Ulu Kasok

Image: edisusilo.com

Ulu Kasok: Katanya Sih Raja Ampat Dari Kabupaten Kampar

Beberapa waktu lalu aku berkesempatan berkunjung ke tempat wisata baru di Kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Tempat wisata ini mulai populer belum lama ini. Katanya sih tempat ini raja ampatnya dari kabupaten kampar, namanya ulu kasok.

Ulu kasok ini tepatnya berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Lokasinya berapa dekat dengan PLTA Koto Panjang. Persis dipinggir jalan lintas Riau – Sumatera Barat.

Perjalananku kesini dimulai dari rumah yang kebetulan pas lagi mudik. Jarak tempuh dari rumah bisa memakan waktu 2 jam lebih sedikit. Dan sampai di ulu kasok agak siangan.

Untuk tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja, Kamu bakal puas menikmati tempat wisata ini. Lebih puas lagi aku harus jalan dari tempat parkir mobil sampai ke tujuan wisata utamanya. Karena masih baru, jadi parkir mobilnya masih dipinggir jalan raya. Kalau motor bisa naik sampai puncak.

Baca Juga :  Embung Nglanggeran: Tempat Ideal Untuk Hunting Foto Dan Liburan Dengan Pasangan

Karena objek utamanya berada dipuncak bukit, jadi mau ngak mau harus jalan kaki menaiki rintangan yang berliku tajam haha. Saran aja kalau ke ulu kasok naik motor aja bisa sampai atas. Jarak temput umayan juga bisa 400 meteran.

Sampai atas berhenti untuk istirahat. Sebotol air dingin pun habis tanpa sisa. Perjalanan naik terasa berat karena beban kamera dan perlengkapannya. Tapi keindahan yang ada diatas mengobati itu semua.

Pemandangannya bagus pas kalau untuk foto-foto. Karena masih baru, dipuncaknya kurang tertata rapi. Belum lagi sampah-sampah yang berserakan. Semoga saja para pengunjung yang datang sadar, kebersihan itu merupakan keindahan.

Tanpa lama-lama, langsung saja ambil foto cekrek sana cekrek sini. Ambil tripod, pasang head pano dan langsung deh ambil foto 360. Sayangnya kalau untuk foto 360, tempat ini terlalu ramai jadi tidak bisa ambil pas ditengah-tengah.

Baca Juga :  Di Jogja Ada Hutan Mangrove Lho, Udah Pernah Kesana Belum?

Ya tempat ini ramai terus, sampai bingung mau ambil foto dimana. Pengunjungnya silih berganti berdatangan. Ada yang berpasangan dan ada juga yang rombongan. Padahal diatas itu panas lho, tapi orang-orang yang datang betah aja ber selfie-selfie ria.

Saran aku sih bagi yang mau kesana pakai baju panjang atau topi. Diatas nggak ada tempat berteduh, jadi matahari langsung mengenai kulit. Dan Kamu juga perlu pakai vaseline juga agar kulit tetap terjaga, terumata vaseline petroleum jelly. Karena manfaat petroleum jelly ini bisa melembabkan kulit saat terkena sinar matahai secara langsung.

Selain puncak untuk foto-foto, katanya di ulu kasok ini juga ada objek-objek menarik lainnya. Sayangku aku belum menelurusi yang lainnya. Mungkin lain kali ya kesana lagi kalau jalan nainnya sudah bagus hehe.

Baca Juga :  Umbul Ponggok: Tempat Snorkeling Air Tawar Dan Renang Paling Asik

Kamu bisa lihat nih hasil jepretanku di ulu kasok yang aku upload di google street view.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *