Umbul Ponggok Tempat Snorkeling Air Tawar

Image: edisusilo.com

Umbul Ponggok: Tempat Snorkeling Air Tawar Dan Renang Paling Asik

Beberapa waktu lalu aku udah pernah nulis tentang “Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta“. Dan sekarang aku akan sharing aja sih tentang tempat snorkeling yang juga nggak jauh dari Yogyakarta dan ini agak beda dengan pantai ngambor. Apa bedanya? Bedannya kali ini adalah tempat snorkeling air tawar yaitu umbul ponggok.

Kamu udah pernah dengar nama umbul ponggok? Tempat wisata ini merupakan tempat yang bisa dibilang sebagai tempat mandi, berenang, foto-foto, dan snorkeling. Umbol ponggok ini bisa dibilang seperti kolam untuk mandi namun ada ikannya. Dan hal ini yang membuat tempat ini salah satu tempat untuk objek foto yang menarik.

Sebenarnya aku udah lama nggak kesana dan terakhir itu beberapa tahun yang lalu. Namun baru sekarang sempat untuk membahasnya buat Kamu. Tempat ini pas banget bagi Kamu yang pingin main air.

Keistimewaan umbol ponggo ini kalau menurutku adalah airnya yang bersih dan seger banget. Berbeda dengan kolam-kolam renang yang airnya udah ada campurnnya, kolam yang satu ini airnya murni langsung dari sumber mata air. Jadi benar-benar menyejukkan banget dan nggak bikir mata perih.

Tempat ini luas banget untuk sebuah tempat pemandian dan dalam juga. Mungkin kedalamannya ada yang 3 meter dalamnya, terutama ditengah. Namun bagi Kamu yang nggak bisa berenang jangan kawatir, banyak tempat penyewaan pelampung disitu.

Karena airnya bening banget sebening air mineral, maka kalau Kamu nyelam akan melihat banyak ikann dan ada bebatuan-bebatuan. Ini yang membuat umbul ponggok paas banget untuk tempat snorkeling air tawar. Tinggal sewa peralatan snorkeling dan kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan tempat ini.

Didalam air, kita juga bisa foto-foto ya karena air yang bening banget tadi. Dan aja juga yang foto prewedding disini. Selain itu ada juga yang foto dengan motornya didalam air. Dan apapun gaya bisa dilakukan disitu.

Umbul ponggok ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kalau dari Kota Jogja, jaraknya kurang lebih 40 Km yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam lebih dikit. Dan kalau dari Kota Solo berjaarak kurang lebih 25 Km atau 1 jam perjalanan.

Karena udah lama nggak kesana, nggak tau suasana sekarang seperti apa. Tapi kalau dulu ya seperti foto virtual reality yang udah aku masukkan ke google street view. Kamu bisa dilihat dengan jelas seperti apa tempatnya. Dan sangat menarik, sayangnya aku belum berkesempatan lagi untuk kesana.

Bagus ya? dan terlihat luas banget. Dan untuk aksesnya kesana juga nggak susah. Jalannya bagus dan mudah ditemukan tempatnya. Letaknya persis di pinggir jalan. Kalau untuk kendaraan umu aku kurang tau, ada tau nggaknya.

Bagi Kamu yang lagi liburan di Jogja dan nggak ada salahnya meluangkan waktu ke tempat ini. Boleh kok nyelam sambil minum air. Airnya banyak jangan kawatir kehabisan hehe. Dan aku saranin kalau kesana pagi atau sore hari, kalau siang panas.

Kalau Kamu dari jogja nanti setelah ke tempat ini, pulangnya bisa mampir ke tempat wisata jogja seperti candi. Arah pulang dari umbul ponggo ni Kamu bakal melewati banyak candi-candi. Terumata candi prambanan, ada candi plaosan lor dan plaosan kidul.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan Kamu jadi pingin kesana. Tempat snorkeling air tawar ini pas banget untuk mengisi liburan akhir pekanmu. Selamat berlibur guys.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *