian Masuk & Keamanan. Disitu ada tidak link, yaitu : Masuk ke Google, Aktivitas & notifikasi perangkat, dan Aplikasi & situs yang terhubung. Klik link Masuk ke Google akan muncul halaman baru.

6. Klik Mulai Pada Bosan Mengetik Sandi.

Setelah muncul halaman baru, fokuskan pada bagian sebelah kananmu. Akan ada pertanyaan “Bosan mengetik sandi? Coba gunakan ponsel untuk masuk.” Dan dibawahnya silahkan klik Mulai.

7. Klik Siapkan

Setelah klik link mulai, akan muncul halaman cara kerjanya. Tanpa basa-basi langsung saja klik tombol siapkan. Nanti Kamu akan disuguhkan halaman login. Masukkan password yang diperlukan dan klik tombolnya.

8. Pastikan Smartphonemu Sudah Terkunci

Selain syarat-syarat diatas tadi, ada satu lagi syarat yang harus ada pada smartphonemu. Sudah nggak? tenang aja ini pasti ada disetiap smartphone yaitu Kunci Layar. Salah satu syarat menggunakan fitur ini adalah smartphone harus dalam kondisi kunci layar diaktifkan, baik itu menggunakan sandi, password, pola, fingerprint atau apapun itu. Gunanya apa? untuk meminimalisir penyalah gunaan hak pastinya. Yuk lanjut.

9. Ikuti Langkah-langkah Yang ada.

Langkah pertama adalah memastikan smartphone atau ponselmu terdaftar dan memastikan layar ponsel terkunci. Kemudian langkah selanjutnya memastikan email yang Kamu gunakan. Nanti akan ada konfirmasi dari google terkait penggunaan fitur ini diponselmu. Jadi pastikan ponselmu ada digenggamanmu. Terakhir akan ada pertanyaan “Berhasil! Aktifkan?”, jangan ragu dan langsung klik tombol aktifkan. Dan Smartphonemu sudah bisa jadi kunci masuk atau login akun google.

Fitur baru ini sangat bermanfaat bagi Kamu semuanya. Kita nggak perlu susah-sudah mengetikkan password yang panjang-panjang. Dan nggak perlu takut kalau yang mau memasukkan ke akun google adalah temanmu. Kan kita tinggal klik aja di ponsel untuk passwordnya.

Oh iya cara loginnya gimana? Cara loginnya seperti biasa, Kamu masuk ke google.com lalu klik tombol masuk di pojok kanan atas kemudian Kamu disuruh memasukkan usernama atau email. Masukkan email dan klik selanjutnya. Kemudain tinggal cek deh di ponselmu akan ada pemberitahuan untuk masuk akaun dan tinggal klik Yes udah masuk deh.

Gampangkan ya? Nggak sampai lima menit pasti selesai, yang lama malah baca tulisan ini kali ya hehe. Semoga bermanfaat buat Kamu semuanya. eh ada satau lagi yang ketinggalan. Kalau ponselmu lagi mati gimana? tetap bisa. Setelah Kamu masukkan username atau emal tadi akan muncul halaman perintah untuk klik Yes pada ponselmu. Dibagian bawahnya itu ada link kecil dengan tulisan “Coba cara lain untuk masuk”. Klik deh link tersebut dan nanti Kamu akan dihadapkan dengan tampilan login model lama yaitu Masukkan username dan password. Amankan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *