Kredit Rumah Melalui Notaris

Image: pixabay.com

Kelebihan dan Kekurangan Over Kredit Rumah Melalui Notaris

Sekarang melakukan over kredit rumah melalui notaris lebih populer dan lebih digemari dibandingkan melakukan over kredit rumah secara langsung kepada pihak Bank Tabungan Negara atau pihak bank lainnya. Namun, bagi orang yang tidak tahu menahu yang terlalu terburu-buru ingin segera melakukan over kredit rumah melalui notaris tidak akan tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Pada dasarnya, Kamu setidaknya harus tahu satu kelebihan dan kekurangan melakukan over kredit melalui notaris karena sifatnya yang sangat vital. Tetapi, memang benar bahwa melakukan over kredit rumah melalui notaris jauh lebih murah dan cepat. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan Kamu dapatkan jika melakukan over kredit rumah melalui notaris?

Kelebihan Over Kredit Rumah Melalui Notaris:

1. Prosesnya lebih mudah dan cepat

Karena Kamu hanya tinggal menyerahkan dokumen yang diperlukan oleh notaris lalu Kamu akan diberikan sebuah akta dan dua surat kuasa. Setelah itu, yang harus Kamu lakukan hanya lah tinggal melunasi angsuran dan mengambil sertifikat serta melakukan balik nama atas sertifikat rumah tersebut. Proses ini terbilang jauh lebih cepat daripada melakukan over kredit melalui bank.

2. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah

Ini mungkin menjadi alasan utama lebih banyak orang yang memilih untuk melakukan over kredit rumah melalui notaris. Biaya yang dikeluarkan relatif jauh lebih murah karena tidak ada dokumen atau surat-surat yang memerlukan biaya yang mahal.

Kekurangan Over Kredit Rumah Melalui Notaris:

1. Sertifikat masih atas nama penjual.

Ketika Kamu melakukan pelunasan angsuran, nama sertifikat rumah tersebut masih tertulis nama debitur pertama. Jadi, Kamu masih belum memiliki hak penuh atas rumah tersebut dan masih dijaminkan ke BTN (Bank Tabungan Negara).

2. Apabila peralihan hak tidak diberitahukan kepada BTN.

Ada kemungkinan terburuknya, yaitu penjual biasa saja melunasi sendiri ke BTN secara langsung dan mengambil asli sertifikat rumah dan tanah yang sudah dialihkan. Jadi, lebih baik beritahukan juga pihak BTN.

Walaupun terdapat beberapa kekurangannya, melakukan over kredit rumah melalui notaris masih menjadi pilihan utama untuk melakukan over kredit. Jika tak mau susah soal over kredit rumah, serahkan pada ahlinya yakni Urbanindo.com. Bukalah situsnya atau download aplikasinya, pilih bagian pembiayaan.

Selanjutnya Kamu akan dibantu mengenai over kredit dan pengajuannya. Tak hanya itu, Kamu akan dihadapkan terhadap beberapa bank yang menangani over kredit rumah terbaik untuk Kamu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *