Ragam Biaya yang Harus Disiapkan Oleh Para Pemilik Mobil

Memiliki mobil bukan hanya sekadar bagian dari gaya hidup mewah. Lebih dari itu, kepemilikan mobil juga membuat kita mesti lebih cermat memperhitungkan beragam jenis biaya tambahan. Karena pemilik mobil pribadi memang membutuhkan banyak biaya agar bisa beroperasi dengan baik.

Bila kita termasuk orang yang baru saja memiliki mobil, berarti pemilik mobil kita mesti lebih cermat memperhatikan dan menyiapkan beberapa biaya penting berikut ini:

1. Biaya Bensin, Tol, dan Parkir

Ketiga jenis biaya ini sudah pasti harus kita siapkan setiap kali kita bepergian dengan mobil. Jika ingin merawat mesin mobil semaksimal mungkin, sebaiknya kita menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi. Karena bahan bakar tersebut akan menghasilkan pembakaran sempurna yang baik untuk kualitas mesin. Anggarkan biaya bensin, tol, dan parkir dengan cermat agar tidak mengganggu biaya kebutuhan kita yang lain.

2. Mempersiapkan Aksesori Mobil

Ternyata aksesori mobil tak hanya bertujuan untuk membuat mobil tampak lebih keren. Sebab ada berbagai jenis aksesori yang bermanfaat dan membuat kita semakin nyaman ketika berkendara. Menggunakan kaca film anti silau, foot step, sensor parkir mobil, GPS, dan aksesori bermanfaat lainnya tentu akan mendukung keselamatan berkendara.

3. Biaya Perawatan Mesin Mobil

Biaya perawatan mesin mobil mencakup biaya untuk cuci mobil, ganti oli, tune up, turun mesin, ganti ban mobil, dan berbagai jenis perawatan lainnya. Mobil yang dirawat secara teratur tentu memiliki kualitas mesin yang prima. Hal ini akan membuat mobil tidak mudah mogok dan harganya relatif tinggi bila dijual kembali dalam keadaan bekas.

4. Perpanjangan SIM dan STNK

Memperpanjang SIM dan STNK kerap dianggap remeh oleh para pemilik mobil. Padahal persiapan kebutuhan biaya yang satu ini juga terbilang cukup besar. Alangkah lebih baik jika kita sudah menyiapkan tabungan untuk perpanjangan SIM dan STNK. Agar kita tidak merasa berat ketika harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengurus surat-surat tersebut.

5. Biaya Asuransi Mobil

Saat ini banyak orang yang mempercayakan proteksi mobil kepada produk asuransi all risk. Itulah sebabnya produk asuransi Futuready menjadi kian diminati oleh para pemilik mobil. Kita tinggal mengakses situs Futuready kalau ingin mencari informasi seputar produk asuransi mobil yang tersedia. Maka kita pun akan memperoleh banyak informasi detail sebelum memutuskan memilih produk asuransi mobil sesuai kebutuhan.

Tak perlu khawatir dengan sejumlah biaya yang mesti kita siapkan pasca memiliki mobil. Jika kebutuhan akan kendaraan roda empat sudah sangat mendesak, pasti kita akan siap memenuhi sejumlah kebutuhan biaya tersebut. Mari menjadi pemilik mobil yang cerdas dan hemat dengan menggunakan asuransi https://www.futuready.com/asuransi/produk/mobil/beranda ini.

Beli Mobil Atau Beli Rumah Dulu? Kamu Harus Pertimbangkan Hal Ini!

Mungkin Kamu atau bagi anak muda yang masih lajang dan sudah memiliki penghasilan tetap, pasti memiliki keinginan untuk beli mobile atau beli rumah pribadi. Biasanya bingung memili antara beli mobil atau beli rumah terlebih dahulu. Hal ini terjadi bagi yang memang belum memiliki mobil dan rumah sendiri.

Keduanya tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Alangkah lebih baiknya jika kita bisa punya keduanya. Bagaimana jika dananya terbatas dan hanya bisa memilih salah satu? Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Jangan sampai salah pilih yang mana bisa membuat Kamu menyesal nantinya.

Berikut beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum beli mobil atau beli rumah lebih dulu:

1. Lihat Kebutuhan Kamu Sebenarnya

Dulu saat kita masih anak-anak, memiliki sesuatu biasanya berdasarkan keinginan semata. Kita tidak tau apakah kita butuh atau tidak. Maka dari itu biasanya sesuatu yang kita inginkan misalnya mainan, kita tidak akan menggunakan dalam waktu lama atau istilahnya mudah bosan.

Saat dewasa tentu berbeda dengan saat anak-anak. Sesuatu hal didapatkan berdasarkan kebutuhan. Apakah hal ini penting atau tidak atau hanya keinginan semata. Kita butuh mana sesuatu yang menjadi prioritas.

Dalam istilah kebutuhan itu ada 4 kalau nggak salah, yaitu kebutuhan penting dan mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, dan terakhir tidak penting dan tidak mendesak. Tentukan lebih dulu, apa sebenarnya yang kita butuhkan. Dalam hal ini tentu mana sebenarnya yang kita butuhkan memiliki mobil atau memiliki rumah terlebih dahulu.

Keduanya tentu manfaat dan kegunaannya berbeda namun saling melengkapi. Kalau misal sekarang masih ngekos atau ngontrak, tentu sebenarnya butuh tempat tinggal sendiri. Sedangka kalau sekarang masih tinggal dengan orang tua dan tempat kerja jauh dari rumah, mobil bisa jadi membantumu menjalani rutinitas yang melelahkan. Lihat dulu apa sebenarnya kebutuhan Kamu.

2. Lihat Kebermanfaatan Dari Keduanya

Kalau sudah tau kebutuhan kita yang mana, selanjutnya pertimbangan manfaatnya jika kita memiliki salah satunya. Rumah tentu memiliki manfaat sebagai tempat tinggak kita sehari-hari. Mobil memiliki manfaat sebagai moda transportasi untuk menunjang mobilitas kita. Keduanya memiliki peran yang berbeda.

Lihat jika kita memiliki salah satunya, apa manfaat darinya. Baik itu bagi kita sendiri atau manfaat untuk kegiatan kita sehari-hari. Semuanya harus Kamu pertimbangkan agar tidak menyesal diakhirnya nanti.

3. Tentukan Tujuan Untuk Memiliki Salah Satunya

Setelah tau manfaatnya lihat kembali tujuanmu memiliki salah satunay untuk apa. Apakah agar memiliki tempat tinggal yang nyaman tanpa gangguan atau mungkin hanya untuk gaya-gaya agar terlihat keren didepan orang lain. Kebanyakan dari kita memiliki sesuatu berdasarkan desakan atau melihat dari orang lain.

Kalau tujuannya memang bermanfaat dan memang Kamu butuhkan, tentu itu merupakan sesuatu hal yang baik. Nggak ada alasan untuk tidak melakukan hal tersebut. Namun jika hanya untuk memenuhi gaya hidup, maka itu bisa menjadi sebuah keputusan yang sia-sia. Ingat bahwa saat dewasa, semua hal yang akan dilakukan perlu dipertimbangan dengan seksama.

4. Pertimbangkan Rencana Kedepan

Terakhir adalah pertimbangan rencana kedepannya seperti apa. Apakah membeli salah satunya menjadi investasi atau memang akan dipakai jangka panjang. Keduanya tentu bukan barang murah yang bisa gonta-ganti layaknya jual-beli pakaian. Walaupun bisa dijual kembali tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Apalagi mungkin yang ingin berkeluarga, maka perlu dipertimbangan kedepannya akan seperti apa. Kalau yang ini mungkin memiliki rumah bisa jadi prioritas utama. Aku rasa untuk jangka panjang rumah menjadi barang yang menarik untuk dimiliki karena nilainya terus naik.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum beli mobil atau beli rumah lebih dulu. Semuanya kembali ke diri Kamu sendiri. Karena pada akhirnya Kamulah yang akan mengambil keputusan itu. Kalau normanya manusia pasti pinginnya bisa punya dua-duanya sekaligus. Ya memang bagusnya begitu.

Kalau dananya pas untuk beli cash salah satunya, maka mungkin Kamu bisa mempertimbangkan untuk membagi dua agar bisa memiliki keduanya dengan cara kredit. Perumahan murah saat ini juga sudah banyak ditawarkan seperti yang dimiliki Permumnas. Kredit perumahan murah juga nggak sulit, ada KPR bank yang konvensional maupun syariah.

Dengan cara diatas tentu Kamu bisa memiliki keduanya, beli mobil atau beli rumah. Namun perlu diingat bahwa dengan memiliki keduanya Kamu juga punya beban tambahan, yaitu membayar cicilan tiap bulannya. Untuk mendapatkan yang terbaik pasti ada hal yang perlu dikorbankan. Cash tapi salah satu atau kredit dapat dua-duanya. Terakhir semoga Kamu bisa mempertimbangkan dengan baik dan artikel ini bermanfaat buat semuanya.

Pilih Mobil Murah Atau Mobil Bekas? Nih 5 Pertimbangannya!

Lagi bingung nih ceritanya mau pilih mobil murah atau mobil bekas? Sebanarnya kalau uangnya udah ada nggak perlu bingung. Yang bingung itu yang nggak punya uang hehe. Dengan membaca artikel ini menandakan bahwa Kamu termasuk orang yang kebingungan memilih mobil mestinya. Apalagi sekarang keluar lagi mobil murah yang 7 seat.

Sejatinya mobil murah atau mobil bekas memiliki fungsi yang sama sebagai alat transfortasi. Jadi secara garis besar nggak banyak perbedaannya. Biasanya yang dipikirkan itu kebanyakan masalah diluar teknisnya seperti harga, biaya pengeluaran, perawatan dan lain-lainnya.

Berikut 5 Pertimbangan buat Kamu yang bingung pilih mobil murah atau mobil bekas:

1. Harga VS Usia Mobil

Mobil murah atau yang dikenal dengan LCGC(low cost green car) seperti agya, ayla, datsun go, brio satya dan karimun wagon terbilang cukup ok. Dan muncul lagi yang 7 seat sigra dan calya memang memiliki harga yang bisa bersaing dengan harga mobil bekas seperti: yaris, jazz, avanza, xenia dan lainnya. Tapi perlu diiingat usia mobil biasanya 5 tahun keatas.

Untuk usia 5 tahun bisa dibilang udah kuno. Perkembangan teknologi cepat banget sama halnya dengan otomotif. Ya nggak bisa dipungkiri mobil-mobil bekas memiliki kualitas yang lebih baik. Tetapi usia mobil juga akan berpengaruh terhadap biaya perawatan nantinya. Jadi sebelum memutuskan pertimbangkan baik-baik guys.

2. Konsumsi Bahan Bakar

Mobil LCGC memiliki kapasitas mesin dengan cc kecil dan pasti memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Berbeda dengan mobil lama yang agak menggoda ini. Walaupun tenaganya besar tapi konsumsi bahan bakarnya nggak bisa dibilang irit jika dibandingan dengan LCGC.

Dari segi teknologi mesin juga pastinya berbeda antara mobil yang baru keluar dengan mobil tua. Biasanya jika memilih mobil banyak yang memikirkan tentang keiritan mobil. Tapi kembali lagi Ke pengguna sendiri, kalau konsumsi bahan bakar dirasa tidak berpengaruh ya gak masalah sih mau pilih yang irit atau yang lebih boros.

3. Suku Cadang Dan Perawatan

Karena harganya yang murah maka diikuti dengan harga suku cadang dan perawatan yang murah pula. Ini penting karena urusannya dengan biaya seperti konsumsi bahan bakarnya. Nggak mau dong harganya murah, boror bahan bakar, suku cadang dan perawatannya mahal.

Mobil bekas tentu dulu harganya tinggi dan diikuti suku cadang dan perawatan yang tinggi pula. Kamu bisa pertimbangan hal ini, nggak mau dong habis beli mobil langsung banyak keluar uang lagi buat perawatan. Karena pada dasarnya mobil diatas 5 tahun sudah saatnya sering-sering kebengkel untuk ganti ini dan itu. Ya karena faktor usia dan masa pakai suku cadang.

4. Desain Lama VS Desain Baru

Dari segi desain tentunya ya kita bisa lihat secara kasat mata. Kamu pasti dengan mudah bisa membedakan mana desain baru dan mana desain jadul atau lama. Karena menggunakan mobil nggak hanya soal kenyamanan tapi soal keren juga bisa.

Masalah desain sebenarnya sih selera masing-masing. Kalau seneng yang desain fresh ya beli yang baru. Sedangkan nggak terlalu memikirkan desain ya beli seken juga nggak masalah. Kalau mau terlihat kekinian ya beli yang baru dong walaupun murah hehe.

5. Hati VS Kepuasan

Bicara soal kepuasan kan itu soal hati ya. Yang pasti kalau aku ditanya pilih yang mana pasti jawabannya pilih yang baru. Kenapa? Ya seneng yang baru aja hehe. Karena kalau beli yang baru itu memiliki kepuasan tersendiri. Sesuai pengalaman apapun itu kalau beli seken pasti banyak kecewanya.

Antara baru dan seken dari segi apapun pasti tetap puas beli baru. Ya walaupun mobil baru murah tapi kan tetep seneng bawaannya. Kalau beli seken bawaannya banyak kecewanya soalnya udah nggak semulus dulu saat barunya.

5 pertimbangan diatas semoga bisa membantu Kamu yang lagi kebingungan. Nggak selamanya yang bekas itu jelek dan yang murah juga jelek. Semua kembali ke selera masing-masing. Ya yang pasti ada uang ada barang. Kalau mau punya yang bagus ya beli yang baru dan agak mahal dan kalau cuma mampu beli yang murah ya jangan terlalu berharap yang bagus.

Buat Kamu yang memang lagi cari mobil baik itu mobil murah atau mobil bekas atau baru, Kamu bisa menggunakan Mobiloka. Selain carinya gampang harganya juga menarik. Buat Kamu yang udah baca artikel ini masih bingung, berarti uangnya masih kurang guys. Coba nabung dulu biar bisa beli yang barunya dari mobil bekas hehe. Selamat mencari semoga lekas dapat.

5 Mobil MPV Yang Cocok Banget Untuk Keluarga Kamu!

Kalau beberapa waktu lalu aku dah sharing tentang mobil SUV yang cocok buat keluarga, sekarang ini kita akan bahas tentang mobil MPV yang cocok kebuat keluarga juga. Apa itu mobil MPV? MPV singkatan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) yang berarti kendaraan serba guna. Serba guna disini ya buat jalan ok, buat angkut orang bisa, angkut barang bisa, ya serba bisalah.

Mobil MPV ini terdiri dari 3 baris kursi yang bagian belakang dan tengah biasaya bida dilipat buat angkut barang. Tapi beberapa waktu lalu ada mobil jenis ini yang ditilang gara-gara angkut barang, masalahnya karena mobil ini bukan mobil barang. Kok bisa ya? Jadi kalau mau bara barang, seperti semen, batu bata, genteng lebih aman pakai mobil pickup ya jangan pakai mobil mpv. Yang dikategorikan sebagai barang itu apa ya? soalnya mobil MPV bisa dimasukin kulkas lho ya, termasu barang itu ya? ya tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.

Kembali ke topik kita, Pabrikan-pabrikan besar banyak mengeluarkan mobil MPV sebagai andalannya. Alasannya karena harganya yang masing terjangkau walapun ratusan juta juga. Dibanding mobil SUV, mobil MPV harganya bisa setengahnya dengan rasa yang nggak jauh beda sama-sama nggak kehujanan dan kepanasan. Beberapa pabrikan otomotif mengeluarkan mobil MPV termurah untuk memenuhi mobilititas masyarakat yang tinggi. Dan kali ini kita akan bahas mobil MPV yang murah-murah aja kali ya.

Berikut 5 mobil MPV yang cocok banget untuk keluarga:

1. Toyota Avanza

Mobil yang satu ini memiliki julukan mobil sejuta umat. Dimana-mana ada dari mulai didesa apa lagi dikota, mobil taksi, mobil rentalan, mobil untuk jualan ah pokoknya ada semua. Mobil ini nggak satu-satunya mobil dengan julukan sejuta umat, ada lagi kembaran beda ibu yaitu Daihatsu Xenia yang akan kita bahas di no 2 nya.

Toyota Avanza ini bisa dibilang mobil mahalnya mobil sejuta umat. Nggak tau kenapa kalau pabrikan ini selalu buat mobil kembar. Mungkin biar marketingnya enak kali ya apalagi berada dipayung yang sama. Kalau konsumen beli yang agak bagus dikit beli avanza, kalau mau yang murah yang xenia ya nggak sih?

Toyota Avanza ini ada 2 tipe mesin yakni 1.3 L atau 1300 cc dan 1.5 L atau 1500 cc. Bedanya? ya kalau orang awan seperti aku, beda 200 cc nggak terlalu terasa untuk performanya. Paling beda dikonsumsi bahan bakarnya. Untuk fiturnya ya standar mobil MPV lah. Ada fitur keselamatan, kenyamanan, hiburan dan lain-lainnya.

Mobil ini cocok banget buat yang baru pingin beli mobil keluarga. Harga pas dikantong, ukurannya nggak terlalu besar dan pas kalau dibawa kemana-mana. Soal harga kalau nggak salah mulai dari 180 an juta sampai 200 an juta. Dan untuk tipe termewahnya ada lagi namanya Avanza Veloz selain tipe E dan G. Kelebihannya kalau Kamu pilih mobil ini, after sales servicenya bagus. Bengkelnya ada dimana-mana dan hampir semua bengkel kecil pun bisa perbaiki kalau ada masalah. So, tertarik punya mobil sejuta umat?

2. Daihatsu Xenia

Ini dia kembaran dari si Toyota Avanza. Dari bodi, mesin, kabin dan lainnya-lainnya kembar identik. Yang paling beda itu pasti logonya, dealernya ya bisa dibilang 90% sama. Mobil ini pilihan buat Kamu yang kalau pingin beli Avanza kemahalan mending beli ini. Pinternya pabrikannya hehe.

Pilihan mesin Xenia ini ada 2 yakni 1.0 L berarti 1000 cc dan 1.3 l atau 1300 cc. Perbedaannya nggak tau ya soalnya belum pernah nyoba yang 1000 cc. cc-nya kecil tenaganya pasti ya kecil mirip-mirip mobil murah ya nggak? Untuk harganya lebih murah dari sang kakak kembar. Mulai dari 160 an sampai 200 an aja, itu belu termasuk diskon dan kawan-kawan. Untuk tau lebih harganya mending langsung ke dealernya aja.

Dulu pas lagi pertama keluar, mobil ini dihargai 60 juta lho em 12 tahun yang lalu kalau nggak salah. Berarti kenaikannya sampai 200% lebih dan hampir 300% atau malah lebih lagi. Mobil ini sudah lama menjadi primadona dikalangan masyarakat. Sama seperti kakaknya, namanya pun udah banyak berubah, dari Xenia, New Xenia, All New Xenia dan apalagi besok ya?

Kelebihannya ya apa lagi kalau bukan after sales servicenya. Fiturnya juga ya standar MVP lah. Jangan harap seperti yang mobil SUV ya. Kalau Kamu lagi cari mobil jenis MPV, ini salah satu pilihan yang patut diperhitungkan.

3. Suzuki Ertiga

Kalau mobil yang ini belum terlalu lama keluarnya. Keluaran pabrikan suzuki ini namanya kalau nggak salah diambil dari kata Indonesia yang berarti Ertiga sama dengan RRR atau R3 ya? ya pokoknya itulah. Mobil ini pilihan lain selain mobil sejuta umat ya walaupun keluarnya agak telat.

Mesin dari Ertiga ini unik, biasanya mobil kalau nggak 1300 cc ya 1500 cc. Tapi Ertiga sendiri dibekali 1400 cc atau 1.4 L. Ya walaupun nggak satu-satunya mobil yang cc-nya segitu. Tapi untuk kelas MPV di Indonesia sepertinya cuma Ertiga yang begitu. Nanggung nggak sih kenapa nggak 1400 cc?

Fiturnya yang ada pun ya samalah atau beda tipis sama kompetitor. Dari desainnya lebih cocok untuk keluarga atau orang yang agak dewasa kali ya. Kalau yang kembar tadi dipakai anak muda masih panteslah, tapi kalau yang ini agak gimana gitu pendapat pribadi lho ya.

Sama dengan yang kembaran mobil sejuga umat, mobil Ertiga juga punya kembaran loh. Namanya Mazda VX-1 keluaran pabrikan mazda. Tapi nggak tau kenapa yang kembarannya jarang tampak dijalan atau hanya sesekali saja liatnya. Mungkin kalah pamor atau marketing aja kali ya.

Soal harga, Sebenarnya harga MPV ini hampir-hampir sama. Mulai dari 180 an juta keataslah dengan beberapa pilihan tipe. Kalau Kamu pingin mobil yang nggak terlalu banyak kembarannya ya ini Ertiga. After salesnya juga bagus ada dimana-mada. Tertarik?

4. Honda Mobilio

Kalau yang ini bisa dibilang anak baru dikelas MPV murah kalu ya. Mobil keluaran honda ini berusaha menyaingi rekan-rekannya dipasar MPV. Ya dengan keunggulan yang ditawarkannya, konsumen juga sudah mulai melirik mobil yang satu ini. Mungkin biar beda dan gaya.

Keunggulan dari mobil ini, desainnya yang cocok banget buat anak muda. Kalau kata orang mobil ini mobil honda Biro dipanjangin. Jadi dari depan dan belakang anak muda, sampingnya baru agak beda. Dan kembarannya ada walaupun kembarya nggak terlalu identik. Kalau nggak salah baru keluar awal tahun ini yaitu honda BRV. Mobilio sama BRV sekilas mirip namun beda kelas yakni berada dikelas Crossover.

Kembali ke Mobilio, dari ke 5 MPV disini katanya mobil inilah yang paling enak untuk dikendarai atau disopirin. Mobil ini termasuk pendek jadi kalau buat ngebut plus nikung katanya enak soalnya aku belum pernah nyoba. Soal harga ya masih setara dengan yang lain. Mesinnya yang ditawakan itu 1.5 L atau 1500 cc. Kalau after salesnya bagus tapi nggak sebagus yang diatas. Mobilio pilihan bagi yang tampil gaya dan beda.

5. Nissan Livina

Mobil yang satu ini sebenarnya bingung juga masuk MPV kelas yang ini atau yang atasnya ya? Soalnya saingannya yang terdahulu harganya sudah mendekati mobil SUV. Ya sudah kita masukkan saja soanya mobil MPV murah punya nissan ya ini Livina.

Nissan Livina ini bukan anak baru pastinya, sudah lama juga tapi masih kalah tenar atau dia punya pangsa pasar sendiri mungkin. Desainnya terlihat mewah khas mobil-mobil nissan ya. Masih ingat dong sama masanya nissan terano yang gagah itu? Desainnya emang keren-kerenah.

Soal fitur pastinya ya mirip-miriplah tapi soal harganya, sepertinya ini yang paling mahal diantara saingannya. Wajar mengingat apa yang ditawarkan sebanding yang didapat. Mesinnya ada dua pilihan kalau nggak salah, 1.5 L atau 1500 cc sama 1.8 L atau 1800 cc. Untuk after salesnya sama bagusnya tapi masih kurang banyak bengkel-bengkelnya. Ya pilihan lain selain yang diatas.

Itu tadi 5 mobil MPV yang cocok banget untuk keluarga. Dari 5 mobil menawarkan berbagai fitur yang relatif sama. Yang paling mencolok bedanya ya yang pasti merek dan desainnya. Untuk kursinya ya 7 seat semua dengan 3 baris. Untuk rentang harga bermain di harga yang setara. Tinggal pilihan hatimu mengatakan yang mana.

Kalau Kamu mau cari yang seken dan bagus, Kamu bisa cari di Mobiloka. Harga yang ditawarkan murah dan bagus barangnya. Milihnya juga nggak ribet soalnya bisa online. Ini pilihan kalau yang baru dirasa mahal sedangkan uang dikoper masih belum cukup. Udah kepikiran pilih yang mana?

5 Mobil SUV Yang Cocok Banget Untuk Keluarga Kamu!

Kamu lagi cari mobil buat keluarga? Atau mungkin orang tuamu yang sedang mempertimbangan ganti mobil baru. Salah satu yang cocok untuk keluarga ialah jenis mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil jenis ini sangat cocok untuk jalanan di Indonesia.

Berikut 5 mobil SUV yang cocok banget untuk keluarga

1. Chevrolet Captiva

Tau pabrikan otomotif Chevrolet dong? Itu lo yang mobilnya terkenal di film Transformer yaitu Bumblebee. Bumblebee sendiri merupakan mobil seri Camaro Bumblebee yang dapat berubah menjadi robot. Chevrolet sendiri merupakan pabrikan otomotif asal Amerika Serikat.

Di Indonesia pabrikan Chevrolet mengeluarkan banyak produk mobil. Salah satunya yang menjadi andalannya dari model mobil SUV adalah Chevrolet Captiva. Chevrolet Captiva sendiri mobil SUV dengan 7 seat. Cocok banget untuk menampung satu keluarga.

Chevrolet Captiva dibekali 2 pilihan tipe mesin, yaitu : 2.0 L atau 2000 cc dan 2.4 L atau 2400 cc. Kedua tipe mesin ini berjenis diesel yang dilengkapi turbo charged. Mesin jenis diesel sendiri terkenal akan keiritan konsumsi bahan bakarnya.

Terdapat 6 pilihan warna, yaitu Auburn Brown, Black Sapphire, Sugar White Metallic, Satin Steel Gray, Summit White dan Switchblade Silver. Untuk sekelas SUV, harga Chevrolet Captiva tergolong murah. Mulai dari 380 Juta Kamu dapat membawa mobil ini ke garasi rumah.

Chevrolet Captiva cocok untuk menjelajah jalanan perkotaan maupun pedesaan. Untuk masalah desain tergantung selera masing-masing sih. Untuk anak muda juga cocok apalai untuk yang sudah memiliki keluarga. Kamu tertarik untuk memilikinya?

2. Ford All New Everest

Beberapa waktu lalu ada kabar yang tidak menggembirakan untuk pecinta otomotif Indonesia. Ford Motor Indonesia sebagai pemegang merek Ford memutuskan untuk tidak beroperasi lagi di Indonesia. Dari banyak kabar yang tersiang, pabrikan asal Amerika Serikat ini kalah saing dengan gempuran pabrikan Jepang.

Kabar tersebut sangat disayangkan memang. Padahal Ford belum lama ini mengeluarkan beberapa produk unggulan. Nggak tau perhentian penjualan ini berlaku mulai tahun ini atau tahun depan. Atau ini merupakan langkah untuk menyiapkan strategi baru mereka.

Jika sekarang ford masih melakukan penjualan, incaran yang menggiurkan ialah All New Everest. Produk ini merupakan pembaruan dari produk lama mereka yaitu Everest. Banyak perubahan yang dilakukan disana-sini. Lihat saja dengan produk sebelumnya beda banget.

Mobil jenis SUV identik dengan mesin diesel. All New Everest dibekali 2 tipe mesin, yaitu 2.2 L dan 3.2 L dengan tambahan turbo. Untuk kebutuhan degan medan berat, All New Everest juga memiliki tipe 4×4. Semakin membuat nyaman dan tidak kawatir untuk jalan yang sedikit ekstrim.

All New Everest memiliki 3 pilihan warna, warna hitam, putih dan merah tua bisa jadi pilihanmu. Untuk harganya dibandingan mobil SUV sekelasnya bisa dibilang tinggi. Untuk bisa membawa pulang mobil ini, dibutuhkan dana mulai dari 560an juta. Kamu tertarik? Berdoa saja Ford tidak jadi hengkang dari Indonesia.

3. Isuzu MU-X

Pabrikan Jepang yang satu ini mulai menunjukkan taringnya di pasar mobil keluarga. Salah satu produk unggulannya ialah Isuzu MU-X. Isuzu MU-X dihadirkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2014. Diharapkan mampu bersaing dengan produk-produk sejenis.

Isuzu MU-X sendiri hanya dibekali 1 tipe mesin saja yakni 2.5 L. Seperti yang lainnya, mesinnnya juga sudak dicangkok turbo. Sangat cocok untuk medan jalan di Indonesia yang membutuhkan performa yang baik.

Sama dengan mobie tipe SUV kebanyakan, Isuzu MU-X bisa menampung 7 penumpang. Terdapat 5 pilihan warna, yaitu :Cosmic Black, Titanium Silver, Brown Metalic, Splash White dan Fjrod Blue. Pilihan warnanya membuat MU-X terlihat gagah dan kekar.

Fitur-fitur yang ditawarkan MU-X terbilang melimpah dibandaing mobil sekelasnya. Dengan harga 450 an juta dirasa sesuai dengan apa yang didapatkan. Cocok banget bagi Kamu yang menginginkan mobil SUV dengan fitur wah harga lebih murah.

4. Mitshubisi All New Pajero Sport

Belum lama ini pabrikan asal Jepang mengupgrade produk andalannya yaitu Pajero Sport. Dengan embel-embel All New, Pajero Sport lama di perbaruai untuk menyesuikan agar lebih bersaing lagi dengan kompetitor. Hasilnya All New Pajero Sport terlihat lebih gagah dan sport banget.

Banyak perubahan dilakukan, dari bodi, interior dan penambahan fitur-fitur baru. Mesinnya sendiri terdiri dari 2 tipe pilihan, yakni 2.4 L dan 2.5 L dengan turbo chargerd tetntunya. Dengan mesin diesel sangat pas untuk Kamu menjelajah kemanapun.

Pilihan tipe mobilnya ada 3, yaitu tipe Dakar, Exceed dan GLX. Untuk kebutuhan mejelajah, All New Pajero Sport terdapat pilihan 4×2 dan 4×4. Sangat dengan jalanan Indonesia yang kebanyakan kurang begitu baik.

Keunggulan All New Pajero Sport diantara SUV lain sekelasnya adalah permormanya yang mantap. Bisa dibuktikan dengan All New Pajero Sport beberapa kali diikut sertakan dalam kejuaraan rally dunia. Dengan pilihan 5 warna, yaitu Deep Bronze Metallic, Titanium Grey Metallic, Sterling Silver Metallic, White Pearl dan Black Mica membuatnya semakin gagah banget.

Soal harga dibandingankan dengan model SUV dikelasnya memang tergolong tinggi. Mulai dari 500 juta untuk tipe terendah dan dan lebih dari 630 juta untuk tiper tertinggi yakni tipe dakar. Harganya sesuai dengan apa yang ditawarkan. Lagi cari mobil? Nih All New Pajero Sport bisa jadi salah satu pilihan.

5. Toyota All New Fortuner

Salah satu SUV terbaik pabrikan Jepang ini baru-baru ini mendapatkan upgrade. Waktu peluncurannya juga hampir bersamaan dengn Mitshubisi All New Pajero Sport. Nggak tau kenapa bisa bersamaan. Kebetulan atau memang masalah persaingan?

Toyota All New Fortuner memilki 2 pilihan mesin yakni mesin diesel dan mensin dengan bahan bakar bensin. Untuk diesel dibekali dengan mesin 2.4 L sedangkan mesin bensin 2.7 L. Pilihan yang bagus untuk mereka yang menyukai tipe mesin tertentu.

Sama dengan Mitshubisi All New Pajero Sport dan Ford All New Everest, Toyota All New Fortuner memiliki tipe 4×4 yang cocok untuk medan berat. Untuk daerah perkotaan juga enak dikendarai. Terutama untuk jalannan yang tergenang air.

Bicara harga, Kamu bisa bawa pulang Toyota All New Fortuner dengan harga mulai dari 450 Jutaan. Pilihan warna banyak, ada Avant Garde Bronze Metalic, Attitude-Black, Dark-Gray-Mica-Metallic, Phantom-Brown-Metallic, Silver-Metallic dan Soper-White. Tinggal piliha mana yang akan mengisis garasi Kamu.

Itu tadi 5 mobil SUV yang cocok banget untuk Kamu dan Keluarga. Masing produk memiliki keunggulan masing-masing. Fitur-fitur yang didapat sesuai dengan harga yang ditawarkan. Yang pasti ada harga ada rupa. Tinggal menyesuaikan dengan kemampuan kita. So, Udah kepikiran mau milih yang mana?