Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan

Image: pixabay.com

7 Cara Mengatasi Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan Di Chrome

Anda pernah mengalami masalah wifi connect tapi tidak bisa internetan? Aku beberapa waktu lalu mengalaminya saat pertama kali membuka browser. Wifi dari tethering android sudah terkoneksi dengan laptop. Dan ternyata browser tidak mau membuka website yang sedang ingin aku kunjungi. Satu-satunya website yang bisa dibuka hanya google.

Lebih dari 1 jam mengecek sana mengecek sini. Browsing mencari permasalahan yang terjadi. Sampai menghapus semua history dan cache browser aku google chrome tetap tidak bisa. Kemudian pindah ke mozilla firefox juga tetap tidak bisa.

Yang menjadi penasaran adalah koneksi di smartphone lancar-lancar saja. Mengunjungi website apa saja bisa terbuka. Padahal antara smartphone aku dengan laptop masih menggunakan satu provider yang sama.

Dan baru kepikiran kalau ada pesan di browser google chrome “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN“. Kemudian aku cari google dan menemukan cara memperbaikinya mengarahkan ke youtube. Akhirnya permasalahan tidak bisa internatan dilaptop aku segera berakhir.

Dari permasalahan yang sudah aku ceritakan, aku ingin sedikit berbagi pengalaman bagaimana mengatasi masalah wifi connect tapi tidak bisa internetan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Buka CMD

Caranya tekan tombol pada keyboard bersamaan antara START + R maka akan muncul menu Run. Kemudian ketikkan “CMD” lalu klik OK. Cara lain klik tombol START lalu langsung ketik di keyboar “CMD”. Akan muncul CMD (Command Prompt).

2. Ketikkan Perintah

Pada CMD ketikkan perintah “ipconfig /flushdns” lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul pesan kemudian tutup CMD tersebut.

3. Buka Menu Run

Kemudian buka menu Run kembali, caranya sama seperti yang diatas. Tekan tombol pada keyboard bersamaan antara START + R maka akan muncul menu Run. Kemudian ketikkan “ncpa.cpl” lalu klik OK. Akan muncul menu network connections.

4. Buka Properties Wi-Fi

Setelah berada di network connections, akan ada banyak pilihan koneksi. Yang perlu kita lakukan pastikan Wifi sudah terkoneksi. Kemudian klik kanan pada Wi-Fi lalu pilih properties

5. Masuk Halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties

Pada properties masuk pada bagian networking. Lalu dibawah “this connection uses the following items:” klik “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” kemudian klik tombol properties. Akan muncul halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties.

6. Ganti DNS

Pada bagian general klik pada bagian “Use the following DNS server addresses:”. Maukkan DNS berikut:
Preferred DNS server : 8.8.8.8
Alternate DNS Server : 8.8.4.4
Lalu klik tombol OK.

7. Restart Komputer Anda

Terakhir Anda tinggal menrestart komputer Anda. Silahkan coba kembali browser google chrome untuk membuka website apapun. Untuk cara ini pada laptop aku berhasil.

Beberapa permasalahan antara masing-masing komputer mungkin bisa saja berbeda. Namun pastikan terlebih dahulu pesan apa yang ditampilkan dibrowser Anda. Semoga apa yang aku bagikan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba semoga berhasil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *