Financial Checkup

Image: pixabay.com

Merasa Keuanganmu Berantakan dan Gak Kaya-Kaya? Financial Checkup Dulu Aja?

Menjadi kaya merupakan dambaan setiap orang termasuk aku pastinya. Namun apakah setiap orang bisa menjadi kaya? Tentu bisa asal rajin berusaha, banyak berdoa dan manajemen keuangan serta waktunya dikelola dengan baik dengan melakukan financial checkup. Karena menjadi kaya itu adalah hak setiap orang.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika dengan kondisi sekarang, mungkinkan menjadi kaya masih bisa terwujud? Hal apapun tidak ada yang mustahil didunia ini. Ada orang yang menjadi kaya hanya dalam waktu 1 menit, 1 jam, 1 tahun, atau puluhan tahun tanpa menyerah. Semuanya mungkin terjadi asal kita berusaha.

Sama halnya seperti sehat, setiap orang berhak atas kesehatannya. Untuk menjadi sehat tentu ada usaha yang harus dilakukan. Makan teratur, olahraga teratur, menjaga pola tidur dan lain sebagainya. Menjadi kaya tentu juga demikian, harus ada usaha yang kuat dari kita.

Apakah kaya identik hanya soal banyaknya harta? Tentu tidak, bisa juga kaya harta, kaya ilmu, kaya pengalaman dan lain-lainnnya. Pada umumnya kaya identik dengan harta. Apakah kaya itu harus memiliki banyak harta? Salah satu syarat kaya biasanya banyak harta namun hutang sedikit mungkin bahkan tidak ada. Kalau banyak harta ditambah juga banyak hutang, apakah bisa disebut kaya?

Oleh sebab itu untuk menjadi kaya kita harus tau kondisi keuangan kita sebelumnya. Apakah dalam kondisi sehat atau malah banyak pengeluaran dari pada pendapatan. Hal seperti ini perlu kita cari tau jika ingin menjadi kaya atau paling tidak aman secara keuangan.

Untuk mengetahui kondisi keuangan, kita dapat melakukan yang namanya financial checkup. Apa itu financial checkup? Financial checkup ini sama halnya dengan medical checkup. Bedanya pada financial checkup kita mengecek kondisi kesehatan keuangan kita dan medical checkup mengecek kondisi kesehatan tubuh kita.

Mengecek kondisi keuangan nggak perlu ke dokter keuangan seperti medical checkup. Malahan melakukan pengecekan keuangan itu lebih mudah, murah, cepat dan hemat. Kamu udah pernah melakukan financial checkup belum? Kalau belum yuk sekarang kita sama-sama cari tau.

Melakukan financial checkup kita hanya tinggal menggunakan sebuah tools yang sudah dirancanga untuk itu. Tanpa bantuan siapapun kita dapat melakukannya. Caranya mudah kita tinggal mengunjungi ke tools yang disediakan oleh carajadikaya.com.

carajadikaya.com menyediakan tools yang keren banget untuk mengetahui kondisi keuangan kita. Tools tersebut dinamakan financial checkup. Kamu bisa langsung pakai tools tersebut disini. Disitu akan ada form yang perlu diisi sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini.

Berikut 9 form yang perlu Kamu isi di tools financial checkup:

1. Total kas, deposito, tabungan

Pertama Kamu disarankan untuk memasukkan total kas atau deposit atau tabungan Kamu. Jika tidak memiliki semuanya, maka isikan dengan 0 ya. Dan diisi sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

2. Total aset investasi (reksadana, obligasi, saham)

Kemudian Kamu disarankan memasukkan total aset investasim, seperti reksadana, obligasi, dan saham. Sama halnya seperti yang sebelumnya, jika tidak ada maka diisi dengan 0. Pastikan data yang Kamu masukkan benar adanya.

3. Total aset lainnya (rumah, mobil, furniture, elektronik)

Kemudian Kamu disarankan memasukkan total aset lainnya. Aset lainnya ini seperti rumah, mobil, furniture, elektronik dan lainy-lainya. Yang Kamu masukkan bukan jumlah barangnya ya, tetapi jumlah total nilai barang. Kamu bisa hitung dengan cermat agar hasilnya nanti bisa maksimal.

4. Total hutang

Jika Kamu memiliki hutang, maka Kamu perlu memasukkan jumlah total hutang. Seperti yang diatas tadi jika tidak ada maka diisi dengan 0. Dan data yang diisi haruslah data yang benar agar maksimal hasilnya pengecekannya.

5. Penghasilan per bulan

Yang kelima, Kamu disarankan memasukkan total penghasilan perbulannya. Penghasilan tersebut bisa dari gaji, atau pendapata usaha atau lainnya. Semua dihitung dengan benar ya.

6. Pengeluaran per bulan

Selanjutnya masukkan juga pengeluaran perbulannya berapa. Kalau belum tau mungkin bisa dihitung terlebih dahulu. Perlu diingatkan lagi bahwa data yang benar akan mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Cicilan KPR per bulan

Selanjutnya masukkan juga jumlah cicilan KPR perbulan jika ada. Jika tidak ada maka Kamu bisa isikan dengan 0.

8. Cicilan non KPR per bulan

Selanjutnya lagi masukkan cicilan non KPR perbulan jika ada. Seperti yang sebelumnya, jika tidak ada maka isikan dengan 0.

9. Menabung/investasi per bulan

Yang terakhir Kamu perlu memasukkan jumlah dana yang Kamu tabung atau investasikan perbulannya. Jika tidak ada maka isikan saja dengan 0.

Dengan mengesisikan 9 form tadi, Kamu bisa langsung mendapatkan informasi kondisi keuanganmu. Informasi yang diberikan berupa rasio, yaitu: Rasio Likuiditas, Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan, Rasio Tabungan, Rasio Perbandingan Hutang terhadap Aset, Rasio Kemampuan Pelunasan Hutang, Rasio Kemampuan Pelunasan Hutang Non Hipotek, Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan, dan Rasio Solvabilitas.

Di hasilnya ada informasi aktual dan batasan. Jika salah satu poin rasio berwarna merah maka kondisi keuangan yang tersebut kurang ideal. Jika tulisannya berwarna hitam maka kondisinya ideal.

Setelah mendapatkan iformasi tentang rasio tersebut, terus sebagai orang biasa seperti aku dan mungkin Kamu apa yang harus kita lakukan selanjutnya? Nah kerennya tool yang disediakan oleh carajadikaya.com itu disini. Ada rekomendasi yang disarankan oleh tools tersebut. Dan kita jadi tau apa yang perlu kita lakukan selanjutnya agar keuangan kita dalam kondisi baik.

Jujur aja aku sendiri baru tau ada tools yang keren seperti ini. Biasanya dihitung manual dan sarannya diberikan oleh konsultan finansial. Dan ternyata sekarang ada tools financial checkup yang bagus banget. Kamu perlu coba nih untuk mengecek kondisi keuanganmu.

Seperti yang udah aku bilang diatas tadi bahwa kaya merupakan hak semua orang. Setiap orang boleh berusaha dan mempersiapkan diri untuk menjadi kaya. Namun sebelum itu semua Kamu lakukan, maka cek dulu kondisi keuanganmu seperti apa. Jika kondisi sudah baik maka kita tinggal tancap gas langsung denga ngacir.

Jangan lupa kasih tau mungkin suami, istro, saudara, orang tua, atau orang-orang yang Kamu kenal. Check kondisi keuangan itu penting apalagi kalau mau jadi kaya. Dan terakhir semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu. Salam sukses untuk kita semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *