Kue Lebaran Kering Nan Manis, Amankah untuk Para Penderita Diabetes?

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan tentu harus dilakukan sehingga ketika Lebaran tiba semua sudah disiapkan dengan sempurna. Jangan lupakan untuk menyediakan kue Lebaran dengan beragam varian sehingga tamu yang datang bisa menikmati hidangan nan nikmat ini. Kue kering merupakan sajian yang sangat umum disediakan ketika Lebaran tiba. Hal ini lantaran selain lezat dan manis, kue kering juga lebih tahan lama.

Dapat diakui jika kue kering merupakan santapan lezat ketika momen seperti Lebaran, namun kandungan nutrisi di balik kue kering ini ternyata juga wajib diwaspadai, terutama bagi Kamu atau anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes. Keunikan yang ada pada kue kering ini adalah dari segi kandungan lemak yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan roti. Kudapan yang biasa disantap untuk camilan ini akan dinilai baik jika berbobot ringan serta berlemak.

Kue kering biasa dibuat dengan bahan umum seperti tepung, gula, susu, mentega dan telur dan dimasak dengan cara dipanggang. dengan rasanya yang gurih dan bercampur manis, maka banyak sekali muncul pertanyaan terkait keamanan menyantap kue ini bagi para penderita diabetes. Sebelum mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Kamu mengenali terlebih dulu panduan konsumsi makanan yang baik untuk para penderita diabetes sehingga lebih tahu bagaimana cara mengelola diabetes dengan kombinasi makanan yang sehat.

Berikut ini panduan diet untuk para penderita diabetes secara sederhana:

1. Menjadikan sayur sebagai bahan utama konsumsi makanan ringan.
2. Mengurangi porsi makan dan mengurangi konsumsi untuk makanan ringan.
3. Menyertakan makanan yang berkarbohidrat dan kandungan serat tinggi.
4. Usahakan konsumsi makanan rendah lemak atau produk susu yang juga rendah lemak.
5. Konsumsi daging yang rendah lemak ataupun sumber protein alternatif mulai dari ayam tanpa kulit, telur, kacang, ikan dan tahu.
6. Membatasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh.
7. Konsumsi lemak tak jenuh atau lemak sehat dengan kadar cukup.
8. Konsumsi ikan yang berminyak dimana baik untuk jantung.
9. Mengurangi asupan garam.

Setelah mengetahui aturan dalam pola diet untuk penderita diabetes, kini masuk pada ulasan terkait keamanan kue Lebaran yang berjenis kue kering untuk penderita diabetes tersebut. Mengingat kue kering ini dibuat dengan bahan seperti susu, krim, mentega yang mengandung lemak tak jenuh, maka bisa disimpulkan jika kue kering merupakan makanan yang mengandung lemak tak jenuh dalam kadar cukup tinggi. Untuk itu, bagi para penderita diabetes, ada baiknya untuk membatasi konsumsi dari kue kering ini, bahkan ketika menyantap kue atau biskuit panggang yang hanya sebagai makanan penutup saja.

Namun, ada juga cara yang lebih menyehatkan untuk bisa membuat kue kering ini misalnya dengan mencampur bahan tepung terigu dengan tepung gandum untuk kue yang lebih bersahabat. Selanjutnya komponen gula di dalamnya diganti juga dengan jenis pemanis lain yang lebih aman. Jangan lupa dengan kandungan mentega dan butter yang diharuskan mentega dan butter sehat juga dimana bisa mencampur minyak canola sehingga kandungan lemaknya berkurang.

Namun tetap harus diketahui juga meski memang dibuat dengan cara yang lebih sehat, namun konsumsi kue Lebaran kering secara berlebihan pun tetap tidak baik dilakukan karena berpotensi meningkatkan gula darah sehingga beresiko buruk untuk penderita diabetes. Konsumsi kue kering ketika acara spesial boleh saja, namun ingat selalu untuk tidak berlebihan dan lupa diri dalam konsumsinya.

Nih Alasan Kenapa Kita Harus Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah sebuah keharusan. Nggak mau dong sakit karena kita tidak menjaga kondisi tubuh kita sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Tujuannya jelas agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Kenapa sih kita harus menjaga tubuh kita tetap sehat dengan menerapkan pola hidup sehat? Banyak alasan kenapa Kamu harus melakukannya. Berikut alasan kenapa kita harus menerapkan pola hidup sehat:

1. Agar Terhindar Dari Sakit

Dengan menerapkan pola hidup sehat kita pasti berharap tidak akan sakit. Siapa sih yang mau sakit, ya nggak? Siapapun pasti inginnya sehat selalu. Namun apakah kita sudah melakukan sesuatu agar tubuh kita tetap sehat?

Saat ini sakit bisa datang kapan aja. Cuaca juga kurang menentu yang bisa membuat kita terserang pernyakit. Aku sendiri beberapa hari ini agar nggak enak badan. Padahal beberapa hari sebelumnya sehat dan bugar. Mungkin ada yang salah pola beberapa hari sebelumnya.

Menerapkan pola hidup sehat juga nggak ada garansi nggak akan sakit. Ya paling tidak kita telah berusaha agar tubuh tetap sehat. Kalau sudah sehat maka penyakitpun kemungkinan akan menjauh.

2. Agar Menjalani Hari Lebih Bersemangat.

Dengan menjaga tubuh tetap sehat, kita akan selalu bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan tubuh yang sehat melakukan apapun pasti dengan senang hati dan penuh dengan semangat tinggi.

Beda jika tubuh kita sudah lelah bawaannya pasti males-malesan aja. Mau ngapa-ngapain males, ini dan itu males ya jadi cuma tidur-tiduran aja. Agar hal yang nggak baik ini nggak terjadi, kita harus menjaga agar tubuh kita tetap sehat.

3. Agar Lebih Percaya Diri

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, kita tentu lebih percaya diri. Terutama dalam hal penampilan kita. Biasanya orang yang selalu menerapkan pola hidup yang sehat penampilannya kelihatan segar. Dan enak aja kalau dilihat, nggak terlihat letih dan lesu.

4. Menghindari Resiko Dimasa Depan

Penyakit saat ini udah aneh-aneh. Dengan menerapkan hidup yang sehat sejak saat ini paling nggak kita bisa menghindari resiko sakit yang aneh-aneh dimasa depan. Salah satunyanya dengan makan makanan yang bagus untuk tubuh, yaitu makanan rendah kalori.

Banyak banget makanan rendah kalori yang bisa kita temukan dimana-mana. Kalau Kamu males ribet nyarinya, Kamu bisa beli di Lemonilo. Disana menyediakan berbagai makanan sehat termasuk yang rendah kalori. Kalau mau tau langsung aja kunjungi websitenya.

Semantara ini itu aja sih alasan kenapa kita harus menerapkan pola hidup sehat. Apapun alasannya kita tetap harus menajag tubuh kita tetap sehat. Kerena kesehatan itu penting banget. Nggak ada yang lebih nikmat dari nikmat kesehatan. Selalu jaga kesehatan ya guys.

Apasih Enaknya Kuliah Di Jogja? 5 Alasan Berikut Akan Membuatmu …

Tau dong bahwa Jogja dijuluki sebagai kota pelajar? Dimana banyak mahasiswa dari penjuru Indonesia berdatangan untuk menimba ilmu. Dari data di websitenya Dinas Pendidikan Provinsi DI Yogyakarta, semua daerah provinsi di Indonesia ada mahasiswanya yang kuliah di Jogja dan jumlahnya puluhan ribu. Apasih enaknya kuliah di jogja? sehingga banyak calon mahasiswa berdatangan jauh-jauh dari luar daerah.

Jogja kalau menurut aku memiliki banyak keistimewaan yang nggak dimiliki tempat lain. Dan hal itu juga sesuai dengan taglinenya, yaitu ‘Jogja Istimewa‘. Ya memang benar-benar istimewa banget. Dan Kamu akan merasakan keistimewaan yang lebih jika Kamu berasal dari luar daerah. Berikut 5 alasan kenapa kuliah di Jogja itu enak banget:

1. Pilihan Kampus Banyak

Di Jogja jumlah perguruan tinggi banyak banget. Dari data yang aku dapatkan, jumlah perguruan tinggi di Jogja sebanyak 128. Nggak tau juga ini data kapan, apakah update atau nggak. Jika dilihat dari data tersebut, 128 itu terbagai atas 24 universitas, 46 sekolah tinggi, 6 institut, 9 politeknik, dan 43 akademi. Banyak bukan?

Kamu bebas pilih mau dimana Kamu kuliah asalkan bisa lulus seleksi. Dan dari 128 perguruan tinggi, pilihan jurusan atau prodinya juga pasti banyak. Tinggal sesuaikan minat Kamu mau kemana. Adakah tempat lain yang punya banyak kampus seperti jogja? Kalau Kamu tau bisa komentar dibawah ya.

2. Biaya Hidup Relatif Lebih Murah

Biaya hidup di Jogja sebagai mahasiswa pada umumnya relatif lebih murah. Tapi itu semua kembali ke gaya hidup kita masing-masing. Karena yang mahal itu sebenarnya gaya hidup kita buka kebutuhan hidup. Kamu bisa bandingin dengan dimana Kamu berasal.

Karena memang dikenal dengan banyaknya pelajar, biasanya harga makanan yang dijual disesuaikan dengan harga mahasiswa. Ya ada yang memang mahal, dan tapi yang murah juga banyak kalau untuk makanan. Dan Kalau masak sendiri mungkin bisa lebih murah lagi biaya hidupnya.

3. Lingkungan Mendukung Untuk Anak Perkuliahan

Lingkungan di Jogja memang sangat mendukung untuk anak-anak perkuliahan. Banyak tempat menjual buku-buku untuk bahan perkuliahan. Selain itu, banyak juga tempat-tempat nongkrong yang bisa dijadikan tempat ngerjain tugas. Kos-kosan juga banyak disekitaran kampus dan harganya juga sesuailah.

4. Tempat Wisata Banyak

Jika Kamu penat dengan rutinitas kampus dan ingin liburan, Jogja sudah menyiakan semuanya. Jogja memiliki banyak tempat wisata, sepert: wisata candi, pantai, air terjun, pegunungan , pinusan, water park, belanja, sejarah dan masih banyak lagi wisata-wisata lainnya.

Dan udah aku tulis berkali-kali, jogja adalah surganya untuk jalan-jalan. Wisata apapun ada di Jogja. Tempat yang tepat untuk rekreasi menghibur diri dari kesibukan kuliah. Jadi jangan kawatir kesepian kalau di Jogja. Tinggal keluar sebentar Kamu sudah sampai ke wisata yang diinginkan.

5. Bakalan Ketemu Banyak Temen Dari Berbagai Daerah

Mahasiswa di Jogja beragam, dari berbagai seluruh daerah di Di Indonesia. Bahkan dari luar negeri juga ada. Jadi Kamu akan berkesempatan berteman dengan banyak mahasiswa dari daerah yang berbeda. Ya bisa jadi Kamu bisa nemu jodoh juga hehe.

Itu aja sih 5 alasan kenapa kuliah di Jogja itu enak banget. Sebenarnya masih banyak lagi alasan yang akan membuat Kamu tertarik kuliah di Jogja. Banyak hal-hal yang ada di Jogja dan tidak ada ditempat lain. Dan beberapa alasan diatas akan membuatmu tertarik kuliah di Jogja.

Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu. Jangan bimbang mengambil suatu keputusan mau kuliah dimana. Sebenarnya mau kuliah dimana aja sama aja. Setiap daerah memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jadi kapan mau kuliah di Jogja?

Soto Medan: Bagi Pecinta Soto Yang Bersantan Di Yogyakarta

Beberapa waktu lalu aku udah pernah sedikit mengulas tentang Soto Daging Sapi Pak Ngadiran. Dan dipostingan itu aku juga bilang mau ngasih tau soto yang nggak bening. Soto yang ini beda dari kebanyakan soto di Yogyakarta, yaitu soto medan.

Udah pernah dengar nama soto medan? atau udah pernah nyobain? Di Jogja ada lho yang jual soto ini. Tepatnya terletak di jalan Melon Mundusaren, Desan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya nggak jauh dari Goeboex Coffee. Kalau dari Goeboex Coffee jalan terus nanti ada persimpangan yang ada Waroeng Steak belok kanan. Lokasinya sebelah kanan jalan.

Kalau Kamu udah sampai sana lihatin sebelah kanan jalan, nama tempatnya Rumah Makan Khas Medan Kinantan. Atau Kamu bisa ikutin google maps aja dengan mengeklik disini. Tempatnya dibandung dari bambu dan bertingkat. Nggak susah kok nemuin lokasinya.

Soto medan ini beda jika dibandingkan dengan kebayakan soto yang ada di Jogja. Kuahnya nggak benig seperti umumnya. Kuaahnya agak kental karena ada santan kelapanya. Kalau orang sini biasanya nyebutnya dengan kari. Tapi antara kuah soto medan sama kari itu beda kalau menurutku ya.

Mie pakai bihun yang digoreng jadi agak beda dibandingkan soto biasanya. Dan banyak campuran-campuran lainnya yang membuat soto ini tambah nikmat. Ada tambahan nasi dan juga lauknya, ada ayam, teri, telur dan tanpa lauk juga ada. Biasanya kalau aku suka yang sambal teri.

Soal rasa Kamu harus nyobain sendiri. Karena aku emang suka masakan yang kaya rempah-rempah, jadi kalau makan soto yang kental gini nikmatnya luar biasan. Mungkin berbeda bagi Kamu yang nggak suka terlalu banyak bumbu. Tapi yang pasti Kamu harus nyobain sendiri kalau ingin tau rasanya.

Aku sendiri juga belum lama tau tempat ini. Taunya dulu diajakin temen ternyata di Jogja ada soto medan. Biasanya kalau makan soto medan pas mudik aja ke kampung halaman. Dan sekarang nggak perlu nunggu mudik lagi, karena di Jogja udah ada.

Untuk harganya juga lumayan terjangkau, mulai 10 ribu rupiah dan nggak sampai 20 ribu rupiah. Harganya sesuai dengan apa yang akan kita dapat. Karena porsinya nggak dikit, dan bisa dipastikan Kamu langsung kenyang setelah menghabiskan seporsi soto ini.

Selain soto, di Rumah Makan Khas Medan Kinantan ini juga ada menu lain seperti lontong medan. Dan lontong yang satu ini juga porsinya lumayan banyak. Mungkin kalau di Jogja umunya jadi porsi jumbo. Ya sesuai dengan harganya dan juga rasanya yang mantap banget. Ada juga cemilan lain seperti kue lapis dan jajanan pasar.

Aku lumayan sering kesini kalau lagi pingin. Sebenarnya udah lama pingin nulis tentang soto yang satu ini, tapi baru sempat sekarang. Semoga nggak telat ya informasinya buat Kamu. Kamu harus nyobain dulu jangan sampai penasaran.

Bagi Kamu yang pingin nyobain soto yang beda dari biasanya, harus nyobain soto yang satu ini. Apalagi bagi Kamu yang ngakunya orang sumatera. Sekali-kali bolehlah nyobain kesini tapi jangan sendiri hehe. Yuk ramaikan makanan khas nusantara yang kaya raya akan cita rasa. Selamat berburu kulier yang unik-unik.

Bothok Mercon Ikan Patin: Makanan Khas Sragen Yang Memerahkan Bibir

Hari minggu kemarin aku berkesempatan main ke Sragen. Sebenarnya bukan main, lebih tepatnya menghadiri resepsi pernikahan sahabat. Dan pulangnya diajak sama Pak Ryan ke tempat makan yang jual bothok mercon ikan patin.

Awal cerita dulu ya, aku dan temen-temen bertiga, Pak Ryan (Orang Sragen), Pak Arif (Orang Jakarta) dan aku berangkat dari jogja jam 7 pagi dan sampai sana jam 10 an. Pas banget sampai sana resepsinya belum lama dimulai. Perjalanan agak lama karena mampir-mampir dulu hehe.

Selesai acara dan foto sekitar jam 12 an terus diajakin mampir ke rumahnya Pak Ryan. Disana duduk-duduk sebentar sampai jam 3 kurang, selanjutnya siap-siap balik lagi ke Jogja tercinta. Disela-sela cerita, Pak Ryan nawarin pas pulangnya mampir ke salah satu makanan khas, yaitu tengkleng, timlo, dan bothok mercon ikan patin. Kalau aku sih manut aja hehe.

Pas mau pulang hujan turus rintik-rintik. Karena perjalanan masih jauh ya mau nggak mau ya tetep pulang. Pertama mau mampir ketempat yang jual tengkleng eh tutup. Terus jalan lagi ke tempat yang jualan timlo eh tutup juga. Hujan juga semakin deras, diputuskan ke tempat yang jualan bothok mercon ikan patin.

Pas banget sampai tempat tujuan ternyata buka. Nama tempatnya WM. Bothok Mercon Mbah Wiro. Tau kepanjangan dari WM? singkatan dari warung makan. Karena hujan cukup deras, sampai sana pakaian dibadan udah pada basah. Tanpa basa-basi langsung pesen bothok ikan patinnya.

Di WM. Bothok Mercon Mbah Wiro nggak hanya jual bothok mercon ikan patin, ada juga bothok mercon ayam. Yang bothok ayam kebetulan habis. Dan yang ikan patin tinggal kepalanya. Ada sih bagian dagingnya tapi nunggu beberapa menit. Karena sukanya yang kepala ikan, ya tanpa nunggu lama langsung minta yang bothok kepala ikan patin aja.

Jujur aja aku baru pertama kali ini ngerasain nikmatnya bothok mercon ini. Biasanya bothok itu ada ampas kelapanya dan kebanyakan juga bothok itu dari sayuran dan ada juga dari ikan tapi tetap ada ampas kelapanya. Bothok mercon yang satunya ini beda, yang ada hanya kepala ikan dan sambal didalamnya. Kalau dilihat sepintas lalu sih mirip sambel ikan patin bedanya dibungkus daun pisang.

Setelah aku coba, ternyata berbeda dengan pikiranku diawal. Bothok ikan patin ini beda rasanya sama sambel ikan patin. Rasa mantap banget dan dibandingin sama sambel ikan patin enak ini. Mungkin proses masaknya yang bikin ikan patin ini berbeda.

Sesuai namanya “Bothok Mercon”, pedesnya masakan ikan patin ini sampai memerahkan bibir. Teh es yang bermula segelas harus diisi kembali dengan teh yang sudah disediakan diteko. Pedesnya benar-benar mantap, dan Kamu harus nyobain nih kalau lagi main ke sragen.

Oh iya kalau Kamu pingin ke sini, lokasinya di Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya dipinggir jalan besar dekat dengan jembatan. Nih Kamu bisa pakai google maps dengan mengeklik disini. Dari ring road sragen nggak jauh, ya sekitar 3 Km.

Untuk harga seporsi bothok mercon ini mulai dari 10 – 12 ribuan. Harganya masih terjangkau untuk semua kalangan. Bagi Kamu yang ngakunya pecinta kuliner, wajib coba makanan yang satu ini. Kalau nggak jauh dari jogja, bisa sering-sering kesini nih.

Nggak lama setelah menyantap seporsi bothok mercon ikan patin, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jogja. Sampai jogja jam 7 lewat dikit. Dan masih sempat nonton motoGP dulu hehe. Yuk cintai kuliner nusantara, kalau bukan kita siapa lagi?