Asus Zenfone 4 Max Pro Edition

Image: edisusilo.com

Review Asus Zenfone 4 Max Pro Edition: Desain Sekarang Jadi Lebih OK

Akibat xiaomi mi4 yang sekarat akibat jatuh, kemarin pas banget nemuin gantinya, yaitu Asus Zenfone 4 Max Pro Edition. Katanya sih Asus Zenfone 4 Max ini belum dirilis. Tapi Kemarin di Kota Pekanbaru sudah ada yang jual lho.

Aku tau produk baru Asus Zenfone 4 Max Pro Edition ini dari situsnya erafone. Kalau nggak salah baru muncul senin malam. Tapi kalau beli online lama nunggunya, akhirnya datang langsung ke toko offline dan ternyata produknya sudah ada.

Kenapa aku tertarik smartphone besutan Asus ini. Salah satu faktornya adalah desainnya yang jadi lebih OK. Terutama posisi kamera yang sekarang berada dipojok atas dan fingerprint yang sudah berpindah didepan. Desainnya kalau menurut aku jadi lebih bagus aja.

Selain itu faktor harga juga menjadi alasan kenapa akhirnya memilih Asus Zenfone 4 Max Pro Edition ini. Di Pekanbaru harganya smartphone Asus ini dibandrol Rp 2,999,000,-. Harga tersebut sama dengan harga yang tertera di wesbsitenya yang jual. Yuk kita lihat bareng-bareng apa aja yang ada di Asus Zenfone 4 Max Pro Edition.

Desain

Desain dari pembaruan Asus Zenfone 3 Max ini kalau aku lihat lebih menarik. Desainnya mirip-mirip sama Asus Zenfone Zoom S. Ya bisa dibilang desain smartphone yang kekinian. Kan sekarang desainnya hampir mirip-mirip ya.

edisusilo.com

Kalau dari belakang, posisi kamera dan fingerprint pada smartphone ini berbeda jika dibandingankan dengan pendahulunya Asus Zenfone 3 Max. Posisi kamera berada di pojok kiri atas yang berjumlah 2 buah + lampu flash tunggal. Ditengah hanya tersisa logo Ausus saja.

Kalau dari depan, yang paling terlihat desain tombol home yang sekarang bertambah fungsi sebagai fingerprint. Desainya berbentuk kotak dan cakeplah pokoknya. Tombol ini tidak bisa dipencet guys, cuma disentuh-sentuh aja dengan lembut. Sebelah kanan dan kirinya ada tombol back dan recent apps. Diatas ada kamera depan + led flash.

edisusilo.com

Untuk layarnya udah Gorilla glass dengan 2.5D glass. Ukuran layarnya sama dengan pendahulunya, yaiut berukuran 5.5 Inch. Cukup enak kalau buat main game tapi agak sudah kalau dipake satu tangas

Selebihnya ya ada tombol volume dan kunci di sebelah kanan, slot Sim card dan micro SD di sebelah kiri, speaker dibagian bawah + port charger. Untuk bagian atas hanya jack audio 3.5. Selebihnya mirip-mirip sama pendahulunya.

Display

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, layar Asus Zenfone 4 Max Pro Edition ini berukuran 5.5 Inch. Karena spesifikasi resmi diwebsitenya Asus belum ada jadi aku cek pakai aplikasi aja. Kalau dilihat dari aplikasi AIDA64, Smartphone Asus ini resolusinya hanya HD (720 x 1280) belum Full HD. Kerapatan pixelnya hanya 269 dpi.

Smartphone ini pastinya menggunakan sistem operasi Andorid versi Nouget 7.1.1 dengan tampilan khas ZenUI 3.0. Karena sudah terbiasa pakai UI MIUI yang tanpa App drawer, jadi merasa agak ribet kalau ada App drawernya. Setelah cek sana cek sini, ternyata ZenUI 3.0 bisa ditampilin tanpa App drawer.

edisusilo.com

Mau tau caranya ZenUI 3.0 tanpa App drawer, berikut sekalian aku kasih tau. Pertama masuk ke menu Preferensi. Caranya usap saja layarnya dari bawah ke atas dan pilih preferensi. Diprefrensi masuk ke pengaturan Layar Utama. Kemudian pilih pengaturan Tata Letak dan terakhir pilih Mode Satu Lapisan. Dan jadi deh ZenUI 3.0 tanpa App drawer.

Hardware

Dari sisi hardware, Asus Zenfone 4 Max Pro Edition ini hampir mirip sama Asus Zenfone 3 Max. Sama-sama disejatai
CPU 64-bit Qualcomm® Snapdragon™ Octa-Core 430 (MSM8937) 1.4GHz Processor dan GPU Adreno™ 505. Untuk ukuran RAM masih sama, yaitu 3 Gb dan memori internalnya 32 GB. Cukuplah kalau hanya untuk ngisi foto-foto.

Kali ini aku juga mencoba menguci Smartphone ini dengan Antutu Benchmark. Hasilnya mendapatkan skor 42359. Ya cukuplah kalau hanya untuk keperluan sehari-hari dan main game. Karena aku hanya seneng main game Mobile Legend, untuk performanya ya udah cukuplah. Terbukti dengan setingan grafis maksimal, main game masih lancar jaya.

edisusilo.com

Sesuai dengan embel-embel max yang mempunyai kelebihan ukuran baterai. Smartphone baru ini dibekali dengan baterai yang lebih besar dari Asus Zenfone 3 Max yaitu 5000 mAh (non-removable). Katanya sih bisa untuk power bank juga. Dan aku cobain memang bisa banget. Untuk konsumsi baterainya aku belum bisa kasih tau, seminggu atau dua minggu kedepan baru bisa ketahui kira-kira baterai 5000 mAh ini untuk pemakaian normal bisa berapa lama.

Untuk kelengkapan hardware lainnya sih sepertinya hampir sama dengan Asus Zenfone 3 Max. Sensor-sensornya juga lumayan lengkap. Terutama karea aku butuh ada Gyro sensor, di smartphone ini udah ada. Koneksinya udah pasti 4G LTE dan slot kartunya micro sim.

Kamera

Karena ada tambahan embel-embelPro Edition, selain baterai yang sudah besar, kamera menjadi andalah pada Asus Zenfone 4 Max Pro Edition ini. Kamera belakang dibekali dengan 2 buah kamera, dengan resolusi 16 MP + 5 MP Wide View + Led Flash. Untuk depan juga dibekali resolusi 16 MP + Led Flash. Jadi kalau dibandingan pendahulunya Asus Zenfone 3 Max, jelas kamera yang sekarang lebih mantap lagi.

edisusilo.com

Dari fitur-fitur kamera ada mode Pro atau mode manual, Beauty, Animasi GIF, Panorama, HDR dan paling terbarunya ya kamera 5 MP wide view yang bisa untuk foto rame-rame. Untuk kualitas fotonya ya udah cukup OK lah. Kalau untuk luar ruangan udah lumayan OK, kalau untuk kondisi agak gelap juga udah lumayanlah.

Kesimpulan

Jadi kesimpuannya sih kalau menurut aku udah cukup baguslah. Dengan berbagai keunggulannya yang ditawarkan, seperti: baterai 5000 mAh, dual kamera 16 MP + 5 MP wide view, kamera depan 16 MP + flash, desain yang keren terutama yang warna hitam kebiru-biruan ini. Selain tu juga udah menggunakan sistem operasi terbaru Nouget 7.1.1.

Dengan kelebihan yang ada tapi juga ada kekurangannya kalau menurut aku. Yang paling terasa ya akibat dari baterai yang jumbo, jadi agak berat kalau dipegang. selain itu, layarnya belum Full HD juga. Body belakangnya yang khususnya punyaku warna hitam ini, mudah banget meninggalkan jejal jari-jemari. Tapi selebihnya sih udah Ok kalau menurutku.

Kelebihan
Baterai 5000 mAh (bisa jadi power bank)
Kamera dual kamera 16 MP + 5 MP wide view dan Kamera depan 16 MP + flash
Android Nouget 7.1.1

Kekurangan
Bobotnya berat
Belum Full HD

Paket pembelian dapat apa?
ZenFone 3 Max dengan Android™ 7.1.1 dan ASUS ZenUI 3.0
OTG Cable
Ejector Pin
USB Power Adapter
Dokumentasi (User Guide, Warranty Card)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *