Theme Terbaik

Image: wordpress.org

Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis WordPress

Theme terbaik untuk blog di wordpress apasih? Pertanyaan itu pasti akan berbeda-beda jawabannya tergantung dengan persepsi masing-masing si penjawab. Kalau ada aku diatanya demikian, maka aku akan jawab theme terbaik untuk blog berbasis wordpress adalah Twenty Eleven.

Kenapa? padahal theme wordpress ini bisa terbilang jadul karena keluaran 2011 yang sebenarnya sudah mengalami kebaruan terus menerus. Alasannya karena Twenty Eleven ini memberikan sesuatu yang tidak dimiliki theme terbaru saat ini. Walaupun theme resmi dari WordPress sudah ada yang Twenty Sixteen, namun aku merasa yang terbaik tetap Twenty Eleven khususnya untuk blog personal seperti blog ini.

Berikut alasan kenapa Twenty Eleven menjadi theme terbaik untuk blog berbasis wordpress:

1. Performanya Bagus Dan Cepat

Yang terpenting dalam sebuah web menurut aku adalah yang memiliki performa bagus. Seberapa bagusnya sebuah desain web kalau performanya jelek buat apa. Desain memang pentin, namun performa lebih penting kalau menurutku. Pengunjung akan berpaling jika performa webmu jelek.

Twenty Eleven ini tergolong salah satu theme yang mempunya kecepatan loading yang cepat. Kamu bisa cek di tools.pingdom.com atau di PageSpeed Insights, coba lihat hasilnya pasti memuaskan. Walaupun mungkin bukan yang tercepat, tapi sudah sangat cukup untuk menjadi andalan sebuah blog.

Memiliki blog dengan performa bagus dan cepat diakses suatu keharusan. Pengunjung tidak ingin banyak menunggu untuk membuka sebuah blog kalau memang blog tersebut menyajikan konten yang benar-benar penting. Dan kalau tidak salah, kecepatan atau performa sebuah web juga berpengaruh terhadap SEO. So, Twenty Eleven salah satu yang memiliki performa yang ok banget.

2. Desain Sederhana

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam sebuah theme adalah desainnya. Twenty Eleven menyajikan desain yang sederhana dan nggak neko-neko. Nggak bagus-bagus banget dan nggak jelek-jelek banget. Kalau untuk theme blog personal udah cukup bangetlah.

Tapi memang ada sedikit kekurangan pada Twenty Eleven yaitu tidak adanya fitur read more di theme default. Akibatnya 1 artikel postingan bisa tampil semua satu halaman di halaman beranda. Solusinya tentu mengedit sendiri seperti yang aku lakukan pada theme Twenty Eleven di blog ini.

Pada blog ini aku nggak langsung edit di themenya, tapi buat lagi untuk menimpa template default atau yang disebut theme child. Jadi themenya ada dua dong? yup, gunanya kalau ada pembaruan theme Twenty Eleven dari wordpress, tentu nggak bakal ngerubah apa yang telah kita edit.

Selain itu juga ada beberapa penambahan seperti tampilan postingan yang disebelah kanan pada home, tombol share, related post dan lain-lainnya. Theme Twenty Eleven ini juga mudah untuk dimodifikasi. Aslinya sih sudah bagus, namun untuk aku pribadi masih perlu ada penambahan sana-sini.

3. Mobile Friendly

Kalau jaman dulu mungkin website itu banyak yang diakses dari perangkat desktop, namun sekarang berdasarkan statistik pada blog ini, ternyata akses dari perangkat mobile sudah mulai mendominasi. Untuk mengatasi hal itu, tentunya blog kita juga perlu penyesuaian agar mobile friendly.

Theme Twenty Eleven ini bisa dibuka diperangkat mobile tanpa gangguan. Salah satu alasan kenapa aku tetap pakai ini theme karena tampilan di smartphone itu sederhana dan nggak neko-neko. Mudah untuk dilihat dan diakses dan pastinya untuk loading di perangkat mobile cepat.

Terkadang banyak theme yang aku pernah coba-coba, kekurangannya di perangkat mobilenya. Agak lambat dan biasanya tampilannya agak ribet kalau digunakan. Main amannya ya cari theme yang sederhana saja. Pilihannya ya salah satunya Theme Twenty Eleven ini.

5. Gratis

Yang terakhir tentu ini alasan yang paling masuk akal, yaitu theme Twenty Eleven ini gratis. Kita nggak perlu ngeluarin udang buat belinya. Kalau yang gratis dan performanya bagus aja ada kenapa harus buat sendiri atau beli ya nggak.

Theme Twenty Eleven ini bebas Kamu pakai karena theme ini memang keluaran wordpress sebagai theme bawaan untuk tahun 2011. Berharap sih masih akan terus ada pembaruan. Untuk theme yang usianya sudah 5 tahun, Theme Twenty Eleven masih mumpuni dan cocok untuk dipakai.

Theme sejatinya hanya alat untuk menampilkan konten kita supaya enak dilihat. Namun pemilihan theme yang bagus tentu menjadi nilai lebih. Mungkin Twenty Eleven sam seperti theme-theme lainnya, namun menurutku theme ini memiliki sesuatu yang memang pas banget untuk blog ini. Kalau menurut Kamu, theme terbaik untuk blog berbasis wordpress itu apa?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *