Monetize Blog

Image: trulyhappylife.com

Perlukah Monetize Blog Dilakukan? Apa Pentingnya?

Apa itu monetize blog? Dari segi bahasi bisa kita pecah mulai dari kata monitize lalu blog. Monetize adalah melakukan suatu usaha atau metode untuk mendapatkan uang. Dari pengertian monetize bisa kita artikan mengenai monetize blog. Monetize blog adalah melakukan suatu usaha atau metode untuk mendapatkan uang dengan jalan menggunakan blog.

Sesuai dengan judul postingan ini “Perlukah Monetize Blog Dilakukan?” mungkin banyak dari kita berpendapat perlu dan ada yang tidak perlu. Masing-masing pasti memiliki pendapatnya masing-masing. Ada yang alasannya butuh uang dan ada yang belum tertarik (Gak butuh duit mungkin hehe). Disini akan aku bahas mengenai perlukah moetize monetize.

Bikin Blog Nggak Gratis

Kita kembali ke dasar munculnya blog terlebih dahulu. Mungkin banyak dari kita bahwa berpikir bikin blog itu gratis. Nggak salah sih blog seperti blogspot.com atau wordpress.com memang gratis. Tapi untuk membangun blog yang mandiri dalam artian Kamu membuatnya dengan domain sendiri semisal blog saya edisusilo.com ini butuh biaya men.

Biayanya apa saja? Pertama domain seperti .com .net atau domain berbayar lainnya. Domain berbayar seperti itu membutuhkan biaya yang harus dibayar setiap tahunnya. Besar biayanya beragam mulai dari 50 ribu sampai jutaan. Untuk domain .com sendiri mulai dari 100 ribu rupiah.

Baca Juga :  Pingin Jadi Blogger? Kamu Butuh Perlengkapan Ngeblog Seperti Berikut

Kedua hosting untuk tempat datanya juga nggak gratis. Ada sih yang gratis tapi kalau pengunjungmu banyak, gak lama langsung mati tuh blog. Untuk biaya hosting sendiri bisa biasanya mulai dari bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, 1 tahun atau lebih. Harganya juga bervariasi, ada yang mulai 10 ribu perbulan, ada yang mulai 100 ribu pertahun sampau jutaan juga ada. Untuk blog dengan trafik atau pengunjung yang lumayan banyak, paling nggak butuh hosting yang paling murah 20 ribuanlah perbulan.

Dari biaya domain dan hosting sendiri kita tau bahwa buat blog itu gak gratis. Belum lagi yang kalau niat ngeblog pakai template atau themes premium bisa lebih lagi biayanya. Eh biaya diatas belum termasuk biaya koneksi internet yang dipakai ya.

Butuh Tenaga Dan Waktu

Apapun itu kalau diniatkan dengan mantap sebagai hobi dan kesukaan pasti rela melakukannya. Begitu juga dengan membuat blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan yang bagus. Kalau kita senang dan merupakan hobi kita tentu tanpa dibayar pun tetap dijalani. Benarkah demikian?

Ada benarnya juga nggak salah juga kalau ada yang bilang nggak benar. Hobi itu biasanya nggak bertahan dalam jangka lama. Seperti halnya batu akik, semuanya musiman. Jarang banget orang punya hoby yang menarik dilakukan dengan suka rela tanpa ada suatu alasan yang jelas. Seperti halnya musik, kalau hanya hobi Kamu pasti main musik pas lagi pingin aja.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Beda kalau memang ada sesuatu yang menghasilkan dihobi tersebut. Percayalah nulis diblog minimal 1 artikel sehari itu berat jika alasannya hanya sekedar hobi. Karena apa? Karena semua itu butuh tenaga dan waktu. Tenaga dan waktu bisa terganti dengan sesuatu yang menarik seperti uang misalnya.

Nggak dipungkiri blog ini bisa nulis rutin karena ada sesuatu hal yang menarik. Kalau nggak ada yang menarik, 1 artikel seminggu sekali itu udah bersyukur banget hehe. Karena blogger juga butuh sesuatu yang menarik dan bisa membuat tertarik.

Ngeblog Jadi Banyak Ilmu

Apa bedanya blog yang nggak di monetize dengan yang di monetize? Gampang aja bedanya ngeblog tanpa monetize itu nggak perlu banyak hal yang dipikirkan. Kenapa? biasanya blog yang emang niatnya untuk menghasilkan itu harus tau namanya keyword, SEO, dan macam-macamnya yang tujuannya mengejar banyak pengunjung.

Dengan monetize blog kita bisa belajar banyak tentang dunia perwebsitean. Paling nggak jadi tau gimana cari keyword yang pas, SEO yang bagus, tampilan yang humanis dan lain sebagainya. Itu semua didapat karena memang ada niatan yang diinginkan. Secara tidak langsung ilmu kita bertambah.

Perlukah Monetize Blog Dilakukan?

Baca Juga :  Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis Wordpress

Kalau aku pribadi sih perlu. Kenapa? dengan alasan diatas sebelumnya kita tau bahwa ngeblog itu butuh modal yakni, uang, tenaga, waktu, dan bisa nambah ilmu. Semuanya itu juga nggak gratis alias ada biayanya. Paling nggak uang yang didapat bisa menutupi beli domain dan bayar hostinglah.

Tapi bentar ada lagi nih yang harus diulas. Apakah monetize itu hanya berbentuk uang? Kalau dalam pengertiannya iya. Tapi kadang ngeblog juga tujuannya branding diri sendiri atau sebagai portfolio apa yang kita bisa. Semua orang pasti memiliki tujuan masing-masing. Yang perlu Kamu tau bahwa mendapatkan hasil sesuatu dari hobi itu menyenangkan.

Sejatinya dulu blog itu dibuat untuk tempat nulis, mencurahkan hati, kegalaluan dan sebagainya. Kalau sekarang ngeblog bisa dapat penghasilan anggap aja bonus. Karena nggak ada yang lebih menyenangkan dari pada hobi yang dapat uang. Hati senang rekening pun riang.

Mungkin dari temen-temen blogger yang nggak sependapat bisa menuliskan pendapatnya di komentar. Diatas ini adalah pendapat dari aku. Setiap blogger tentunya mempunyai alasan-alasan kenapa melakukan monetize atau tidak. Bagi Kamu yang ingin memonetize blo, aku juga udah pernah menulis tentang 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog. Mungkin Kamu bisa ikuti salah satu atau malah semuanya. Mari semangat ngeblog!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *