Peduli Lingkungan

Image: tanotofoundation.org

Kegiatan Tanoto Foundation Melahirkan Generasi Peduli Lingkungan

Tanoto Foundation yang didirikan oleh pengusaha Indonesia, Sukanto Tanoto, rutin memberikan beasiswa Tanoto Foundation setiap tahun, baik kepada para siswa, mahasiswa, dan guru. Program ini merupakan salah satu perwujudan dari misi memudahkan akses ke pendidikan berkualitas. Serta menghadirkan generasi peduli lingkungan.

Seperti beasiswa lainnya, penerima beasiswa Tanoto Foundation mendapatkan dukungan finansial maupun uang saku untuk biaya pendidikan. Keunggulan beasiswa Tanoto Foundation adalah upayanya untuk melengkapi para Tanoto Scholars, sebutan untuk penerima beasiswa, dengan beragam keterampilan dan mengajak mereka untuk aktif dalam beragam kegiatan sosial. Tujuannya tentu saja agar mereka mampu berguna bagi bangsa dan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

Sebanyak 6.600 orang telah menerima beasiswa Tanoto Foundation. Jika melihat kiprah mereka, tujuan dari kegiatan Tanoto Foundation tampaknya berhasil. Salah satunya dengan menghadirkan generasi peduli lingkungan.

Salah satunya, aksi para alumni penerima beasiswa Tanoto Foundation pada 14 Oktober 2016 lalu. Mereka mendatangi kawasan rekreasi pulau Pasumpahan di Riau untuk berinisiatif membersihkan sampah yang ada di Pasumpahan dan membagi-bagi stiker peduli lingkungan kepada pengunjung lain sebagai bagian dari kampanye mereka tentang kelestarian alam.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Alumni Tanoto Foundation Gathering di Riau. Seperti acara gathering yang rutin digelar sebelumnya, kegiatan ini merupakan ajang kumpul para mantan penerima beasiswa Tanoto Foundation. Tidak kurang dari 51 orang yang mengikutinya. Mereka merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi seperti dari Universitas Riau, Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Akademi Teknik Pulp dan Kertas Bandung, dan Universitas Lancang Kuning. Kini, mereka semua telah lulus kuliah dan sedang bekerja.

“Kegiatan kami tidak hanya berkumpul, bermain games dan bersilahturahmi saja, tetapi juga berkampanye tentang kepedulian terhadap lingkungan,” ucap Ketua Panitia Kegiatan Febri Harianto di Tribun Pekanbaru.

Momen ini juga dimanfaatkan oleh para alumni Tanoto Foundation untuk mendeklarasikan kepedulian terhadap lingkungan. Mereka melakukannya dengan menandatangani kain putih tanda janji untuk ikut menjaga kelestarian alam.

Deklarasi yang dilakukan oleh alumni Tanoto Foundation ini sejalan dengan prinsip yang digariskan oleh pendirinya, Sukanto Tanoto. Ia berharap agar semua perusahaan dan unit usahanya dapat bermanfaat dan berguna untuk bangsa dan masyarakat.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan prinsip yang dipegang oleh Bapak Sukanto Tanoto yang baik untuk masyarakat, negara, iklim dan perusahaan,” kata Talent Management PT Riau Andalan Pulp and Paper, Bumantara Gani.

Tanoto Foundation yang didukung oleh keluarga Sukanto Tanoto memang berupaya menghadirkan kesadaran terhadap kepedulian lingkungan. Mereka berharap para penerima beasiswa Tanoto Foundation aktif berperan sebagai contoh. Diharapkan pula mereka tidak hanya beraksi ketika masih menjadi mahasiswa, namun saat sudah lulus dari perguruan tinggi mau tetap melakukannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *