Umbul Ponggok: Tempat Snorkeling Air Tawar Dan Renang Paling Asik

Beberapa waktu lalu aku udah pernah nulis tentang “Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta“. Dan sekarang aku akan sharing aja sih tentang tempat snorkeling yang juga nggak jauh dari Yogyakarta dan ini agak beda dengan pantai ngambor. Apa bedanya? Bedannya kali ini adalah tempat snorkeling air tawar yaitu umbul ponggok.

Kamu udah pernah dengar nama umbul ponggok? Tempat wisata ini merupakan tempat yang bisa dibilang sebagai tempat mandi, berenang, foto-foto, dan snorkeling. Umbol ponggok ini bisa dibilang seperti kolam untuk mandi namun ada ikannya. Dan hal ini yang membuat tempat ini salah satu tempat untuk objek foto yang menarik.

Sebenarnya aku udah lama nggak kesana dan terakhir itu beberapa tahun yang lalu. Namun baru sekarang sempat untuk membahasnya buat Kamu. Tempat ini pas banget bagi Kamu yang pingin main air.

Keistimewaan umbol ponggo ini kalau menurutku adalah airnya yang bersih dan seger banget. Berbeda dengan kolam-kolam renang yang airnya udah ada campurnnya, kolam yang satu ini airnya murni langsung dari sumber mata air. Jadi benar-benar menyejukkan banget dan nggak bikir mata perih.

Tempat ini luas banget untuk sebuah tempat pemandian dan dalam juga. Mungkin kedalamannya ada yang 3 meter dalamnya, terutama ditengah. Namun bagi Kamu yang nggak bisa berenang jangan kawatir, banyak tempat penyewaan pelampung disitu.

Karena airnya bening banget sebening air mineral, maka kalau Kamu nyelam akan melihat banyak ikann dan ada bebatuan-bebatuan. Ini yang membuat umbul ponggok paas banget untuk tempat snorkeling air tawar. Tinggal sewa peralatan snorkeling dan kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan tempat ini.

Didalam air, kita juga bisa foto-foto ya karena air yang bening banget tadi. Dan aja juga yang foto prewedding disini. Selain itu ada juga yang foto dengan motornya didalam air. Dan apapun gaya bisa dilakukan disitu.

Umbul ponggok ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kalau dari Kota Jogja, jaraknya kurang lebih 40 Km yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam lebih dikit. Dan kalau dari Kota Solo berjaarak kurang lebih 25 Km atau 1 jam perjalanan.

Karena udah lama nggak kesana, nggak tau suasana sekarang seperti apa. Tapi kalau dulu ya seperti foto virtual reality yang udah aku masukkan ke google street view. Kamu bisa dilihat dengan jelas seperti apa tempatnya. Dan sangat menarik, sayangnya aku belum berkesempatan lagi untuk kesana.

Bagus ya? dan terlihat luas banget. Dan untuk aksesnya kesana juga nggak susah. Jalannya bagus dan mudah ditemukan tempatnya. Letaknya persis di pinggir jalan. Kalau untuk kendaraan umu aku kurang tau, ada tau nggaknya.

Bagi Kamu yang lagi liburan di Jogja dan nggak ada salahnya meluangkan waktu ke tempat ini. Boleh kok nyelam sambil minum air. Airnya banyak jangan kawatir kehabisan hehe. Dan aku saranin kalau kesana pagi atau sore hari, kalau siang panas.

Kalau Kamu dari jogja nanti setelah ke tempat ini, pulangnya bisa mampir ke tempat wisata jogja seperti candi. Arah pulang dari umbul ponggo ni Kamu bakal melewati banyak candi-candi. Terumata candi prambanan, ada candi plaosan lor dan plaosan kidul.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan Kamu jadi pingin kesana. Tempat snorkeling air tawar ini pas banget untuk mengisi liburan akhir pekanmu. Selamat berlibur guys.

Embung Nglanggeran: Tempat Ideal Untuk Hunting Foto Dan Liburan Dengan Pasangan

Ceritanya hari sabtu minggu lalu jalan-jalan ke Gunung kidul. Mau tau kemana? Pasti Kamu udah tau ya, aku kemarin sabtu ke embung nglanggeran sesuai dengan judul postingan ini. Seperti apasih embungnya dan apa aja yang ada disana? Yuk jangan bosen baca postingan ini sampai habis ya.

Aku liburan ke embung nglanggeran ini sabtu pagi berangkat dari rumah sekitar jam 8 an. Sampai sana kurang lebih jam 10 an kalau nggak salah. Padahal jarak dari kota Yogyakarta ke tempat ini kurang lebih 30 Km. Lama ya? soalnya mampir ke SPBU dulu dan sarapan dulu di jalan. Dan tau sendiri jalan arah gunung kidul nggak memungkinkan kebut-kebutan. Karena lebih mengutamakan keselamatan, jadi ya nyantai aja. Toh kan tujuannya juga mau liburan.

Posisi atau lokasi embung nglanggeran ini di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau kalau Kamu tau lokasi gunung purba, tempatnya nggak jauh dari situ kurang lebih 1 km. Nanti masuk melalui jalan yang nggak terlalu besar kurang lebih 1 km juga.

Embung nglanggeran ini posisinya persis diatas bukit. Mungkin dulunya bukit testus di potong atasnya dan digali dan jadilah embung ini. Karena lokasinya nggak jauh dari gunung purba, maka dari embung ini juga terlihat gunung purbanya. Dan sebaliknya embungnya juga terlihat dari atas gunung purba.

Seperti yang diceritakan diatas, aku sampai sana jam 10 an pagi. Lansung masuk le objek wisata ini dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000,-/orang + Rp 2.000 parkir motor. Kalau untuk parkir mobil kurang tau soalnya nggak lihat. Tarif tersebut ternyata hanya berlaku untuk siang hari. Kalau malam beda lagi, kalau nggak salah beda Rp 5.000,- jadi Rp 15.000,-/orangnya.

Kenapa mahal bisa lebih mahal? Karena kalau malam pemandangannya lebih menakjubkan. Disekelilingnya ada lampu-lampu yang menghiasinya. Selain itu, Kamu bisa melihat kelap-kelip cahaya dari bangunan-bangunan yang ada di sekitaran Jogja. Ya sesuai dengan apa yang akan Kamu dapatkan sih.

Sebenarnya aku sendiri nggak pertama kali kesini, dulu tahun 2015 pernah kesini tapi tujuan utamanya ambil foto virtual reality. Dan kemarin ceritanya jalan-jalan sambil nganterin jalan-jalan juga. Ya hanya murni jalan-jalan dan sedikit ambil foto dari smartphone.

Dari 2 tahun lalu sampai terakhir sabtu kemarin, aku melihat nggak banyak yang berubah dari tempat ini. Masih sama bagusnya dan masih tertata rapi juga. Mungkin ada beberapa penambahan-penambahan tempat istirahat dan beberapa anak tanggak juga dibuat berbeda. Selain itu, sekarang kita bisa foto-foto dari atas seperti yang lagi kekinian.

Embung nglanggeran ini salah satu objek yang pas banget buat hunting foto. Viewnya bagus banget, ada embungnya yang airnya berwarna kehijauan. Ada gunung purba yang begitu mempesona dan ada pemandangan khas dari ketingginan.

Kalau Kamu lagi liburan ke Jogja, kurang pas kalau kamu nggak kesini. Kenapa? Kerena sekitaran embung ini banyak tempat wisata-wisata menarik lainnya. Ada yang air terjun, gunung, lengkap sudah semua ada disitu. Air terjun nggak jauh dari embung ini ada air terjun kedung kandang dan air terjun talang purba. Dan agak jauh dikit tapi masih mengarah satu jalan ada curug gedhe.

Tunggu apa lagi, yuk langsung main kesana. Itung-itung meramaikan objek wisata daerah sendiri. Nggak perlu rogoh kocek dalam-dalam dan nggak perlu butuh waktu lama untuk perjalanan. Kita udah bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Oh iya, pulannya belum diceritain ya hehe. Aku di embung ini nggak lama, disana cuma lihat-lihat bentar sambil foto-foto. Jam 12 an kalau nggak salah udah menuju arah pulang. Dan nggak jauh dari tempat ini ternyata tiba-tiba hujan guys. Alhasil harus pakai mantel sampai perempatan patuk.

Tips yang mau liburan, karena akhir-akhir ini sering hujan, jangan lupa selalu bawa mantel. Nggak mau dong terjebak hujan dikala liburan atau istilahnya “kancilen”. Dan satu lagi, jangan lupa bahagia guys. Karena liburan itu untuk membahagiakan diri kita yang mungkin kurang bahagia. Selamat berlibur.

5 Cara Mengisi Liburan Dengan Hal-Hal Yang Bermanfaat

Bagi beberapa orang mungkin waktu liburan sudah berakhir. Namun untuk sebagian lagi masa liburan baru akan dimulai. Misalnya saja mahasiswa, sekaranglah waktunya untuk liburan setelah berkutat dengan ujian. Dan berbagai cara mengisi liburan tentu akan dilakukan sebagai balasan beberapa bulan berkutat dengan tugas dan tugas.

Waktu liburan yang relatif panjang, nggak mau dong Kamu habiskan begitu saja tanpa berkesan. Liburan nggak hanya malas-malasan dirumah aja. Atau main kesana kemari tanpa tujuan yang jelas. Untuk itu buatlah liburanmu bermanfaat dan menyenangkan. Syukur-syukur ada hasil yang bisa bermanfaat.

Berikut 5 cara mengisi liburan dengan hal-hal yang bermanfaat:

1. Kerja Part Time Atau Freelance

Dari pada nganggur nggak jelas saat liburan yang cukup panjang. Kamu bisa gunain waktumu untuk mencari urang. Bisa kerja part time atau menjadi freelancer. Untuk job freelance bisa ditemukan dibanyak situs penyedia job-job freelance. Tawaran-tawaran menarik yang bisa menambah uang jajan atau bisa untuk bayar SPP kuliah.

Atau mungkin menekuni atau mengurus blog yang selama nggak sempat keurus. Apapun itu asal bermanfaat buat Kamu dan positif dapat dilakukan untuk mengisi liburan. Masa liburan bisa Kamu manfaatin buat cari tambahan. Dari pada liburan ngeluarin banyak uang kan mending gimana caranya uang datang ke kita.

2. Menekuni Bidang Hobi Yang Tertunda

Hobi terkadang bisa menyita waktu kita. Kalau pas ada perkuliahan nggak memungkinkan kita untuk menekuni hobi. Maka saat liburan inilah waktu yang tepat untuk melakukan hobi yang kita senangi. Misal Kamu hobi naik gunung, atau traveling, atau touring jarak jauh, Kamu bisa lakukan sekarang.

Beberapa hobi memang membutuhkan waktu yang dapat menyita pekerjaan kita. Nggak mungkin meninggalkan sesuatu yang penting demi hobi kita. Dengan adanya liburan seperti saat ini, Kamu boleh puasin hobimu yang paling disuka. Dan yang terpenting jangan lupa bahagia.

3. Melakukan Sesuatu Yang Belum Sempat Dilakukan Saat Ada Kuliah

Kamu pingin kursus bahasa inggris? kursus makas? kursus jahit? atau hal-hal lainnya yang belum sempat terlaksana? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan apa yang Kamu suka. Kamu bisa mengerjakan itu semua agar liburanmu lebih bermanfaat.

Atau mungkin bagi Kamu yang anak kos, yang sekarang liburan dengan mudik ke kampung halaman. Kamu bisa puas-puasin membantu pekerjaan orang tua. Mumpung dirumah, manfaatin sebanyak-banyaknya waktumu untuk berbakti pada kedua orang tuamu. Jangan kebanyak tidur aja kalau dirumah.

4. Ibadah Umroh

Biasanya mulai bulan desember sampai bulan ramadhan adalah waktu dimana banyak umat muslim mengerjakan ibadah umroh. Bertepatan liburan ini, Kamu bisa manfaatin waktumu dengan umroh ketanah suci. Liburan jadi lebih bermanfaat karena diisi dengan ibadah.

Untuk Kamu yang lagi mau umroh dan bingung dengan banyaknya pilihan travel umroh yang menawarkan paketan yang menggiurkan. Kamu bisa memanfaatkan travel umroh Abutours. Abutours merupakan travel umroh terbaik di jakarta. Kamu bisa lihat semua tawaran menarik paket travel umroh diwebsitenya langsung.

5. Traveling Ke Tempat-Tempat Yang Memiliki Banyak Wawasan

Kalau Kamu bosan liburan dirumah terus, Kamu bisa traveling ke tempat-tempat yang memiliki banyak wawasan untuk Kamu nantinya. Misal Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperi candi, istana kerajaan, museum, dan tempat-tempat lainnya. Ke tempat-tempat yang menyenangkan boleh asal ada manfaatnya dong buat Kamu.

Itu tadi 5 cara mengisi liburan dengan hal-hal yang bermanfaat. Kamu bisa lakukan salah satunya atau malah semuanya. Karena terlalu sayang kalau liburan hanya diisi dengan banyak berguling-guling diatas kasur saja. Buatlah dirimu bermanfaat bagi Kamu sendiri atau bagi orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat ya dan berikan komentar jika Kamu punya cara lain untuk mengisi liburan.

Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta, Kamu Harus Coba!

Ceritanya udah agak lama nggak liburan, dan kemarin pas bertepatan tanggal merah 12 Desember aku nyempatin untuk jalan-jalan. Karena udah lama nggak ke pantai, maka diputuskan untuk liburan main ke pantai di Gunung Kidul, yaitu pantai nglambor yang bisa untuk tempat snorkeling.

Ada yang tau pantai nglambor? Atau udah pernah pergi kesana? Pantai nglambor ini sepertinya belum lama dikenal banyak masyarakat. Aku sendiri belum lama tau tentang pantai ini. Taunya cuma pernah dengan ada pantai di Gunung Kidul yang bisa untuk tempat snorkeling.

Dan baru minggu lalu kesampaian, diniatin kesana untuk mencoba dan melihat apakah desas-desus itu benar adanya. Yup setelah sampai sana ternyata benar, bahwa pantai nglambor ini bisa untuk tempat snorkeling. Kok bisa? Padahal kan pantai di Gunung Kidul rata-rata banyak karang dan berbahaya kalau untuk berenang apalagi snorkeling? Sabar, pantai ini memang bisa dan aku udah coba dan akan aku jelasin.

Pantai nglambor ini seperti pantai pada umumnya yang ada di Gunung Kidul. Banyak batu karangnya, ombaknya besar dan udah mulai ramai hehe. Kenapa bisa untuk snorkeling? Jadi bentuk pantainya itu ada seperti pulai karang yang ada didekat pantai. Jadi pantainya berbentuk hampir seperti huruf “U”. Ditengah-tengahnya kita bisa berenang ria sambil lihat ikan kecil-kecil dan aman pastinya.

Aku sampai sana sekitar jam 11 pagi dan terik matahari sudah hampir diatas kepala. Karena udah sampai sana jadi walaupun panas, mau nggak mau tetap kudu nyobaik snorkeling disana. Kebetulan pakai motor dari Jogja dan dengan waktu tempuh yang lumayan.

Pantai nglambor ini terletak di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta berjarak 70 an Kilometer. Untuk waktu tempuhnya aku berangkat jam 08.30 Wib dan sampai sana 11.00 Wib. Kurang lebih 2 jam perjalanan, karena ada berhenti isi bensin sama sarapan dulu.

Jalan menuju kesana ya searah jika pernah ke pantai indrayanti, sundak, baron dan kawan-kawannya. Pantai ini dekat dengan pantai siung dan pantai wedi ombo. Dekat-dekat situ memang banyak pantai baru-baru. Dan salah satunya yang baru ya pantai nglambor ini.

Untuk akses jalan menuju kesana sih nggak masalah. Yang masalah nanti masuk kearah pantainya, kalau pakai mobil nggak bisa. Jadi mobile parkir dipinggir jalan gitu dan sudah ada tempat parkirnya. Kalau untuk motor bisa masuk sampai ke parkiran di pantai. Solusi yang bawa mobil, Kamu bisa jalan kaki atau bisa naik ojek. Jaraknya lumayan kalau jalan kaki dengan jalan yang naik turun dan kalau naik ojek juga murah kok, hanya 5000 rupiah saja sekali jalan.

Sampai sana aku duduk-duduk sebentar sambil nunggu antri mau snorkelingnya. Alatnya ada yang menyewakan dan satu paket semua dengan foto-foto didalam air. Alatnya ada pelampung, kacamata, selang untuk pernafasan (nggak tau namanya apa), ada sepatu juga. Kemarin satu paket semuanya perorang 50 ribu rupiah + udah dapat foto-foto didalam air yang dikirim ke email kita.

Kalau nggak nyewa juga nggak masalah, Kamu tetap bisa berenang disana tapi mungkin lebih aman jika pakai peralatan lengkap. Ombaknya lumayan besar walaupun masih aman buat kita snorkeling. Namun dibagian bawahnya ada batu karang yang kalau Kamu nggak hati-hati bisa luka nanti kakinya.

Aku sendiri awalnya karena sangking senengnya kurang hati-hati dan kaki pun jadi korban bergesekan dengan batu karang. Sakit? sakitnya pas berenang nggak terlalu, pas udah selesai baru terasa bagian mana aja yang sakit. Tapi walaupun begitu tetap seru dan pingin nyobain lagi.

Mungkin saran bagi yang belum kena dan mau kesana. Sebisa mungkin pakai celana panjang dan dan kaos lengan panjang. Untuk menghindari lecet-celet akibat benturan dengan batu karang. Selain itu juga biar kulitnya nggak gosong akibat terik matahari.

Oh iya belum diceritain ya pengalaman snorkelingnya gimana. Pas kesana sih mungkin karena hari libur dan pasti ramai, adi airnya agar keruh nggak bening. Mungkin ini bisa karena ombak juga atu mungkin karena banyak orang. Dibawahnya hanya ada batu karang dengan ikan-ikan kecil. Kalau terumbu karangnya nggak ada ya kalau aku lihat. Dan tempat snorkeling ini nggak terlalu dalam mulai dari sepinggang sampai sepundak.

Pantai nglambor ini cocok banget bagi Kamu yang pingin ngerasain snorkeling di pantai Jogja. Mungkin Kamu juga udah pernah lihat foto-fotonya di google banyak. Dan tempat ini bagus banget buah ngisi liburan, apalagi ini udah mulai liburan ya guys.

Itu aja sih liburan kemarin di pantai nglambor yang bisa untuk tempat snorkeling. Sebenarnya kemarin ada ke pantai lain yang bagus juga, tapi lain kali mungkin ya. Pantai di Gunung Kidul ini rekomended banget buat Kamu yang pingin liburan dan main air.

Biayanya termasuk relatif murah dari mulai biaya retribusi cuma 5 ribu itu untuk beberpa pantai. Parkiran juga cuma 2000 aja dan biaya makan juga murah-murah kalau untuk mahasiswa. Jangan kawatir, liburan kesana nggak bikin kantong boros. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.

5 Alasan Kenapa Liburan Di Dalam Negeri Masih Lebih Menarik

Destinasi liburan aku rasa semua pasti bagus. Antara di luar negeri dengan di dalam negeri tentu nggak kalah bagus. Bahkan malah kadang tempat wisata yang terbaik itu ada di Indonesia atau di dalam negeri sendiri. Namun apakah liburan di dalam negeri masih lebih menarik?

Pertanyaan tersebut tentu akan berbeda jawabannya antara individu satu dengan lainnya. Kalau misal yang sudah keliling Indonesia tentu akan menarik jika pergi keluar. Namun sebaliknya kalau tempat wisata didalam negeri baru beberapa saja yang dikunjungi tentu lebih menarik didalam negeri.

Selain itu juga mungkin ada pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk seseorang memutuskan mau liburan kemana. Inti dari liburan itu kan untuk bahagia. Maka dimana tempatnya asal bahagia tentu namanya liburan. Namun apasih yang membuat liburan di dalam negeri masih lebih menarik?

Berikut 5 alasan kenapa liburan di dalam negeri masih lebih menarik dari diluar:

1. Tidak Ribet Ngurus Administrasi

Pergi keluar negeri dengan hanya di dalam negeri negeri tentu berbeda. Masing-masing negara memiliki kebijakan masing-masing. Kita tidak bisa seenaknya sendiri memasuki negara lain seperti kita berpindah-pindah ke suatu daerah di dalam negeri.

Untuk liburan keluar negeri tentu kita akan membutuhkan yang namanya paspor dan VISA. Semunya tentu diurus sebelum keberngkatan. Tanpa keduanya maka kita tidak akan bisa masuk ke wilayah negara lain. Sedangkan di dalam negeri tidak membutuhkan dokumen tersebut.

Jadi kalau liburan di dalam negeri tentu kita nggak ribet ngurus administrasi apapun. Tinggal berangkat aja asal tiket perjalanan dan tujuan sudah ada, semuanya bisa terlaksana. Berbeda dengan kita yang akan liburan keluar negeri.

2. Tidak Membutuhkan Waktu Lama Untuk Persiapan

Mengurus dokumen seperti diatas tentu membutuhkan waktu. Selain itu bisanya persiapannya jika kita akan keluar negeri dengan bepergian didalam negeri tentu berbeda. Kalau di dalam negeri nggak butuh waktu lama untuk mempersiapkan segalanya.

Bagi orang yang males ribet, tentu enakan liburan di dalam negeri. Nggak perlu banyak ngurus ini dan itu. Tinggal langsung berangkat saja bisa. Kalau keluar negeri tentu persiapannya harus matang, nanti mau kemana, ngapain aja dan macamnya. Kerana yang kita kunjungi merupakan negara berbeda.

Belum lagi nanti harus menukarkan mata uang. Ya kesana dan kemari yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Jadi dengan begitu, liburan di negeri sendiri masih menarik kalau buat Aku. Jujur aja, masih banyak tempat wisata dinegeri ini yang belum dikunjungi.

3. Lebih Murah

Yang ini pasti semua orang setuju, liburan di dalam negeri lebih murah dari segi biayanya. Dari mulai biaya transfortasi, akomodasi, biasanya makan, oleh-oleh dan kawan-kawannya tentu akan lebih murah kalau di negeri sendiri. Selai itu, kita juga nggak perlu menukarkan mata uang kita.

Tapi mungkin ada tempat liburan diluar negeri yang bisa dibilang setara untuk biayanya. Namun yang biayanya murah tentu lokasinya hanya tetangga negara saja. Kalau mau yang jauh-jauh macam ke eropa tentu biayanya nggak murah.
Gimana? masih manarik di dalam negeri bukan?

4. Tujuan Wisata Banyak Yang Menarik

Tujuan wisata di Indonesia juga nggak kalah menarik jika dibandingkan dengan diluar. Seperti pulau bali yang sudah dikenal secara internasional. Pantai bali salah satu yang jadi tujuan utama. Selain itu juga banyak lagi hal-hal yang membuat bali itu menarik. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang wisata bali di websitenya Indonesia Travel.

Selain dibali juga masih banyak tempat wisata yang nggak kalah menariknya. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang bagus-bagus. Terutama wisata alamnya yang memang sangat menakjubkan. Kalau dibandingkan dengan laur negeri ya masih setaralah.

5. Nggak Banyak Penyesuaian

Kalau liburan di negeri sendiri itu nggak banyak pernyesuaian. Misalnya dari segi bahasa, makanan, budaya dan lain sebagainya. Yang paling banyak butuh penyesuaian tentu hal makanan. Di Indonesia kita mudah mencari makanan halal yang cecok dengan lidah kita. Kalau diluar yang dibeberapa negara islam menjadi minoritas tentu mencari makanan halal nggak semudah disini.

Itu aja sih 5 alasan kenapa liburan di dalam negeri masih lebih menarik dari diluar negeri. Mungkin Kamu juga memiliki alasan tersendiri. Misalnya agar lebih mencintai tanah air. Untuk menikmati liburan yang berkualitas ngak perlu jauhh-jauh keluar negeri sebenarnya. Banyak kok destinasi wisata yang menakjubkan.

Lihat deh di websitenya Indonesia Travel, banyak banget tempat wisata yang menarik-menarik. Aku sendiri masih sedikit banget mengunjungi tempat wisata yang ada. Pingin sih liburan keliling Indonesia. Mudah-mudahan suatu saat bisa ya aku keliling Indonesia. Itu aja sih ya, semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.