Soto Medan

Image: edisusilo.com

Soto Medan: Bagi Pecinta Soto Yang Bersantan Di Yogyakarta

Beberapa waktu lalu aku udah pernah sedikit mengulas tentang Soto Daging Sapi Pak Ngadiran. Dan dipostingan itu aku juga bilang mau ngasih tau soto yang nggak bening. Soto yang ini beda dari kebanyakan soto di Yogyakarta, yaitu soto medan.

Udah pernah dengar nama soto medan? atau udah pernah nyobain? Di Jogja ada lho yang jual soto ini. Tepatnya terletak di jalan Melon Mundusaren, Desan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya nggak jauh dari Goeboex Coffee. Kalau dari Goeboex Coffee jalan terus nanti ada persimpangan yang ada Waroeng Steak belok kanan. Lokasinya sebelah kanan jalan.

Kalau Kamu udah sampai sana lihatin sebelah kanan jalan, nama tempatnya Rumah Makan Khas Medan Kinantan. Atau Kamu bisa ikutin google maps aja dengan mengeklik disini. Tempatnya dibandung dari bambu dan bertingkat. Nggak susah kok nemuin lokasinya.

Baca Juga :  Cari Tongseng Kambing Di Magelang? Warung Bu Sumini Tempatnya

Soto medan ini beda jika dibandingkan dengan kebayakan soto yang ada di Jogja. Kuahnya nggak benig seperti umumnya. Kuaahnya agak kental karena ada santan kelapanya. Kalau orang sini biasanya nyebutnya dengan kari. Tapi antara kuah soto medan sama kari itu beda kalau menurutku ya.

Mie pakai bihun yang digoreng jadi agak beda dibandingkan soto biasanya. Dan banyak campuran-campuran lainnya yang membuat soto ini tambah nikmat. Ada tambahan nasi dan juga lauknya, ada ayam, teri, telur dan tanpa lauk juga ada. Biasanya kalau aku suka yang sambal teri.

Soal rasa Kamu harus nyobain sendiri. Karena aku emang suka masakan yang kaya rempah-rempah, jadi kalau makan soto yang kental gini nikmatnya luar biasan. Mungkin berbeda bagi Kamu yang nggak suka terlalu banyak bumbu. Tapi yang pasti Kamu harus nyobain sendiri kalau ingin tau rasanya.

Baca Juga :  Kamu Lagi Butuh Resep Masakan Indonesia? Disini Tempatnya!

Aku sendiri juga belum lama tau tempat ini. Taunya dulu diajakin temen ternyata di Jogja ada soto medan. Biasanya kalau makan soto medan pas mudik aja ke kampung halaman. Dan sekarang nggak perlu nunggu mudik lagi, karena di Jogja udah ada.

Untuk harganya juga lumayan terjangkau, mulai 10 ribu rupiah dan nggak sampai 20 ribu rupiah. Harganya sesuai dengan apa yang akan kita dapat. Karena porsinya nggak dikit, dan bisa dipastikan Kamu langsung kenyang setelah menghabiskan seporsi soto ini.

Selain soto, di Rumah Makan Khas Medan Kinantan ini juga ada menu lain seperti lontong medan. Dan lontong yang satu ini juga porsinya lumayan banyak. Mungkin kalau di Jogja umunya jadi porsi jumbo. Ya sesuai dengan harganya dan juga rasanya yang mantap banget. Ada juga cemilan lain seperti kue lapis dan jajanan pasar.

Baca Juga :  7 Masakan ini Bisa Di Masak Pakai Magic Com, Anak Kos Banget Nih!

Aku lumayan sering kesini kalau lagi pingin. Sebenarnya udah lama pingin nulis tentang soto yang satu ini, tapi baru sempat sekarang. Semoga nggak telat ya informasinya buat Kamu. Kamu harus nyobain dulu jangan sampai penasaran.

Bagi Kamu yang pingin nyobain soto yang beda dari biasanya, harus nyobain soto yang satu ini. Apalagi bagi Kamu yang ngakunya orang sumatera. Sekali-kali bolehlah nyobain kesini tapi jangan sendiri hehe. Yuk ramaikan makanan khas nusantara yang kaya raya akan cita rasa. Selamat berburu kulier yang unik-unik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *