Beli Rumah Atau Sewa Rumah Dulu? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini!

Untuk Kamu mungkin yang baru menikah atau mau menikah, biasanya berkeinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Atau juga yang lagi bekerja merantau, pastilah menginginkan menempati rumah sendiri. Pilihannya biasanya ada 2, yaitu beli rumah atau sewa rumah dulu.

Pastilah kita inginnya memiliki rumah sendiri tanpa harus menyewa. Namun beberapa kondisi nggak memungkinkan untuk itu tentunya. Maka sebelum memutuskan hal tersebut, Kamu harus pertimbangan masak-masak keputusanmu.

Berikut beberapa pertimbangan mau beli rumah atau sewa rumah dulu:

1. Lihat Akan Dipakai Jangka Pendek Atau Jangka Panjang

Memiliki hunian berupa rumah dan tanahnya merupakan investasi kalau banyak orang bilang. Benarkah demikian? Ya memang benar namun untuk jangka pendek memiliki rumah sendiri kalau menurutku bukan pilihan yang tepat. Walaupun katanya memiliki rumah adalah investasi.

Jika Kamu hanya menggunakan rumah dalam waktu yang tidak lama, kalau menurutku lebih baik sewa saja. Kenapa? Menjual rumah kebali itu tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk rumah-rumah baru mungkin kita akan mudah membelinya, namun apakah juga akan mudah menjualnya?

Biasanya setiap orang memiliki keinginan tersendiri soal rumahnya. Ingin desain seperti apa, bentuk ruangannya seperti apa dan sebagainya. Biasanya orang lebih suka membangun sendiri dari awal. Kecuali kalau orang yang memang sedang membutuhkan hunis cepat, maka mereka biasanya membeli rumah yang sudah ada.

Di tempat-tempat tertentu menjual rumah mungkin mudah. Namun ditempat-tempat lain yang banyak aku jumpain, menjual rumah nggak mudah. Maka dari itu pertimbangan sebelum memutuskan. Kalau jangka panjang maka saran aku untuk membeli rumah. Kenapa? Biaya sewa kalai dihitung mungkin bisa nggak jauh selisihnya dari beli rumah.

2. Lihat Kondisi Keuangan Saat Ini.

Kita nggak mungkin mengambil suatu keputusan tanpa melihat kondisi kita saat ini. Bagaimana kondisi keuangan kita saat ini. Apakah cukup untuk membeli rumah atau hanya cukup untuk menyewa rumah saja. Perhitungkan dengan benar hal tersebut.

Kita nggak boleh memaksakan apa yang sebenarnya kita nggak mampu hanya untuk memenuhi hawa nafsu belaka. Kalau memang belum mampu maka lebih baik tunda terlebih dahulu. Jika sudah merasa mampu maka tunggu apa lagi langsung beli deh.

3. Cukupkah Tabungan Atau Harus Kredit

Membeli rumah bisa dengan banyar lunas atau sistem kredit. Keduanya sah-sah saja, dan kalau menurutku tentu yang terbaik adalah membayar lunas. Membeli secara lunas tentu tidak akan menimbulkan beban bulanan pada kita. Selain itu juga cara tersebut lebih baik jika ingin terhindar dari riba.

Membeli secara sistem kredit tentu akan menimbulkan beban setiap bulannya. Harus membayar biaya kredit setiap bulannya. Belum lagi masalah ribanya. Kecuali mungkin sistem syariah. Ini harus dipertimbangan baik-baik.

Kalau memang dana belum cukup mungkin belih baik sewa rumah terlebih dahulu. Biaya setiap bulannya atau mungkin sistem tahun jauh lebih ringan. Dan paling tidak kita bisa terhindar dari yang namanya riba.

Itu aja sih beberapa pertibangan yang perlu Kamu pikirkan benar-benar. Setiap langkah yang kita ambil akan berpengaruh ke langkah selanjutnya. Jadi berhati-hatilah mengambil langkah yang benar dan tepat.

Bagi Kamu yang berada di Bandung dan Jakarta dan sedang mencari rumah yang terjangkau, Margahayuland sedang membangun perumahan murah. Salah satu perumahannya, yaitu margahayu bandung. Margahayu bandung dibuat dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lengkap. Kamu bisa memiliki rumah dengan harga terjangkau di margahayu bandung ini.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu. Kalau sanggup beli rumah ya beli dan kalau merasa belum sanggup, sewa rumah merupakan pilihan yang tepat tanpa memaksakan keadaan. Karena hidup nggak hanya soal dunia saja.

Tips Bisnis Sewa Rumah Tanpa Perantara Yang Bisa Kamu Lakukan

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis properti seperti sewa rumah, membuat para pemilik mulai banyak yang memutuskan untuk menyewakan rumah miliknya. Dalam bisnis ini kebanyakan orang lebih memilih meminta bantuan perantara dalam hal ini adalah agen properti yang pastinya akan memudahkan mencari pelanggan tanpa bersusah payah. Namun ternyata masih banyak juga yang enggan meminta bantuan seorang agen dan lebih ingin berbisnis sendiri tanpa bantuan seseorang dan Kamu juga bisa melakukan sewa rumah tanpa perantara.

Berikut beberapa tips bisnis sewa rumah tanpa perantara yang bisa kamu lakukan:

1. Kesabaran

Sebuah hal terpenting dan tidak boleh hilang selama proses ini adalah kesabaran. Dengan menyewakan sendiri tanpa bantuan siapapun pastinya akan membuat pemilik sedikit terbebani karena terus menerima telepon dari calon calon yang masih ingin bertanya tentang rumah itu. Dan juga pemilik diharapkan mampu bersabar agar bisa menerima calon penyewa yang mulai tertarik namun masih ingin melakukan survei keadaan rumah secara langsung.

2. Pastikan kondisi dan juga peminat pasar

Salah satu kesuksesan menyewakan rumah adalah paham dengan kondisi pasar dan juga mengerti apa yang menjadi pertimbangan calon penyewa sebelum sewa rumah. Bagi yang lebih memilih sendiri tanpa bantuan agen, ada baiknya untuk meminta bantuan orang terdekat untuk membantu kelancaran bisnis dengan menyebar berita terkait rumah yang disewakan. Dengan hal ini bisa membuka peluang cukup besar mendapat penyewa yang menjanjikan setelah mendengar mengenai rumah yang disewakan melaui orang terdekat.

3. Manfaatkan internet

Ini sangat penting selama proses mempromosikan rumah yang dimiliki. Dengan menggunakan internet pastinya siapapun dapat mengetahuinya dan mungkin diantaranya terdapat calon penyewa yan ideal. Pemasaran menggunakan situs properti pun dapat menjadi salah satu pilihan utama karena memang peminat serius lebih tertarik mencari langsung dari situs yang terpecaya. Selain itu masih bisa menggunakan media sosial dapat memudahkan dalam mencari calon penyewa yang berminat, karena memang media sosial punya pengguna yang sangat banyak dan tanpa disadari iklan semakin tersebar dari waktu ke waktu.

Dengan ini menjadi akhir dari beberapa tips untuk bisnis rumah dijual di bandung secara langsung tanpa bantuan dari pihak agen properti.

Tips Sewa Rumah Secara Harian Buat Kamu Yang Lagi Mau Liburan

Saat ini binis sewa rumah sudah bertumbuh dengan sangat cepat dan tanpa disadari terus menjamur dari waktu ke waktu. Peminat pun semakin banyak karena saat ini tinggal di rumah dijual di jakarta menjadi sebuah trend yang semakin banyak pengikutnya, meskipun bukan hanya itu alasannya namun memang tinggal dirumah mempunyai banyak kemudahan. Dan bahkan saat ini mulai terdapat banyak sewa rumah secara harian yang bisa dimanfaatkan ketika sedang berlibur maupun untuk keperluan lainnya.

Berikut ini tips untuk sewa rumah secara harian buat Kamu yang lagi mau liburan:

1. Keamanan sangat penting dalam penyewaan ini, tidak peduli harian maupun bulanan pastinya siapaun ingin punya kenyamanan dan ketentraman selama menghabiskan waktu dirumah. Dan lagi bisa dibilang rumah adalah salah satu tempat dengan penjagaan cukup ketat, jadi selalu pastikan bahwa keamanan dari rumah Kamu terjaga dengan baik sehingga tidak ada hal buruk yang mungkin terjadi.

2. Kepercayaan menjadi titik berat selanjut dalam sistem sewa rumah secara harian. Karena hanya menyewa secara harian pastinya butuh kepercayaan besar dari kedua belah pihak, dan sebagai pihak penyewa selalu pastikan tingkat kepercayaan dari pemilik semala menyewakan rumahnya. Untuk hal ini bisa didapatkan melalui rekomendasi orang yang sudah pernah menyewa rumah itu maupun bertanya pada orang yang mengenal pemilik tentang kepribadian dari pemilik itu. Jika Kamu sudah percaya terhadap pemilik pastinya akan membuat nyaman selam memtuskan menginap di rumah itu.

3. Lingkungan disekiar rumah sangat berpengaruh terhadap rumah yang akan disewa. Walaupun hanya beberapa hari saja tinggal di rumah itu, namun jika lingkungan disekitar tidak kondusif dan meyakinkan keamanannya pastinya Kamu akan berpikir 2 kali untuk memtuskan menyewa. Selain itu kondisi didalam ruangan juga sangat berpangruh terhadap tingkat kenyamanan selama menyewa rumah, jika penataan rumah ini bisa sangat rapih dan membuat Kamu sebagai calon penyewa merasa nyaman maka tidak ada salahnya untuk menyewanya.

Sekianlah beberapa tips yang dapat memudahkan sewa rumah dengan sistem harian yang mungkin masih sulit menjatuhkan pilihannya pada sistem ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu yang sekarang lagi merencanakan liburan dalam waktu dekat.

Nih Tips Singkat Mencari Sewa Rumah Yang Diharapkan

Saat ini semakin banyak warga perkotaan yang memutuskan untuk sewa rumah sebagai pilihan utama saat tinggal dikota kota besar. Selain karena sedang menjadi gaya hidup yang begitu ramai peminatnya, akses cepat yang ditawarkan oleh kawasan rumah membuat peminat semakin besar. Namun mencari rumah yang sesuai dengan keinginan masih sangat sulit terutama jika salah dalam metode yang digunakan untuk mencarinya sehingga kesulitan mendapat rumah yang diharapkan. Karena berbagai hal itu, mungkin ada sedikit tips yang bisa diberikan untuk membantu mencari rumah dijual di surabaya yang memang sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.

Berikut ini tips singkat mencari sewa rumah yang hiharapkan:

1. Cari info melalui internet

Langkah termudah yang bisa dilakukan adalah mengakses melalui internet dan mencari rumah yang sesuai selera. Dan tentu saja cara ini cukup sederhana dan juga mudah sehingga siapapun bisa mencari tahu dengan lengkap rumah yang mungkin menjadi pilihan. Memang sedikit sulit dengan banyak rumah yang juga ditawarkan namun punya harga cukup mahal, namun dengan sedikit kejelian selama mencari informasi bukan tidak mungkin mendapat rumah yang sesuai.

2. Kunjungi lokasi rumah

Langkah ini sangat wajib hukumnya jika rumah yang diharapkan sudah ditemukan. Mengunjungi dan mencari tahu secara langsung sebelum sewa rumah yang menarik perhatian sangat diharuskan agar tahu secara pasti keadaan rumah. Dan juga dengan mengunjungi secara langsung dapat menghindari penipuan yang mungkin terjadi selama proses pencarian rumah sesuai harapan. Dan juga selama survei, memastikan fasilitas yang ditawarkan dan keadaan ruangan secara mendetil dan tidak melewatkan bagian apapun.

3. Buka situs properti

Sebagian orang pasti lebih ingin cara yang tidak menguras tenaga seperti datang langsung, karena itu mencari melalui situs properti bisa menjadi pilihan dengan banyak pilihan yang tersedia. Dan lagi beberapa diantaranya terkadang menampilkan informasi secara lengkap dari mulai keadaan rumah hingga fasilitas yang diberikan pastinya memudahkan calon penyewa memutuskan pilihan rumah yang sesuai harapan. Yang terpenting adalah kesabaran selama mencari di situs properti pasti akan membuahkan hasil rumah yang diharapkan

Dengan ini berakhir beberapa tips sederhana yang dapat digunakan saat mencari sewa rumah yang memang sesuai dengan harapan. Semoga bermanfaat buat Kamu semuanya ya guys.

Perumnas: Solusi Memiliki Rumah Subsidi Dari Program Sejuta Rumah

Mempunyai rumah sendiri merupakan idaman setiap orang. Namun tidak semua orang memiliki kesempatan ini. Harga rumah khususnya setiap tahunnya selalu naik. Semakin menunda membeli rumah, maka akan semakin sulit untuk memiliki rumah idaman. Ada satu cara untuk memiliki rumah yang terjangkau, yaitu rumah subsidi dari program sejuta rumah.

Program setuja rumah itu apasih? Program sejuta rumah merupakan gerakan atau program pemerintah yang bekerjasama dengan berbagai lapisan untuk mewujudkan hunian khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kriteria masyarakat berpenghasilan rendah ini berkisar antara 2,5 juta sampai 4 juta perbulan. Jadi bagi Kamu yang masih berpenghasilan masuk kriteria ini, bisa nih memanfaatkan program sejuta rumah yang digagas pemerintah.

Dalam rogram sejuta rumah ini tentu harga yang ditawarkan menarik jika dimiliki oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Karena rumah yang dijual merupakan rumah bersubsidi. Jadi harganya lebih murah dari rumah-rumah yang dijual pada umumnya.

Umunya harga rumah bersubsidi ini dihargai berdasarkan lokasi yaitu antara 100 juta sampai 200 juta. Harga tersebut tergantung lokasi wilayah yang ditentukan. Untuk lokasi dipulau jawa relatif murah, harganya dibawah 150 jutaan. Dibeberapa wiayah luar pulau jawa juga masih dibawah 150 jutaan, kecuali lokasi-lokasi tertentu.

Rumah subsidi dari program sejuta rumah ini bisa dimiliki menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Uang muka mulai 1% dengan suku bunga 5% tetap selama jangka waktu KPR. Jangka waktu KPR yang bisa Kamu ajukan sampai 20 tahun lho. Sangat memudahkan bagi Kamu yang benar-benar ingin memiliki rumah idaman.

Dimana saya bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki rumah subsidi dari program sejuta rumah? Seperti judul diatas, salah satu caranya untuk mendapatkan rumah rumah subsidi dari program sejuta rumah adalah dari perumnas. Perumnas merupakan salah satu pengembang yan terlibat untuk menyukseskan program ini.

Untuk mendapatkan kesempatan ini, Kamu bisa langsung mencari informasi seputar program sejuta rumah ini langsung ke Perumnas. Perumnas pasti akan senang hati untuk memberi tahu kepada Kamu mengenai program ini. Selain itu, Kamu juga bisa langsung ke Bank yang ikut berpartisipasi dalam program untuk menanyakan rumah subsidi ini. Beberapa pameran properti juga terkadang ada informasi seputar program ini.

Syarat yang harus dilengkapi untuk memiliki rumah dari program ini juga sama seperti kalau membeli rumah pada umunya. Yang membedakan hanya membatasi kepemilikan pada masyarakat yang penghasilan tetap maupun tidak tetap dibawah 4 juta rupiah. Selebihnya seperti surat keterangan tidak memiliki rumah, punya NPWP, ya dokumen lain pad umunya.

Selain syarat diatas yang salah satunya berpenghasilan rendah, syarat yang lain adalah belum pernah menerima subsidi perumahan. Jadi program ini memang benar-benar bagi mereka yang belum memiliki hunian sendiri. Bagi Kamu yang belum punya rumah, ini salah satu kesempatan terbaik.

Enggak tau kenapa memang informasi seperti ini kurang tersebar sepertinya dimasyarakat. Aku sendiri pernah dengar tentag program sejuta rumah ini, namun gimana implementasinya dilapangan belum jelas sampai adanya artikel ini yang menjelaskan sedikit tentang program ini. Dengan adanya sedikit ulasan ini tentu harapannya Kamu mengetaui tentang adanya program ini.

Program ini bermanfaat banget dan jadi solusi bagi yang menginginkan rumah sendiri. Mungkin selama ini masih ngontrak atau masih tinggal bersama mertua atau orang tau, dengan adanya program ini ada solusinya. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan kalau ingin tau lebih jelas, Kamu bisa langsung ke pengambangnya salah satunya Perumnas.