Embung Nglanggeran

Image: edisusilo.com

Embung Nglanggeran: Tempat Ideal Untuk Hunting Foto Dan Liburan Dengan Pasangan

Ceritanya hari sabtu minggu lalu jalan-jalan ke Gunung kidul. Mau tau kemana? Pasti Kamu udah tau ya, aku kemarin sabtu ke embung nglanggeran sesuai dengan judul postingan ini. Seperti apasih embungnya dan apa aja yang ada disana? Yuk jangan bosen baca postingan ini sampai habis ya.

Aku liburan ke embung nglanggeran ini sabtu pagi berangkat dari rumah sekitar jam 8 an. Sampai sana kurang lebih jam 10 an kalau nggak salah. Padahal jarak dari kota Yogyakarta ke tempat ini kurang lebih 30 Km. Lama ya? soalnya mampir ke SPBU dulu dan sarapan dulu di jalan. Dan tau sendiri jalan arah gunung kidul nggak memungkinkan kebut-kebutan. Karena lebih mengutamakan keselamatan, jadi ya nyantai aja. Toh kan tujuannya juga mau liburan.

Posisi atau lokasi embung nglanggeran ini di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau kalau Kamu tau lokasi gunung purba, tempatnya nggak jauh dari situ kurang lebih 1 km. Nanti masuk melalui jalan yang nggak terlalu besar kurang lebih 1 km juga.

Embung nglanggeran ini posisinya persis diatas bukit. Mungkin dulunya bukit testus di potong atasnya dan digali dan jadilah embung ini. Karena lokasinya nggak jauh dari gunung purba, maka dari embung ini juga terlihat gunung purbanya. Dan sebaliknya embungnya juga terlihat dari atas gunung purba.

Seperti yang diceritakan diatas, aku sampai sana jam 10 an pagi. Lansung masuk le objek wisata ini dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000,-/orang + Rp 2.000 parkir motor. Kalau untuk parkir mobil kurang tau soalnya nggak lihat. Tarif tersebut ternyata hanya berlaku untuk siang hari. Kalau malam beda lagi, kalau nggak salah beda Rp 5.000,- jadi Rp 15.000,-/orangnya.

Kenapa mahal bisa lebih mahal? Karena kalau malam pemandangannya lebih menakjubkan. Disekelilingnya ada lampu-lampu yang menghiasinya. Selain itu, Kamu bisa melihat kelap-kelip cahaya dari bangunan-bangunan yang ada di sekitaran Jogja. Ya sesuai dengan apa yang akan Kamu dapatkan sih.

Sebenarnya aku sendiri nggak pertama kali kesini, dulu tahun 2015 pernah kesini tapi tujuan utamanya ambil foto virtual reality. Dan kemarin ceritanya jalan-jalan sambil nganterin jalan-jalan juga. Ya hanya murni jalan-jalan dan sedikit ambil foto dari smartphone.

Dari 2 tahun lalu sampai terakhir sabtu kemarin, aku melihat nggak banyak yang berubah dari tempat ini. Masih sama bagusnya dan masih tertata rapi juga. Mungkin ada beberapa penambahan-penambahan tempat istirahat dan beberapa anak tanggak juga dibuat berbeda. Selain itu, sekarang kita bisa foto-foto dari atas seperti yang lagi kekinian.

Embung nglanggeran ini salah satu objek yang pas banget buat hunting foto. Viewnya bagus banget, ada embungnya yang airnya berwarna kehijauan. Ada gunung purba yang begitu mempesona dan ada pemandangan khas dari ketingginan.

Kalau Kamu lagi liburan ke Jogja, kurang pas kalau kamu nggak kesini. Kenapa? Kerena sekitaran embung ini banyak tempat wisata-wisata menarik lainnya. Ada yang air terjun, gunung, lengkap sudah semua ada disitu. Air terjun nggak jauh dari embung ini ada air terjun kedung kandang dan air terjun talang purba. Dan agak jauh dikit tapi masih mengarah satu jalan ada curug gedhe.

Tunggu apa lagi, yuk langsung main kesana. Itung-itung meramaikan objek wisata daerah sendiri. Nggak perlu rogoh kocek dalam-dalam dan nggak perlu butuh waktu lama untuk perjalanan. Kita udah bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Oh iya, pulannya belum diceritain ya hehe. Aku di embung ini nggak lama, disana cuma lihat-lihat bentar sambil foto-foto. Jam 12 an kalau nggak salah udah menuju arah pulang. Dan nggak jauh dari tempat ini ternyata tiba-tiba hujan guys. Alhasil harus pakai mantel sampai perempatan patuk.

Tips yang mau liburan, karena akhir-akhir ini sering hujan, jangan lupa selalu bawa mantel. Nggak mau dong terjebak hujan dikala liburan atau istilahnya “kancilen”. Dan satu lagi, jangan lupa bahagia guys. Karena liburan itu untuk membahagiakan diri kita yang mungkin kurang bahagia. Selamat berlibur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *