Sistem Operasi Mobile

Image: pixabay.com

Android vs IOS vs Windows Phone, Manakah Sistem Operasi Mobile Yang Terbaik?

Mungkin tulisan ini bisa dibilang ketinggalan atau bahkan udah sangat ketinggalan. Biasanya kalau bahas ini kan diawal-awal dulu. Tapi nggak masalah, hanya sebagai wawasan saja manakah diantara android, IOS dan Windows Phone sistem operasi mobile terbaik? Kita akan bahas satu-persatu.

Apa yang aku tulis disini merupakan pengalaman dan opini pribadi. Tidak ada niatan menjatuhkan satu sama lain. Alhamdulillah aku udah pernah menggunakan ketiga sistem operasi mobile tersebut. Nggak hanya nyobain, tapi sempat pakai beberapa bulan. Tujuan utamanya sih mau tau aja manakah yang paling enak digunakan dan mencari yang paling pas buat aku.

Berikut perbandingan 3 sistem operasi mobile yang ada:

Android

Kita mulai dari yang pertama kali aku pakai ya. Android ini merupakan sistem operasi yang lengkap kalau menurutku. Dan diantara ketiganya, android adalah sistem operasi yang paling pas untuk aku pakai. Dulu pertama kali pakai sistem operasi ini di smartphone sony ericsson experia ray. Lupa tepatnya kapan, seingatku tahun 2012 kalau nggak salah.

Kelebihan android adalah ya kalau menurutku yang terbaik dari ketiganya. Android ini mengisi kekurangan IOS dan kekurangan windows phone. Semua aplikasi yang Kamu butuhkan ada semua. Dan tentu saja dengan dukungan google yang memiliki banyak aplikasi unggulan.

Kekurangannya kalau menurutku hanya di pemakaian memory RAM yang bisa dibilang rakus banget. Dulu pas jamannya masih pakai xperia ray, saat itu memory RAM hanya 512 Mb. Dan terasa banget beratnya performa android pada saat itu. Dan akhirnya aku memutuskan untuk nyobain sistem operasi yang lain.

IOS

Sistem operasi ini bisa jadi pilihan ke dua setelah android. Bukan nggak bagus, tapi harga devicenya itu lho yang nggak nahan. Kalau android bisa dipakai di beberapa merek smartphone dan IOS hanya bisa ditemukan di samartphone buatan apple.

Kelebihan IOS ini ringan dan performanya bagus. Dulu aku pakai iphone 4 dengan RAM yang sama dengan xperia ray, yaitu 512 Mb. Namun, sistem operasi ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Kalau bisa disejajarkan, mungkin untuk performa yang sama android harus memiliki RAM 2 kali ukuran RAM IOS. Kalau di IOS RAM 512 MB lancar jaya, untuk mengimbangi maka android harus memililiki RAM 1 Gb.

Walaupun ringan tapi tetap ada kekurangan disana sini. Terutama dari segi harga yang memang waw ya. Dan satu lagi, agak ribet kalau mau transfer data pakai komputer. Ya mungkin kalau Kamu hanya pakai IOS untuk main game, internetan, nelpon dan sejenisnya sih nggak masalah. Dan satu lagi terkadang ada beberapa aplikasi itu notifikasiyang agak telat, bahkan terkadang harus dibuka dulu aplikasi baru muncul notifikasinya.

Windows Phone

Ini sistem operasi yang ketiga yang pernah aku pakai. Dan sebenarnya kalau boleh ngomong, aku lebih suka pakai sistem operasai mobile ini. Kenapa? Windows phone ini enak banget kalau dipakai karena memiliki performa yang bagus. Nggak rakus RAM atau bisa disejajarkan dengan IOS untuk pemakaian RAMnya.

Kekurangannya adalah dukungan aplikasi kurang banget. Sayang banget padahal performanya bagus lho. Aku dulu pakai microsoft lumia 535 dengan RAM 1 Gg. Nggak ada yang namanya lambat dan kawan-kawannya. Dan nggak tau kenapa dukungan aplikasi dari pengembangan kurang. Jika dukungan aplikasi sama seperti android dan IOS mungkin banyak yang pakai windows phone ini.

Setelah aku pakai windows phone aku memutuskan balik lagi ke andorid. Kenapa? alasannya yang paling jelas adalah aku butuh beberapa aplikasi yang memang di windows phone nggak ada. Dan android pilihan yang tepat karena harga devicenya masih terjangkau hanya untuk ukuran smartphone. Dan aku pakai xiaomi mi 4 RAM 3 Gb.

Antara ketiga sistem operasi mobile android, IOS dan windows phone memiliki kelebihan dan kekurangan masih-masing. Kita nggak bisa mengatakan bahwa yang ini yang terbaik dan yang itu kurang baik. Semuanya mungkin memiliki tipikal pengguna yang khusus mungkin ya.

Berikut rekomendasi sistem operasi mobile yang sesuai buat Kamu:

Android

Android cocok buat Kamu yang memiliki dana yang sedang-sedang saja. Yang suka utak-atik tampilan user interface. Suka oprek sana oprek sini isi smartphone. Dan terakhir yang suka menggunakan smartphone untuk semua aktifitasmu. Apapun bisa dilakukan di sistem operasi android.

IOS

IOS cocok bagi Kamu yang memang memiliki dana lebih. Yang suka tampil gaya dan kekinian. Yang nggak suka ribet harus utak-atik tampilkan smartphone. Yang memang fokusnya hanya menggunakan aplikasi-aplikasinyang dibutuhkan.

Windows Phone

Windows phone cocok bagi Kamu yang menggunakan smartphone hanya sebatas telepon, SMS, email, internetan. Karena keterbatasan dukungan aplikasi, maka windows phone pas buat Kamu yang memang menganggap bahwa fungsi smartphone ya hanya smartphone dan bukan segalanya.

Mungkin dari Kamu ada yang punya pendapat berbeda mengenaik ketiga sistem operasai ini bisa meninggalkan komentar dibawah. Dan satu lagi, 1 sistem operasi yang belum pernah aku gunakan untuk kegiatan sehari-hari adalah blackberry. Masih penasaran sih gimanasih rasanya pakai blackberry terutama yang blacberry 10. Dan sayangnya sudah nggak ada ya guys.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *