Kue Lebaran Kering Nan Manis, Amankah untuk Para Penderita Diabetes?

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan tentu harus dilakukan sehingga ketika Lebaran tiba semua sudah disiapkan dengan sempurna. Jangan lupakan untuk menyediakan kue Lebaran dengan beragam varian sehingga tamu yang datang bisa menikmati hidangan nan nikmat ini. Kue kering merupakan sajian yang sangat umum disediakan ketika Lebaran tiba. Hal ini lantaran selain lezat dan manis, kue kering juga lebih tahan lama.

Dapat diakui jika kue kering merupakan santapan lezat ketika momen seperti Lebaran, namun kandungan nutrisi di balik kue kering ini ternyata juga wajib diwaspadai, terutama bagi Kamu atau anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes. Keunikan yang ada pada kue kering ini adalah dari segi kandungan lemak yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan roti. Kudapan yang biasa disantap untuk camilan ini akan dinilai baik jika berbobot ringan serta berlemak.

Kue kering biasa dibuat dengan bahan umum seperti tepung, gula, susu, mentega dan telur dan dimasak dengan cara dipanggang. dengan rasanya yang gurih dan bercampur manis, maka banyak sekali muncul pertanyaan terkait keamanan menyantap kue ini bagi para penderita diabetes. Sebelum mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Kamu mengenali terlebih dulu panduan konsumsi makanan yang baik untuk para penderita diabetes sehingga lebih tahu bagaimana cara mengelola diabetes dengan kombinasi makanan yang sehat.

Berikut ini panduan diet untuk para penderita diabetes secara sederhana:

1. Menjadikan sayur sebagai bahan utama konsumsi makanan ringan.
2. Mengurangi porsi makan dan mengurangi konsumsi untuk makanan ringan.
3. Menyertakan makanan yang berkarbohidrat dan kandungan serat tinggi.
4. Usahakan konsumsi makanan rendah lemak atau produk susu yang juga rendah lemak.
5. Konsumsi daging yang rendah lemak ataupun sumber protein alternatif mulai dari ayam tanpa kulit, telur, kacang, ikan dan tahu.
6. Membatasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh.
7. Konsumsi lemak tak jenuh atau lemak sehat dengan kadar cukup.
8. Konsumsi ikan yang berminyak dimana baik untuk jantung.
9. Mengurangi asupan garam.

Setelah mengetahui aturan dalam pola diet untuk penderita diabetes, kini masuk pada ulasan terkait keamanan kue Lebaran yang berjenis kue kering untuk penderita diabetes tersebut. Mengingat kue kering ini dibuat dengan bahan seperti susu, krim, mentega yang mengandung lemak tak jenuh, maka bisa disimpulkan jika kue kering merupakan makanan yang mengandung lemak tak jenuh dalam kadar cukup tinggi. Untuk itu, bagi para penderita diabetes, ada baiknya untuk membatasi konsumsi dari kue kering ini, bahkan ketika menyantap kue atau biskuit panggang yang hanya sebagai makanan penutup saja.

Namun, ada juga cara yang lebih menyehatkan untuk bisa membuat kue kering ini misalnya dengan mencampur bahan tepung terigu dengan tepung gandum untuk kue yang lebih bersahabat. Selanjutnya komponen gula di dalamnya diganti juga dengan jenis pemanis lain yang lebih aman. Jangan lupa dengan kandungan mentega dan butter yang diharuskan mentega dan butter sehat juga dimana bisa mencampur minyak canola sehingga kandungan lemaknya berkurang.

Namun tetap harus diketahui juga meski memang dibuat dengan cara yang lebih sehat, namun konsumsi kue Lebaran kering secara berlebihan pun tetap tidak baik dilakukan karena berpotensi meningkatkan gula darah sehingga beresiko buruk untuk penderita diabetes. Konsumsi kue kering ketika acara spesial boleh saja, namun ingat selalu untuk tidak berlebihan dan lupa diri dalam konsumsinya.

Soto Medan: Bagi Pecinta Soto Yang Bersantan Di Yogyakarta

Beberapa waktu lalu aku udah pernah sedikit mengulas tentang Soto Daging Sapi Pak Ngadiran. Dan dipostingan itu aku juga bilang mau ngasih tau soto yang nggak bening. Soto yang ini beda dari kebanyakan soto di Yogyakarta, yaitu soto medan.

Udah pernah dengar nama soto medan? atau udah pernah nyobain? Di Jogja ada lho yang jual soto ini. Tepatnya terletak di jalan Melon Mundusaren, Desan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya nggak jauh dari Goeboex Coffee. Kalau dari Goeboex Coffee jalan terus nanti ada persimpangan yang ada Waroeng Steak belok kanan. Lokasinya sebelah kanan jalan.

Kalau Kamu udah sampai sana lihatin sebelah kanan jalan, nama tempatnya Rumah Makan Khas Medan Kinantan. Atau Kamu bisa ikutin google maps aja dengan mengeklik disini. Tempatnya dibandung dari bambu dan bertingkat. Nggak susah kok nemuin lokasinya.

Soto medan ini beda jika dibandingkan dengan kebayakan soto yang ada di Jogja. Kuahnya nggak benig seperti umumnya. Kuaahnya agak kental karena ada santan kelapanya. Kalau orang sini biasanya nyebutnya dengan kari. Tapi antara kuah soto medan sama kari itu beda kalau menurutku ya.

Mie pakai bihun yang digoreng jadi agak beda dibandingkan soto biasanya. Dan banyak campuran-campuran lainnya yang membuat soto ini tambah nikmat. Ada tambahan nasi dan juga lauknya, ada ayam, teri, telur dan tanpa lauk juga ada. Biasanya kalau aku suka yang sambal teri.

Soal rasa Kamu harus nyobain sendiri. Karena aku emang suka masakan yang kaya rempah-rempah, jadi kalau makan soto yang kental gini nikmatnya luar biasan. Mungkin berbeda bagi Kamu yang nggak suka terlalu banyak bumbu. Tapi yang pasti Kamu harus nyobain sendiri kalau ingin tau rasanya.

Aku sendiri juga belum lama tau tempat ini. Taunya dulu diajakin temen ternyata di Jogja ada soto medan. Biasanya kalau makan soto medan pas mudik aja ke kampung halaman. Dan sekarang nggak perlu nunggu mudik lagi, karena di Jogja udah ada.

Untuk harganya juga lumayan terjangkau, mulai 10 ribu rupiah dan nggak sampai 20 ribu rupiah. Harganya sesuai dengan apa yang akan kita dapat. Karena porsinya nggak dikit, dan bisa dipastikan Kamu langsung kenyang setelah menghabiskan seporsi soto ini.

Selain soto, di Rumah Makan Khas Medan Kinantan ini juga ada menu lain seperti lontong medan. Dan lontong yang satu ini juga porsinya lumayan banyak. Mungkin kalau di Jogja umunya jadi porsi jumbo. Ya sesuai dengan harganya dan juga rasanya yang mantap banget. Ada juga cemilan lain seperti kue lapis dan jajanan pasar.

Aku lumayan sering kesini kalau lagi pingin. Sebenarnya udah lama pingin nulis tentang soto yang satu ini, tapi baru sempat sekarang. Semoga nggak telat ya informasinya buat Kamu. Kamu harus nyobain dulu jangan sampai penasaran.

Bagi Kamu yang pingin nyobain soto yang beda dari biasanya, harus nyobain soto yang satu ini. Apalagi bagi Kamu yang ngakunya orang sumatera. Sekali-kali bolehlah nyobain kesini tapi jangan sendiri hehe. Yuk ramaikan makanan khas nusantara yang kaya raya akan cita rasa. Selamat berburu kulier yang unik-unik.

Bothok Mercon Ikan Patin: Makanan Khas Sragen Yang Memerahkan Bibir

Hari minggu kemarin aku berkesempatan main ke Sragen. Sebenarnya bukan main, lebih tepatnya menghadiri resepsi pernikahan sahabat. Dan pulangnya diajak sama Pak Ryan ke tempat makan yang jual bothok mercon ikan patin.

Awal cerita dulu ya, aku dan temen-temen bertiga, Pak Ryan (Orang Sragen), Pak Arif (Orang Jakarta) dan aku berangkat dari jogja jam 7 pagi dan sampai sana jam 10 an. Pas banget sampai sana resepsinya belum lama dimulai. Perjalanan agak lama karena mampir-mampir dulu hehe.

Selesai acara dan foto sekitar jam 12 an terus diajakin mampir ke rumahnya Pak Ryan. Disana duduk-duduk sebentar sampai jam 3 kurang, selanjutnya siap-siap balik lagi ke Jogja tercinta. Disela-sela cerita, Pak Ryan nawarin pas pulangnya mampir ke salah satu makanan khas, yaitu tengkleng, timlo, dan bothok mercon ikan patin. Kalau aku sih manut aja hehe.

Pas mau pulang hujan turus rintik-rintik. Karena perjalanan masih jauh ya mau nggak mau ya tetep pulang. Pertama mau mampir ketempat yang jual tengkleng eh tutup. Terus jalan lagi ke tempat yang jualan timlo eh tutup juga. Hujan juga semakin deras, diputuskan ke tempat yang jualan bothok mercon ikan patin.

Pas banget sampai tempat tujuan ternyata buka. Nama tempatnya WM. Bothok Mercon Mbah Wiro. Tau kepanjangan dari WM? singkatan dari warung makan. Karena hujan cukup deras, sampai sana pakaian dibadan udah pada basah. Tanpa basa-basi langsung pesen bothok ikan patinnya.

Di WM. Bothok Mercon Mbah Wiro nggak hanya jual bothok mercon ikan patin, ada juga bothok mercon ayam. Yang bothok ayam kebetulan habis. Dan yang ikan patin tinggal kepalanya. Ada sih bagian dagingnya tapi nunggu beberapa menit. Karena sukanya yang kepala ikan, ya tanpa nunggu lama langsung minta yang bothok kepala ikan patin aja.

Jujur aja aku baru pertama kali ini ngerasain nikmatnya bothok mercon ini. Biasanya bothok itu ada ampas kelapanya dan kebanyakan juga bothok itu dari sayuran dan ada juga dari ikan tapi tetap ada ampas kelapanya. Bothok mercon yang satunya ini beda, yang ada hanya kepala ikan dan sambal didalamnya. Kalau dilihat sepintas lalu sih mirip sambel ikan patin bedanya dibungkus daun pisang.

Setelah aku coba, ternyata berbeda dengan pikiranku diawal. Bothok ikan patin ini beda rasanya sama sambel ikan patin. Rasa mantap banget dan dibandingin sama sambel ikan patin enak ini. Mungkin proses masaknya yang bikin ikan patin ini berbeda.

Sesuai namanya “Bothok Mercon”, pedesnya masakan ikan patin ini sampai memerahkan bibir. Teh es yang bermula segelas harus diisi kembali dengan teh yang sudah disediakan diteko. Pedesnya benar-benar mantap, dan Kamu harus nyobain nih kalau lagi main ke sragen.

Oh iya kalau Kamu pingin ke sini, lokasinya di Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya dipinggir jalan besar dekat dengan jembatan. Nih Kamu bisa pakai google maps dengan mengeklik disini. Dari ring road sragen nggak jauh, ya sekitar 3 Km.

Untuk harga seporsi bothok mercon ini mulai dari 10 – 12 ribuan. Harganya masih terjangkau untuk semua kalangan. Bagi Kamu yang ngakunya pecinta kuliner, wajib coba makanan yang satu ini. Kalau nggak jauh dari jogja, bisa sering-sering kesini nih.

Nggak lama setelah menyantap seporsi bothok mercon ikan patin, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jogja. Sampai jogja jam 7 lewat dikit. Dan masih sempat nonton motoGP dulu hehe. Yuk cintai kuliner nusantara, kalau bukan kita siapa lagi?

Macam-macam Minuman Sehat Alami Yang Bagus Untuk Kamu!

Makan dan minum merupakan kebutuhan makhluk hidup tidak terekcuali kita dong ya. Kita pasti membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Agar hidup menjadi baik tentunya makanan dan minuman yang kita makan haruslah baik untuk tubuh. Kita harus bisa memilih makanan dan minuman yang baik adalah makanan dan minuman sehat alami.

Sekarang ini banyak kita jumpai berbagai jenis makanan dan minuman dipasaran. Terutama minuman biasanya banyak yang sudah berbentuk kemasan. Dan kita juga sudah tau bahwa minuman-minuman kemasan biasanya mengandung bahan pengawet. Yang terbaik adalah memilih minuman yang alami. Beberapa minuman yang sehat dan alami seperti:

1. Air Mineral

Yang terbaik dan aman kita konsumsi yaitu air mineral. Air mineral ini merupakan minuman sehat alami yang mudah kita dapatkan. Di setiap warung-warung kecil biasanya menawarkan minuman sehat ini.

Walaupun bentuk kemasan, namun air mineral diproses alami dan bebas dari bahan pengawet. Aman di konsumsi untuk sehari-hari. Dan biasanya air mineral ini juga banyak macamnya. Tergantung harganya semakin baik airnya maka semakin mahal harganya.

2. Susu

Siapa sih yang nggak tau manfaat dari susu. Semua pasti tau bahwa susu banyak mengandung manfaat bagi tubuh kita. Kita di anjurkan minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Terutama mungkin anak-anak diusahakan minum susu.

Susu saat ini juga banyak macamnya, seperti susu sapi, susu, kambung, susu kuda dan yang biasanya dikonsumsi anak-anak adalah ASI. Dan bentuknya juga ada yang masih cairan ada juga yang sudah bubuk. Rasanya juga biasanya ada yang ditambahkan rasa-rasa buah atau coklat dan lainnya.

3. Sari Buah atau Juice

Dan yang ini sudah aku bahas sedikit di artikel beberapa hari yang lalu, yaitu Cold Pressed Juice. Cold pressed juice merupakan minuman dari buah atau sayur-sayuran. Sama seperti juice biasa namun proses pembuatannya saja yang berbeda.

Sari buah atau juice ini baik untuk tubuh kita. Terbuat dari berbagai macam buah dan sayuran tentunya mengandung vitamin yang bagus buat kita. Dan sari buah atau juice ini cocok bagi Kamu yang susah makan buah atau sangking sibuknya nggak ada waktu untuk makan buah.

Beberapa contoh minuman sehat alami diatas bisa Kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dan yang perlu diingat dari minuman diatas biasanya ada yang kemasan. Jika ingin minuman yang sudah kemasan perlu diperhatikan baik atau tidaknya untuk kita. Karena biasanya mengandung bahan pengawet.

Terakhir nih, bagi Kamu yang masih bingung memilih produk minuman yang sehat itu seperti apa, Kamu bisa beli aja di Lemonilo. Disana banyak pilihan minuman sehat alami yang sudah diseleksi secara menyeluruh. Jadi bahan dan kandungan yang sudah dijamin terbuat dari produk-produk alami.

Tempat Bubur Enak Di Jakarta Itu Ta Wan Restaurant

Sejalan dengan program pemerintah yang sedang mengembangkan industry kreatif di negeri ini, para pebisnis di bidang industry kreatif pun terus bermunculan. Mereka hadir untuk meramaikan geliat ekonomi bangsa dengan modal mental wirausaha, kreativitas, dan inovasi mereka dalam hal barang yang akan dijual. Salah satu industry kreatif yang marak sekarang adalah adalah industry kuliner yaitu tempat bubur enak.

Industri ini termasuk pada industry kecil tetapi memiliki perputaran uang yang sangat cepat. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiapmanusia. Walaupun kuliner yang dipilih berupa kuliner tambahan berupa makanan ringan atau jajanan, tetap saja kehadiran kuliner ini sangat dibutuhkan warga. Terutama warga kota yang mempunyai waktu terbatas untuk menyiapkan makanan untuk keluarga di rumah.

Kalaupun di rumah sudah disiapkan makanan pokok, tetap saja jajanan atau makanan ringan yang dijajakan di sebuah warung kaki lima atau sebuah resto masih dibutuhkan untuk mengusir kebosanan. Misalnya saja menu bubur sebagi varian dari nasi yang biasa disantap sehari-hari di rumah. Untuk sekalian berwisata kuliner, kunjungilah tempat makan bubur enak di jakarta.

Mungkin ketika mendengar kata bubur, pikiran Kamu sudah mengira bahwa makanan yang akan disajikan berupa makanan lunak dengan rasa yang sudah biasa. Tentu saja anggapan tersebut akan berubah seketika setelah Kamu mengunjungi tempat bubur enak di jakarta yang berada di tawan restaurant. Baru melihat menu bubur yang disajikan juga, mungkin anggapan rasa bubur yang biasa-biasa saja tersebut sudah hilang sendiri. Karena menu bubur yang disajikan merupakan menu bubur yang susah ditemukan di tempat lain. Misalnya saja:

1. Bubur bebek panggang
2. Bubur sea food
3. Bubur ayam dan phitan
4. Bubur ikan dan phitan
5. Bubur ikan dan sapi
6. Bubur telur asin dan phitan

Jika Kamu penasaran dengan menu bubur di atas, datanglah segera ke ta wan restoran yang terkenal sebagai tempat bubur enak di jakarta. Jika Kamu tidak sempat keluar untuk berkunjung ke restaurant wajib di kunjungi ini, Kamu pun dapat memesannya lewat telepon. Karena ta wan restaurant menyediakan layanan mengantar menu yang dipesan ke alamat tertentu.